PREVALENSI KELAINAN REFRAKSI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA SISWA DI INDONESIA

Authors

  • Tutus Siti Halimatussa’diyah Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Ricka Ayu Vigra Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Martina Ariyani Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Raudina Izzah Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Elva Khairia Fahmi Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Nova Joko P Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Kastam Kastam Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)
  • Joss Riono Ikatan Profesi Optometris Indonesia (IROPIN)

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52412

Keywords:

Indonesia, kelainan, prevalensi, refraksi, siswa

Abstract

Kelainan refraksi pada anak usia sekolah merupakan masalah kesehatan yang penting untuk mendapat perhatian. Sejak pandemi COVID-19, seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring, yang mendorong percepatan digitalisasi sehingga penggunaan perangkat elektronik seperti smartphone, laptop, tablet, dan gawai lain semakin meningkat dalam aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi potong lintang (cross-sectional), serta mengumpulkan data primer melalui kuesioner dan pemeriksaan refraksi yang dilakukan oleh optometris. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive di lima provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Utara, mencakup sekolah negeri dan swasta dari tingkat SD, SMP, hingga SMA, dengan total sampel 201 anak. Data dianalisis menggunakan analisis univariat, bivariat, dan multivariat untuk mengetahui prevalensi dan faktor risiko miopia serta astigmatisma pada anak sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi kelainan refraksi pada anak usia sekolah di Indonesia adalah 30,8%, dengan prevalensi 25,2% pada SD, 33,2% pada SMP, dan 37,4% pada SMA. Dari lima provinsi tersebut, prevalensi tertinggi ditemukan di Kepulauan Riau sebesar 48,7%. Analisis multivariat menunjukkan bahwa variabel yang paling berhubungan dengan kelainan refraksi adalah uncorrected refractive error (URE) (POR 57,60; 95% CI: 42,15–78,71) dan durasi penggunaan gawai per hari (POR 3,34; 95% CI: 2,32–4,81). Perbandingan antara sekolah negeri dan swasta menunjukkan prevalensi 30,0% pada sekolah negeri dan 31,6% pada sekolah swasta, dengan prevalensi tertinggi ditemukan pada SMA swasta sebesar 42,0%, diikuti SMP negeri sebesar 37,4%.  

References

Aghai, G., Dibajnia, P., Ashkesh, E., Nazari, M., & Falavarjani, K. G. (2016). Behavior disorders in children with significant refractive errors. Journal of Current Ophthalmology, 28(4), 223–225. https://doi.org/10.1016/j.joco.2016.07.007

Chen, F., Lou, L., Yu, X., Hu, P., Pan, W., Zhang, X., & Tang, X. (2024). Evaluation and application of a Chinese version symptom questionnaire for visual dysfunctions (CSQVD) in school-age children. Advances in Ophthalmology Practice and Research, 4(3), 134–141. https://doi.org/10.1016/j.aopr.2024.05.001

Dinari, N. A. (2022). Miopia: Etiologi dan terapi. Cermin Dunia Kedokteran, 49(10), 556–559. https://doi.org/10.55175/cdk.v49i10.305

Dirjen P2P Kemenkes RI. (2018). Peta jalan penanggulangan gangguan penglihatan di Indonesia Tahun 2017-2030.http://www.p2ptm.kemkes.go.id/dokumen-ptm/buku-peta-jalan-penanggulangan-gangguan-penglihatan-di-indonesia-tahun-2017-2030

Duan, H., Guo, Y., Ren, C., Wei, R., & Yan, W. (2025). Mechanisms of vitamin and mineral absorption and their potential for eye fatigue relief. Journal of Future Foods, 5(3), 219–228. https://doi.org/10.1016/j.jfutfo.2024.07.001

Febriana, A., Fatiha, F. D., & Hidayah, N. (2024). Review artikel: Berbagai faktor yang mempengaruhi astigmatisma. Semnasbio, 125–131

Han, D., Zhang, Z., Du, B., Liu, L., He, M., Liu, Z., & Wei, R. (2023). A comparison of vision-related quality of life between defocus incorporated soft contact (DISC) lenses and single-vision spectacles in Chinese children. Contact Lens and Anterior Eye, 46(1). https://doi.org/10.1016/j.clae.2022.101748

Hashemi, H., Asharlous, A., Khabazkhoob, M., Yekta, A., Emamian, M. H., & Fotouhi, A. (2021). The profile of astigmatism in 6–12-year-old children in Iran. Journal of Optometry, 14(1), 58–68. https://doi.org/10.1016/j.optom.2020.03.004

Hashemi, H., Fotouhi, A., Yekta, A., Pakzad, R., Ostadimoghaddam, H., & Khabazkhoob, M. (2018). Global and regional estimates of prevalence of refractive errors: Systematic review and meta-analysis. Journal of Current Ophthalmology, 30(1), 3–22. https://doi.org/10.1016/j.joco.2017.08.009

Jabbar, M., Ahmed, F., Rashid, F., Siddiq, S., Bhatti, M. M., & Ihsan, K. M. (2025). Pakistan biomedical journal. Pakistan Biomedical Journal, 8(4), 29–34. https://doi.org/10.54393/pbmj.v8i4.1233

Kemenkes RI. (2014). Laporan Riskesdas 2013.

