Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Authors

  • Rohima Rohima Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Sonia Yulia Friska Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat
  • Ana Novitasari Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2227

Keywords:

Eksperimen, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat dan masih mendominasikan metode ceramah pada saat proses pembelajaran menyebabkan siswa bosan dan jenuh sehingga siswa tidak memahami pembelajaran yang di ajarkan. dan siswa kurang aktif didalam prosedur pendidikan itu semua berpengaruh akan hasil belajar murid rendah, bahwa dari itu pendidik mesti imajinatif didalam menujukkan dan digunakan metode pengkajian yang cocok dengan tingkat siswa juga dapat menjalankan siswa dalam belajar, yaitu dengan menggunakan metode Demonstrasi. Ujian ini menggunakan eksplorasi kuantitatif sebagai Pre-Test Configuration type one gathering pretest-fight. Jumlah murid dalam penelitian ini murid kelas 4 di SDN 07 Sitiung, Dharmasraya yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021.Strategi pengujian keragaman informasi adalah melalui uji keteraturan dan pengujian teori melalui SPSS 22 Pada derajat kritis 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksibisi akan menaikkan hasil belajar murid, dapat dilihat dari angka normal pretest dan posttest yang diperoleh siswa kelas 4 SDN 07 Sitiung dengan mendapatkan nilai normal pretest dan posttest normal adalah 79,80 tergantung dari pemeriksaan yang diselesaikan. diperoleh nilai kepentingan = 0,000 < 0,05 akan mendapat pengaruh yang baik dan besar antara strategi tayang terhadap hasil belajar siswa kelas. 4 SDN 07 sitiung wilayah dharamasraya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azryasalam, Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. Dharmas Education Journal.

Padang, S. S., Padang, S. S., Padang, S. S., & Kunci, K. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. 1(1), 46–60.

Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains.

Pada, D., & Kelas, S. (2016). Peningkatkan hasil belajar ipa melalui penggunaan metode demonstrasi pada siswa kelas 4 sd. 37–44.

Pak, G., Membawa, P., Sintax, P., Pembelajaran, M., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Jurnal raudhah. 06(01).

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1), 064. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421

Friska Sonia Yulia, Dodi Widia Nanda. (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis puisi siswa sekolah dasar. Jhuda _PGSD Jurnal Dharma PGSD

Friska Sonia Yulia, Ana Novitasari. (2020) Peningkatan Hasil belajar Pemecahan Masalah soal cerita pecahan menggunakan strategi polya JVEIT ( Journal Of Vocation education and information technology.

Wijayanto, S., Tiro, A. R., Pgsd, P. S., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI- AL Ma ’ arif Kota Sorong. 3(1).

Downloads

Published

2021-10-25

How to Cite

Rohima, R., Friska, S. Y., & Novitasari, A. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 113–116. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2227