FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELELAHAN KERJA PADA PENGENDARA OJEK ONLINE DI KOTA SAMARINDA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.6660Keywords:
KECEMASAN, KELELAHAN KERJA, OJEK ONLINEAbstract
Kelelahan merupakan suatu mekanisme tubuh sebagai bentuk perlindungan untuk menjaga dari kerusakan tubuh lebih lanjut sebagai akibat dari aktivitas atau pekerjaan. Pengendara ojek online merupakan salah satu pekerjaan yang mempunyai risiko untuk mengalami kelelahan dan dapat berpotensi sebagai penyebab terjadinya kecelakaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada pengendara ojek online di Kota Samarinda. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan secara cross sectional, telah dilakukan terhadap 98 responden yang diambil dari populasi berjumlah 2.850 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Usia, durasi kerja, dan durasi tidur diukur dengan kuesioner, tingkat kecemasan diukur dengan metode kuesioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS), dan kualitas tidur diukur dengan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Analisis bivariate pada penelitian ini menggunakan uji Rank Spearman dan Cramer’s V dengan tingkat kepercayaan 95% (? = 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden mengalami kelelahan dengan kategori sedang sebanyak 69 (70,4%). Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan (p=0,000), dan kualitas tidur (p=0,025) dengan kelelahan kerja pada pengendara ojek online di Kota Samarinda. Disarankan kepada pekerja untuk selalu menyediakan persediaan air mineral minimal 2.7 liter untuk wanita dan 3.7 liter untuk laki-laki per harinya dan memperhatikan waktu istirahat serta menerapkan kebiasaan pola tidur yang baik agar mendapatkan kualitas tidur yang baikReferences
Badan Pusat Statistik Kalimantan Timur. (2020). Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas 2018-2020.
Carlos, D., Yasnani, & Afa, J. R. (2016). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Pengemudi Truk Tangki Di Terminal BBM PT. Pertamina (Persero) Kec. Latambaga Kab. Kolaka Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 1(4), 1–10.
Haryanto, H. C. (2016). Keselamatan dalam Berkendara?: Kajian Terkait dengan Usia dan Jenis Kelamin Pada Pengendara. Jurnal Ilmiah Psikologi, 7, 92–106.
Hikmah, I. N. (2020). Tingkat Kebugaran dan Kelelahan Kerja terhadap Kejadian Kecelakaan pada Pengemudi Bus. Higeia Journal Of Public Health Reseach And Development, 4(4), 543–554.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Hasil Utama RISKESDAS.
Kenanti, E. P. (2012). Analisis Tingkat Risiko kelelahan pada Pengemudi Truk PT X Plant Lenteng Agung. Universitas Indonesia.
Lerman, S. E., Eskin, E., Flower, D. J., George, E. C., Gerson, B., Hartenbaum, N., Hursh, S. R., & Moore Ede, M. (2012). Fatigue Risk Management In The Workplace. Journal Of Occupational and Enviromental Medicine, 54, 231–258.
Manuel, J. A., & Wirawan, I. made A. (2020). Faktor Risiko Kelelahan pada Pengendara Ojek Daring di Jabodetabek dan Denpasar. 16(2).
Marsaid, Hidayat, M., & Ahsan. (2013). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengendara Sepeda Motor Di Wilayah Polres Kabupaten Malang. 1(2).
Marselina, A. S. (2019). Hubungan Faktor Individu Dan Faktor Pekerjaan Dengan Tingkat Kelelahan Kerja Pada Pengemudi Truk Tangki BBM Di PT x Jakarta Tahun 2019. Universitas Binawan.
Maulana, M. R., & Nurdalisa. (2019). Pengaruh Psikososial Terhadap Risiko Mengemudi Yang Dimediasi Oleh Kelelahan Pada Supir Mini Bus Di Banda Aceh – Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(4), 700–714.
Ramdan, I. M. (2018). Kelelahan Kerja Pada Penenun Tradisional Sarung Samarinda. UWAIS.
Rizal, M., & Elwindra. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kelelahan Kerja pada Pengendara Ojek Online di Jakarta Timur tahun 2018. Jurnal Persada Husada Indonesia, 6(21), 1–8.
Setyowati, D. L., Shaluhiyah, Z., & Widjasena, B. (2014). Penyebab Kelelahan Kerja pada Pekerja Mebel. Kesmas: National Public Health Journal, 8(8), 386. https://doi.org/10.21109/kesmas.v8i8.409
Sulistiyani, Ci. (2012). Beberapa Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Muhammad Zulkarnain, Dina Lusiana Setyowati, Muhammad Sultan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).