Pengembangan Modul IPA SD Berbasis Model Research Based Learning (RBL) untuk Keterampilan 4 C’s Siswa Kelas IV pada Tema Pahlawanku

Authors

  • Junisawati - Junisawati Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Estuhono Estuhono Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Muhammad Subhan Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2292

Keywords:

Pengembangan, Modul IPA, RBL, 4C’s

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adalah pembelajaran IPA kelas IV di SDN 221 Talang Pamesun yang hanya memahami materi dari membaca dan menghafal konsep IPA semata tanpa adanya kegiatan praktikum, Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan penunjang pembelajaran berupa modul keterampilan 4C’s pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (desseminate). Tahap pendefinisian meliputi analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis materi. Tahap perancangan dilakukan perancangan bahan ajar modul yaitu rancangan instrumen, rancangan kerangka, rancangan awal, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, uji efektivitas, dan tahap penyebaran dilakukan di SDN 221 Talang Pamesun. Hasil penilaian validasi modul IPA pada uji validitas oleh tiga orang ahli mempunyai skor rata-rata 85%,dikategorikan sangat valid, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 92% dikategorikan sangat praktis, sedangkan hasil efektifitas modul IPA dengan skor rata-rata 78% dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan hasil analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa modul IPA kelas IV sekolah dasar sangat sesuai dengan ketentuan di SDN 221 Talang Pamesun dan memudahkan siswa memahami pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran IPA kelas IV dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanafy, S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. 17(1), 66–79.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. 01.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics : Keterampilan 4c ( Collaboration , Communication , Critical Thinking , Dan Creativity ). 4(2), 455–466.

Subhan, M., & Saputra, A. (2020). Penerapan Pembelajaran Tematik Di Kelas III SDN 058 / II Sari Mulya. 1(65).

Sunarto, & Hartono, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Junisawati, J. .-., Estuhono, E., & Subhan, M. (2021). Pengembangan Modul IPA SD Berbasis Model Research Based Learning (RBL) untuk Keterampilan 4 C’s Siswa Kelas IV pada Tema Pahlawanku. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 148–152. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2292

Most read articles by the same author(s)