Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya SD Negeri 02 Sidomulyo

Authors

  • Dwi Ayu Damayanti Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Maharani Oktavia Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan
  • Puji Ayurachmawati Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3125

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA materi gaya. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis IPA pada materi “Gaya†siswa kelas IV SD Negeri 02 Sidomulyo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai peneliti. Teknik analisis data yang digunakan menurut Miles & Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verification. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kemampuan berpikir kritis IPA pada materi gaya sebesar 82% termasuk dalam kategori baik. Setiap siswa dapat menjawab soal dan pertanyaan pada semua indikator kemampuan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Ayu Damayanti, D., Oktavia, M. ., & Ayurachmawati, P. . (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Materi Gaya SD Negeri 02 Sidomulyo. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 585–591. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3125