Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Muatan Pembelajaran IPS pada Kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2189Keywords:
muatan IPS, media video pembelajaran, hasil belajar, SDAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar peserta didik. Penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu penggunaan media video pembelajaran yang belum optimal pada muatan pembelajaran IPS dikelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Penggunaan media video pembelajaran ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran pada muatan pembelajaran IPS kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu pre experimental design. Desain penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Waktu dilaksanakannya penelitian ini pada semester II Tahun Pelajaran 2020/2021 disesuaikan pada jadwal pembelajaran tematik muatan IPS kelas V SDN 213/VIII Betung Bedarah Barat. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 peserta didik. Dari hasil uji paired samples t test memperoleh signifikansi 0,000<0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik dalam muatan pembelajaran IPS kelas V SDN213/VIII Betung Bedarah Barat. Berdasarkan hasil pretest dan posttest padapenelitian ini, bahwa penggunaan media video pembelajaran memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar IPS peserta didik. Media video pembelajaran dapat digunakan pendidik sebagai salah satu media pendukung dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan kosentrasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.Downloads
References
Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV. https://doi.org/10.23969/jp.v4i2.2166
Adittia, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. 4(1), 9–20. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5227
Friska, S. Y., Purwanto, K., Indonesia, U. D., & Indonesia, U. D. (2020). PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER ( NHT ) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA Pendahuluan. 1(1), 40–47.
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3576
Khalistiana, T. M., & Halimah, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Materi Keragaman Kenampakan Alam Dan Buatan Indonesia. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 129–140.
Sekarini, N. M. D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (2003).