EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN BENCANA HIDROMETEREOLOGI BIDANG KESEHATAN DI KABUPATEN ACEH UTARA

Mul yadi, Eka Sutrisna

Abstract


Kabupaten Aceh Utara memiliki 16 Kecamatan rawan bencana banjir untuk itu kesiapsiagaan lebih difokuskan pada penanggulangan bencana banjir dengan tetap mewaspadai terjadinya bencana alam dan non alam lainnya, sektor kesehatan merupakan salah satu sektor yang sudah dipersiapkan dalam menghadapi bencana, hal ini terlihat dari tim kesehatan yang sudah terbentuk dan terlibat dalam penanggulangan bencana yang sering terjadi di Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dukungan kebijakan kesiapsiagaan penanggulangan bencana bidang kesehatan di Kabupaten Aceh Utara dan mengetahui tingkat kepatuhan stakeholder dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi institusinya.
Jenis dari penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Informan-informan akan dipilih berdasarkan prinsip-prinsip pada penelitian kualitatif yaitu kesesuaian (Appropiateress) dan kecukupan (Adequacy) meliputi informan kunci (BPBD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Utara) dan informan pendukung (Puskesmas, Palang Merah Indonesia dan masyarakat umum). Tahapan riset yaitu melakukan evaluasi kebijakan, kepatuhan, dan koordinasi stakeholder. Variabel penelitian adalah sumber daya manusia, sarana prasarana dan implementasi kebijakan penanggulangan bencana di bidang kesehatan. Alat pengumpul data berupa panduan wawancara. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verikasi.
Hasil penelitian diperoleh sumber daya manusia yang tersedia di Kabupaten Aceh Utara tergolong siap secara kuantitas dalam memberikan pelayanan kesehatan sebelum, saat atau setelah bencana, tetapi untuk dinas kesehatan masih kekurangan tenaga dengan kualifikasi mampu membuat peta rawan bencana dan rencana kontingensi. Sarana dan prasarana berupa peralatan yang dimiliki oleh dinas kesehatan sudah memadai dalam memberikan pelayanan kesehatan. Akan tetapi Dinas kesehatan masih sangat bergantung kepada BPBD dalam penyediaan alat pendukung seperti perahu karet, transpotasi yang dapat membantu langsung dinas kesehatan untuk terjun langsung ke daerah saat bencana. Dinas kesehatan masih kurang patuh dalam mengimplementasikan kebijakan penanggulangan bencana pada saat pra bencana dan pasca bencana.

Kata Kunci: Evaluasi; Implementasi; Kebijakan; Penanggulanagan; Bencana Hidrometereologi

Keywords


ekasutrisna84

Full Text:

PDF

References


Aritonang, M. (2014) Implementasi Kebijakan Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan Pada Erupsi Gunung Sinabung. Tesis, Universitas Sumatera Utara, Medan.

BNPB. (2011) Panduan Perencanaan Kontinjensi dalam Menghadai Bencana. Edisi ke dua. Badan Nasional Penanggulangan Bencana

Depkes RI. (2012) Pedoman Koordinasi Penanggulangan Bencana di Lapangan.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia

Edward & Widodo, Joko. (2011) Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia

Elvianita., (2012) Pengaruh Sumber Daya Organisasi Terhadap Kesiapsiagaan Petugas Penanggulangan Bencana Menghadapi Bencana Banjir di Kabupaten Aceh Timur, Medan: FKM USU

Kepmenkes RI Nomor 145 Tahun 2007 tentang Pedoman Penanggulangan Bencana di Bidang Kesehatan.

Nurjanah. (2012). Manajemen Bencana, Bandung: Alfabeta.

Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) No. 3 Tahun 2013 tentang Pedoman Pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Ramli, Soehatman. (2010) Manajemen Bencana. Jakarta: Dian Rakyat.

Ristrini. (2012) Analisis Implementasi Kebijakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan di Provinsi Sumatera Barat. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan – Vol. 15 No. 1 Januari 2012: 91–102.

Satori, Djam’an dan Komariah, Aan. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung.

Sedarmayanti. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: Mondar Maju

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D; Penerbit CV Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31004/prepotif.v4i2.985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mul yadi, Eka Sutrisna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2623-1581(Online) and ISSN 2623- 1573 (Print)
Editorial Address : 
Departement of Public Health
Faculty of Health Sciences University of Pahlawan Tuanku Tambusai
Jalan Tuanku Tambusai 23 Bangkinang, Kampar, Riau, Indonesia Pos Code 28411 Telp. 0762 21677
Contact Us :
085271651482 (Lira)
Email : prepotifjurnalkesmas.up@gmail.com