Kim, H., Seo, J. S., Yoo, W. S., Kim, G. N., Kim, R. B., Chae, J. E., Chung, I., Seo, S. W., & Kim, S. J. (2020). Factors associated with myopia in Korean children: Korea National Health and Nutrition Examination Survey 2016-2017 (KNHANES VII). BMC Ophthalmology, 20(31), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12886-020-1316-6

Kumari, V. K., Kumar, M. V., & Prabha, M. K. S. (2015). Prevalence of myopia among government and private high school children in Hyderabad: A comparative study. MRIMS Journal of Health Sciences, 3(1)

Łazarczyk, J. B., Urban, B., Konarzewska, B., Szulc, A., Bakunowicz-Łazarczyk, A., Żmudzka, E., Kowzan, U., Waszkiewicz, N., & Juszczyk-Zajkowska, K. (2016). The differences in level of trait anxiety among girls and boys aged 13–17 years with myopia and emmetropia. BMC Ophthalmology, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12886-016-0382-2

Lee, S., Lee, H. J., Lee, K. G., & Kim, J. (2022). Obesity and high myopia in children and adolescents: Korea National Health and Nutrition Examination Survey. PLoS ONE, 17(3 March), 1–10. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0265317

Li, L. H., Lee, J. C., Leung, H. H., & Lam, W. C. (2020). Lutein supplementation for eye diseases. Nutrients, 12(1721), 1–27. https://doi.org/10.3390/nu12061721

Liu, Z., Wang, Q., Zhao, Q., Gao, F., Jin, N., Wang, D., Wang, B., & Du, B. (2023). Association between whole grain intake and myopia in Chinese children: A cross sectional epidemiological study. BMC Ophthalmology, 23(1), 1–10. https://doi.org/10.1186/s12886-022-02764-6

Muharfian, A. M., & Firman, F. (2024). Analisis faktor risiko kejadian kelainan refraksi miopia pada pelajar SMA Nasional Makassar. Trends in Applied Sciences, Social …, 2(1), 49–64. https://ejournal.pabki.org/index.php/TASE/article/view/33

Ogochukwu, C., Ahanna, U. U., & Chukwud, E. T. (2025). Innovative insights in case reports and reviews: A comparative study of high myopia in private and public schools. Science Photons, 1(1), 1–7

Panjaitan, V. C. M., Vandella, S. A., Angeline, D. J., Elisabeth, D. R., Himayani, R., & Ayu, P. R. (2023). Astigmatisma. Medula, 13(14), 214–218

Permana, G. A. R., Sari, K. A. K., & Aryani, P. (2020). Hubungan perilaku penggunaan gadget terhadap miopia pada anak sekolah dasar kelas 6 di Kota Denpasar. Intisari Sains Medis, 11(2), 763–768. https://doi.org/10.15562/ism.v11i2.694

Permenkes RI No. 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. (2020).

Rachmansyah, A., & Dwi Novita, H. (2021). Epidemiology of visual impairment refractive error. Eye and Sight Journal, 2(1), 21–27

Rajabpour, M., Kangari, H., Pesudovs, K., Khorrami, M., & Rahmani, S. (2024). Refractive error and vision-related quality of life. BMC Ophthalmology, 24(83), 1–7. https://doi.org/10.1186/s12886-024-03350-8

Rathi, M., Chhabra, S., Sachdeva, S., Rustagi, I. M., Soni, D., & Dhania, S. (2022). Correlation of parental and childhood myopia in children aged 5–16 years in North India. Indian Journal of Ophthalmology, 17(1), 1. https://doi.org/10.4103/ijo.IJO

Susanti, D. (2023). Determinan kejadian miopia pada siswa sekolah dasar. Jurnal ’Aisyiyah Palembang, 8(1), 244–250

Thengil, D. M., Pandhare, S. S., & Jadhav, S. S. (2025). Prevalence of myopia in school-aged children: A cross-sectional study in different educational settings. Journal of Contemporary Clinical Practice, 11(10), 338–344. https://doi.org/10.61336/jccp/25-10-50

WHO. (2024). Eye care, vision impairment and blindness: Refractive errors. https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/blindness-and-vision-impairment-refractive-errors

Downloads

Published

2025-12-19

How to Cite

Halimatussa’diyah, T. S., Vigra, R. A., Ariyani, M., Izzah, R., Fahmi, E. K., Joko P, N., … Riono, J. (2025). PREVALENSI KELAINAN REFRAKSI DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PADA SISWA DI INDONESIA . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 8189–8205. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52412