Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya SD Negeri 02 Sidomulyo
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3125Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA materi gaya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis IPA pada materi “Gaya†siswa kelas IV SD Negeri 02 Sidomulyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai peneliti. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verification. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kemampuan berpikir kritis IPA pada materi gaya sebesar 82% termasuk dalam kategori baik. Setiap siswa dapat menjawab soal dan pertanyaan pada semua indikator kemampuan berpikir kritis.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2021-12-15
How to Cite
Ayu Damayanti, D., Oktavia, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya SD Negeri 02 Sidomulyo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 585–591. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3125
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2021 Dwi Ayu Damayanti, Maharani Oktavia, Puji Ayurachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).