HUBUNGAN INDEKS MASA TUBUH (IMT) TERHADAP KESEIMBANGAN DINAMIS PADA LANSIA DI PWRI KOTA DENPASAR

Authors

  • Putu Dharmawan Olahraga Universitas Udayana
  • I Putu Prisa Jaya Program Studi Fisioterapi Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Bali Internasional, Denpasar Bali
  • Ida Ayu Astiti Suadnyana Program Studi Fisioterapi Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan Universitas Bali Internasional, Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.5616

Keywords:

Indeks Massa Tubuh, keseimbangan dinamis, lansia

Abstract

Penduduk lansia di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan. Pada lansia terjadi penurunan karena proses degeneratif yang akan memunculkan berbagai macam masalah. Salah satunya adalah Penurunan kekuatan otot pada lansia serta meningkatnya massa tubuh akan mengakibatkan masalah keseimbangan tubuh baik saat berdiri tegak maupun berjalan. Masalah lain yang juga sering dialami oleh lansia adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan akan mempengaruhi IMT dari lansia tersebut. Perubahan IMT akan mengakibatkan masalah keseimbangan pada tubuh, baik keseimbangan statis maupun dinamis. Keseimbangan dinamis sangat penting untuk kehidupan sehari-hari seperti berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara IMT terhadap keseimbangan dinamis pada lansia. Penelitian ini menggunakan rancangan cross-sectional study. Populasi penelitian ini adalah lansia di PWRI Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode teknik acak sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengukuran tinggi badan dan berat badan dilakukan untuk mengetahui IMT, sedangkan untuk keseimbangan dinamis dilakukan pengukuran TUGT. Data yang didapat diolah menggunakan software SPSS dengan uji chi-square untuk mengetahui hubungan antara IMT terhadap keseimbangan dinamis. Penelitian menunjukan bahwa dari 45 lansia PWRI Kota Denpasar yang berumur 60-80 tahun didapatkan responden dengan kategori keseimbangan dinamis baik terbanyak pada kategori IMT normal sebanyak 11 orang sedangkan pada kategori keseimbangan dinamis yang memiliki resiko jatuh rendah terbanyak pada kategori IMT overweight sebanyak 10 orang.  Adanya hubungan antara IMT terhadap keseimbangan dinamis dengan uji chi-square didapatkan hasil p = 0,001 (p<0,05).

References

Badan Pusat Statistik (2015) hasil survei penduduk antara sensus 2015.

Dwi Jayanti Pringgadani, Ari Wibawa, N.W. (2020) ‘HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN RESIKO JATUH PADA LANSIA DI DENPASAR’, 8(2), p. 4. Available at: https://doi.org/10.2337/db06-1293.Additional.

Fatimah (2010) Merawat Manusia Lanjut Usia.

Habut, M.Y., Nurmawan, I.P.S. and Wiryanthini, I.A.D. (2015) ‘HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP KESEIMBANGAN DINAMIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA’, Erepo Unud, 831, pp. 1–14.

Ilyasin, M. (2018) Hubungan antara indeks massa tubuh (IMT) dengan keseimbangan statis pada lanjut usia di Kelurahan Karangasem Kecamatan Laweyan Surakarta. Surakarta.

Kananda, G. (2019) Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Aktivitas Fisik Terhadap Keseimbangan Dinamis dan Pola Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara, Repositori Institusi USU. medan.

Misnaniarti (2017) ‘ANALISIS SITUASI PENDUDUK LANJUT USIA DAN UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI INDONESIA’, 8, pp. 67–73.

Paramurthi, I.A.P., Andayani, N. and Purnawati, S. (2014) ‘No TitleTHE HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DAN AKTIVITAS OLAHRAGA TERHADAP FLEKSIBILITAS LUMBAL PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA’, Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 3. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24843/MIFI.2015.v03.i01.p06.

Saraswati, N.L.P.G.K., Wibawa, A. and Adiputra, L.M.I.S.H. (2015) ‘HUBUNGAN INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DENGAN KESEIMBANGAN STATIS PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA’, Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia, 2, pp. 29–33.

Sentoso, A.M. (2016) HUBUNGAN ANTARA OBESITAS DENGAN KESEIMBANGAN DINAMIS PADA LANJUT USIA DI KELURAHAN GONILAN. Surakarta.

Wardhani, Y.K. (2019) KORELASI INDEKS MASA TUBUH (IMT) DENGAN KESEIMBANGAN DINAMIS LANJUT USIA DI POSYANDU DAHLIA 14 KELURAHAN PUCANG SAWIT KECAMATAN JEBRES SURAKARTA. Surakarta.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Dharmawan, P., Jaya, I. P. P., & Suadnyana, I. A. A. . (2023). HUBUNGAN INDEKS MASA TUBUH (IMT) TERHADAP KESEIMBANGAN DINAMIS PADA LANSIA DI PWRI KOTA DENPASAR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 1662–1668. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.5616