Implementasi Media Interaktif Animasi Pada Minat Belajar Materi IPA Siswa Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3424Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi media interaktif animasi pada minat belajar materi IPA siswa kelas V. Penelitian ini menggunakan medote penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SDN 13 Banyuasin I. Instrumen yang digunakan dalam adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar pedoman wawancara dan lembar angket minat belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan media interaktif animasi pada materi IPA dapat terlihat sikap minat belajar siswa sesuai dengan indikator minat belajar. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil observasi diperoleh rata-rata presentase minat belajar sebersar 73,12%. Hasil wawancara dari semua pertanyaan yang diajukan peneliti dihasilkan jawaban yang menunjukkan respon positif mengenai minat belajar siswa pada materi IPA menggunakan media interaktif animasi. Sedangkan hasil angket diperoleh rata-rata presentase 78,69% dan presentase minat belajar pada masing-masing kategori yaitu pada kategori sangat berminat sebanyak 5 siswa dengan presentase 25%, kategori berminat sebanyak 12 siswa dengan presentase 60%, kategori cukup berminat sebanyak 3 siswa dengan presentase 15%. Kemudian kategori kurang berminat dan tidak berminat sebanyak 0 dengan presentase 0%.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2022-01-18
How to Cite
Alfajri, M. R. ., Oktavia, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2022). Implementasi Media Interaktif Animasi Pada Minat Belajar Materi IPA Siswa Kelas V. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(1), 308–318. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.3424
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Ridho Alfajri, Maharani Oktavia, Puji Ayurachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).