PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PADA AN. R YANG MENJALANI KEMOTERAPI DI RUANGAN ONE DAY CARE ONKOLOGI ANAK RSUD ARIFIN ACHMAD
DOI:
https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.27075Keywords:
Terapi Puzzeel, kecemasan, kemoterapiAbstract
Kemoterapi adalah metode pengobatan medis yang menggunakan obat-obatan khusus, disebut kemoterapeutik, untuk menghentikan pertumbuhan, pengembangan, dan perluasan sel-sel kanker dalam tubuh. Penelitian ini berfokus pada penerapan terapi bermain puzzle untuk mengurangi tingkat kecemasan pada anak usia pra-sekolah yang menjalani kemoterapi. Subjek kasus penelitian ini adalah An. R. Data subjektif dan objektif yang diperoleh selama proses penilaian menunjukkan bahwa An. R menunjukkan gejala kecemasan seperti enggan menjawab pertanyaan, rasa tidak nyaman saat terpisah dari ibunya, dan gejala fisik seperti peningkatan denyut jantung dan laju pernapasan. Berdasarkan data ini, diagnosis keperawatan prioritas yang ditetapkan adalah kecemasan yang berkaitan dengan penyakit kronis progresif (D.0080). Intervensi keperawatan didasarkan pada penelitian sebelumnya yang menyarankan bahwa terapi bermain puzzle dapat membantu mengurangi kecemasan pada anak-anak usia pra-sekolah sebelum menjalani prosedur medis.Implementasi terapi bermain puzzle menghasilkan perubahan positif dalam tingkat kecemasan anak. Setelah intervensi, skor Skala Kecemasan Hamilton (HARS) turun menjadi 10, menunjukkan bahwa anak tidak lagi merasa cemas. Selain itu, observasi tanda-tanda vital menunjukkan penurunan denyut jantung dan laju pernapasan. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa terapi bermain puzzle dapat digunakan sebagai metode non-farmakologis yang berharga dalam manajemen kecemasan pada anak-anak pra-sekolah sebelum menjalani prosedur medis. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam perawatan anak-anak yang menghadapi situasi medis yang menantang seperti kemoterapi.References
Alvionita, D., & Arifah, S. (2021). Gambaran Gejala Akibat Kemoterapi pada Anak Usia Sekolah dengan Leukemia Akut Limfoblastik di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2021 (Profesi Ners XXIII Angkatan 2).
Arslann, F. T., Basbakal, Z., & Kanter, M. (2013). Quality of life and chemotherapy-related symptoms of Turkish cancer children undergoing chemotherapy. Asian Pacific Journal of cancer prevention, 14(3), 1761- 1768.
Bulechek, G. M., Butcher, H. K., Dochterman, J. M., & Wagner, C. M. (2013). Nursing interventions classification. Jakarta: Elseiver Global Rights.
Fitriani, W., Santi, E., & Rahmayanti, D. (2017). Terapi Bermain Puzzle Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Yang Menjalani Kemoterapi Di Ruang Hematologi Onkologi Anak. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 5(2), 65-74.
Hafsah, L. (2022). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Pasien Kanker yang Menjalani Kemoterapi di RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 5(1), 21-28.
Handajani, D. O., & Yunita, N. (2019). Apakah Ada Pengaruh Terapi Bermain Puzzle terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah yang Mengalami Hospitalisasi di Rs Bhakti Rahayu Surabaya. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 198-204.
Hidayati, N. O., Sutisnu, A. A., & Nurhidayah, I. (2021). Efektivitas Terapi Bermain terhadap tingkat kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 61-67.
Hunger, S. P., & Mullighan, C. G. (2015). Acute lymphoblastic leukemia in children. New England Journal of Medicine, 373(16), 1541-1552.
McCance, KL., & Hueter, SE. (2018). Pathophysiology-E-Book: The Biologic Basis for Disease in Adults and Children. Elsevier Health Sciences.
Musarezaie, A., Khaledi, F., Esfahani, H. N., & Ghaleghasemi, T. M. (2014). Factors affecting quality of life and fatigue in patients with leukemia under chemotherapy. Journal of education and health promotion, 3.
Nuliana, S., (2022). Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Anak Usia Prasekolah Selama Hospitalisasi: Literatur Review. Jurnal Keperawatan Indonesia Timur (East Indonesian Nursing Journal), 2 (1), 18 – 27.
Priantiwi, A., Indriyani, P., & Ningtyas, R. (2018). Literature Review: Pengaruh Puzzle Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah Akibat Hospitalisasi. Journal of Nursing and Health, 3(2), 48-58.
Putri, P. A., Utami, K. C., & Juniartha, I. G. N. (2020). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Anak Kanker Sebelum Menjalani Kemoterapi Di Rumah Singgah Yayasan Peduli Kanker Anak Bali. Community of Publishing in Nursing (COPING), 8(3), 243-250.
Reza, M., & Idris, M. (2018). Efektivitas Terapi Bermain (Mewarnai) Terhadap Penurunan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di Ruang Melati RSUD Kota Bekasi. Afiat, 4(02), 583-592.
Safitri, Y., Erlinawati, E., & Apriyanti, F. (2018). Perbandingan Relaksasi Benson dan Relaksasi Kesadaran Indera terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Kanker Serviks Di RSUD Bangkinang Tahun 2018. Jurnal Ners, 2(1).
Saputro, H. dan Fazrin, I. (2017) Penerapan Terapi Bermain Anak Sakit Proses, Manfaat, dan Penatalaksanaannya. Edited by E. A. Yalesytarini. Sukorejo, Ponorogo: Forum Ilmiah Kesehatan.
Sari, W., Sulaeman, S., Purwanti, N.H. (2017). Efektifitas Terapi Bermain: Melukis Dan Mewarnai Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah dengan Kanker Sebelum Menjalani Prosedur Kemoterapi di RSAB Harapan Kita Jakarta. Jurnal kesehatan surya medika, 2 (2).
Setiawan, SD. (2015). The effect of chemotherapy in cancer patients to anxiety. J Majority; 4(4); 94-99.
Tim Pokja, S. D. K. I., & DPP, P. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan. Jakarta: DPP PPNI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rahul Fajri, Riani Riani, Rohanah Rohanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).