Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Kong Djie Café Pekanbaru

Authors

  • Efti Novita Sari Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2151

Keywords:

Store atmosphere, keputusan pembelian

Abstract

Kong Djie café merupakan salah satu usaha penyedia minuman kopi. Sebagai salah satu café yang cukup terkenal di Kota Pekanbaru, Kong Djie café sangat mengutamakan penyajian kopi yang berkualitas dengan menggunakan biji kopi pilihan yang diroasting sebagai bahan baku utama minuman kopi yang disajikan. Apabila pemilik kedai kopi tersebut memiliki store atmosphere yang baik, maka akan meningkatkan jumlah konsumen sehingga pelanggan penikmat kopi pun harus terus melakukan pembelian produk-produk dari kopi Kong Djie café Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian kopi pada Kong Djie Cafe Pekanbaru. Penelitian ini melibatkan 40 orang pelanggan, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian diketahui:Terdapat pengaruh signifikan antara store atmosphere terhadap keputusan pembelian kopi pada Kong Djie Cafe Pekanbaru, karena nilai thitung > ttabel atau 5,133 > 1,686 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji regresi linier sederhana menunjukkan jika store atmosphere meningkat maka keputusan pembelian kopi di Kong Djie Cafe Pekanbaru juga akan meningkat. Nilai konstanta (a) adalah 32,487 ini dapat diartikan jika store atmosphere adalah 0, maka keputusan pembelian nilainya 32,487 dan Nilai koefisien regresi variabel Store atmosphere (bX) yaitu 0,831 ini dapat diartikan bahwa setiap peningkatan store atmosphere sebesar 1 satuan maka keputusan pembelian juga akan meningkat sebesar 0,831. Besar pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian kopi pada Kong Djie Cafe Pekanbaru dalam penelitian ini adalah sebesar 40,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berman, B., dan Evans JR. 2010. Retail Management: A Strategic Approach (6th Edition). New York: Macmillan.

Dita Murinda Katarika dan Syahputra. (2017). Pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada coffee shop di Bandung. Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No. 2 September 2017.

Duwi Priyatno. 2014. SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: Andi

Esti Wulansari dan Tri Sudarwanto (2010). Pengaruh cafe atmosphere dan harga terhadap keputusan pembelian pada pos shop Coffee Toffee Simpang. Skripsi Universitas Negeri Surabaya.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Jakarta: Pustaka Utama.

Kotler , P. dan Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Levy, Michael., dan Weitz, Barton A. (2007). Retailing Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Lupiyodadi, Rambat. (2010). Manajemen pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Lyon, Heather. (2009). Coffe Shop and Lunch Bar (riset bisnis). Jakarta: Salemba Humanika.

Mariska. (2010). Buku Pintar Hidup Sehat. Jakarta: Gramedia.

Mowen dan Minor. 2008. Perilaku Konsumen jilid 2 edisi 4. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Panggabean, Edy. 2011. Mengeruk untung dari bisnis kopi. AgroMedia Pustaka.

Puspita Intan, dan Hidayat, K. (2015). Pengaruh atribut produk terhadap psikologis konsumen yang berdampak terhadap keputusan pembelian. (Studi pada Konsumen Kopi Kapal Api Jl. Jaksa Agung Suprapto Gang 1 RW.02 Kelurahan Samaan Kecamatan Klojen Kota Malang Provinsi Jawa Timur). Jurnal Administrasi dan Bisnis (JAB) Vol. 25 No. 1, Agustus 2015.

Rangkuti, Freddy. 2015. Riset Pemasaran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Setiadi, Nugroho. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. (2002). Perilaku konsumen. Jakarta: Indeks.

Swastha, Basu. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi V. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Tciptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi Kelima. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Offset.

Utami, Christina Widya. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.

Vania Pramatatya, Mukhamad Najib, dan Dodik ridho Nurrochmat (2015). Pengaruh atmosfer kedai kopi terhadap emosi dan keputusan pembelian ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, Vol. 12 No. 2, Juli 2015.

Widayat, L.H., dan Suhermin (2015). Pengaruh store atmosphere dan word of mouth terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 4, Nomor 11, November 2015.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Sari, E. N. (2021). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Pada Kong Djie Café Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2151