Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Menghafal Al-Qur'an Di TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3670Abstract
Metode Sorogan merupakan metode yang biasanya diterapkan di pesantren-pesantren salaf dalam pembelajaran kitab kuning. Namun pada saat sekarang ini metode ini diterapkan untuk menghaal Al-Qur’an di berbagai TPA. Namun masih sedikit yang menerapkan metode ini untuk menghafal Al-Qur’an. Metode sorogan ini menuntut guru (ustadz/zah) untuk menjelaskan ayat-ayat Al-Qur’an baik itu Tahsin, Tahfidz, dan fahmul Qur’an secara rinci dan kemudian anak didik di uji langsung oleh ustadz/zah. Sehingga latar belakang peneliti dalam pemilihan judul ini adalah karena tertarik ingin meneiliti metode sorogan yang diterapkan oleh TPA Tahfiz Mesjid Ibadurrahman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode sorogan serta kendala-kendala yang di hadapi oleh ustadz/zah dalam menerapkan metode sorogan ini TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo. Hasil penelitian ini adalah guru di TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo belum bisa mengefektifkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode sorogan belum bisa mencapai target yang telah di terapkan dalam kurikulum. Sehingga karena keterbatasan waktu dan target hafalan yang harus di capai guru/ustadz berupaya untuk bisa mengefektifkan metode sorogan. Salah satu upaya yang dilakukan anak disuruh untuk mengirim video hafalannya dengan menggunakan media Whatsapp.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-02-12
How to Cite
Sari, F. N. ., & Salmiwati, S. (2022). Pelaksanaan Metode Sorogan Dalam Menghafal Al-Qur’an Di TPA Tahfidz Mesjid Ibadurrahman Nagari Lolo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 404–411. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3670
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Febi Novika Sari, Salmiwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).