Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Muatan IPA Kelas IV Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2227Keywords:
Eksperimen, Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat dan masih mendominasikan metode ceramah pada saat proses pembelajaran menyebabkan siswa bosan dan jenuh sehingga siswa tidak memahami pembelajaran yang di ajarkan. dan siswa kurang aktif didalam prosedur pendidikan itu semua berpengaruh akan hasil belajar murid rendah, bahwa dari itu pendidik mesti imajinatif didalam menujukkan dan digunakan metode pengkajian yang cocok dengan tingkat siswa juga dapat menjalankan siswa dalam belajar, yaitu dengan menggunakan metode Demonstrasi. Ujian ini menggunakan eksplorasi kuantitatif sebagai Pre-Test Configuration type one gathering pretest-fight. Jumlah murid dalam penelitian ini murid kelas 4 di SDN 07 Sitiung, Dharmasraya yang terdaftar pada tahun ajaran 2020/2021.Strategi pengujian keragaman informasi adalah melalui uji keteraturan dan pengujian teori melalui SPSS 22 Pada derajat kritis 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksibisi akan menaikkan hasil belajar murid, dapat dilihat dari angka normal pretest dan posttest yang diperoleh siswa kelas 4 SDN 07 Sitiung dengan mendapatkan nilai normal pretest dan posttest normal adalah 79,80 tergantung dari pemeriksaan yang diselesaikan. diperoleh nilai kepentingan = 0,000 < 0,05 akan mendapat pengaruh yang baik dan besar antara strategi tayang terhadap hasil belajar siswa kelas. 4 SDN 07 sitiung wilayah dharamasraya.Downloads
References
Azryasalam, Friska, S. Y., & Purwanto, K. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. Dharmas Education Journal.
Padang, S. S., Padang, S. S., Padang, S. S., & Kunci, K. (2020). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE. 1(1), 46–60.
Prananda, G., Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2021). Pengaruh Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains.
Pada, D., & Kelas, S. (2016). Peningkatkan hasil belajar ipa melalui penggunaan metode demonstrasi pada siswa kelas 4 sd. 37–44.
Pak, G., Membawa, P., Sintax, P., Pembelajaran, M., Wandini, R. R., & Sinaga, M. R. (2018). Jurnal raudhah. 06(01).
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1), 064. https://doi.org/10.32550/teknodik.v12i1.421
Friska Sonia Yulia, Dodi Widia Nanda. (2020) Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap keterampilan menulis puisi siswa sekolah dasar. Jhuda _PGSD Jurnal Dharma PGSD
Friska Sonia Yulia, Ana Novitasari. (2020) Peningkatan Hasil belajar Pemecahan Masalah soal cerita pecahan menggunakan strategi polya JVEIT ( Journal Of Vocation education and information technology.
Wijayanto, S., Tiro, A. R., Pgsd, P. S., Pendidikan, U., & Sorong, M. (2021). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V MI- AL Ma ’ arif Kota Sorong. 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rohima, Sonia Yulia Friska, Ana Novitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).