KEPUASAN, LOYALITAS DAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER : PERSPEKTIF PELAYANAN PALIATIF DI RSUD KOTA BOGOR

Authors

  • Nikmatul Hidayah Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Adang Bachtiar Administrasi dan Kebijakan Kesehatan , Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Marthino Robinson Administrasi dan Kebijakan Kesehatan , Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia
  • Cicilya Candi Divisi Hematologi Onkologi Medik, RSUD Kota Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52345

Keywords:

kepuasan, kualitas hidup, loyalitas, paliatif

Abstract

Kanker merupakan salah satu penyakit dengan angka kejadian yang terus meningkat, sehingga keberadaan layanan paliatif menjadi semakin krusial, khususnya bagi pasien pada tahap lanjut. Pelayanan ini tidak hanya menangani keluhan fisik, tetapi juga memberikan dukungan secara emosional, psikologis, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan paliatif di RSUD Kota Bogor serta dampaknya terhadap loyalitas dan kualitas hidup pasien. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan karakteristik demografis dan klinis pasien melalui data sekunder dari rekam medis, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen terhadap 19 informan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diterima, yang selanjutnya berkontribusi pada meningkatnya loyalitas, tercermin dari keinginan pasien untuk merekomendasikan rumah sakit dan menggunakan layanan kembali di kemudian hari. Kepuasan tersebut juga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup pasien, khususnya dalam aspek dukungan emosional dan sosial. Diharapkan rumah sakit terus meningkatkan kualitas pelayanan paliatif, dengan fokus pada pelatihan bagi tenaga kesehatan dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pasien kanker secara lebih komprehensif.  

References

Bessa, K. O., Suprapti, F., & Surianto, F. (2024). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Pasien Paliatif Pada Jemaat Gereja Protestan. Jurnal Kesmas Asclepius, 6(2), 131–139. https://doi.org/10.31539/jka.v6i2.10816

Della Zulfa Rifda, Zahroh Shaluhiyah, & Antono Surjoputro. (2023). Studi Fenomenologi Pasien Kanker Payudara dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1495–1500. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.3513

Fajriyah, N., Wijaya, H., Mamesah, M. M., & Marga, I. (2023). Strategi Meningkatkan Komunikasi Efektif dan Keselamatan Pasien dengan SBAR diantara Tim Kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Sistematis. 1, 7–13.

Fauziah, S. R., Basri, B., & Abdillah, H. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sekarwangi. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 43–50. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.808

GLOBOCAN. (2020). Factsheet: Cancer in Asia. https:// gco.iarc.fr/today/data/factsheets/populations/935-asia-fact-sheets.pdf.

Hidayat, R. (2023). Pengaruh Insentif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Medis Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Sakit Surya Insani Kabupaten Rokan Hulu [Universitas Riau]. //digilib.unri.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D109151%26keywords%3D

Kalaja, R. (2023). European Journal of Natural Sciences and Medicine Determinants of Patient Satisfaction with Health Care: A Literature Review. European Journal of Natural Sciences and Medicine, 6(1), 41–52.

Kemenkes RI. (2015). Pedoman Nasional Program Paliatif Kanker. Kementerian Kesehatan RI.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Hk.01.07/Menkes/2180/2023 Penyelenggaraan Pelayanan Paliatif, Pub. L. No. Hk.01.07/Menkes/2180/2023 (2023).

Kurniawan, A. R., Ilmi, B., & Hiryadi, H. (2021). Pengalaman Keluarga Merawat Pasien Kanker Di Kota Tanjung. Jurnal Health Sains, 2(2), 135–152. https://doi.org/10.46799/JHS.V2I2.112

Lind, S., Wallin, L., Brytting, T., Fürst, C. J., & Sandberg, J. (2017). Implementation of national palliative care guidelines in Swedish acute care hospitals: A qualitative content analysis of stakeholders’ perceptions. Health Policy, 121(11), 1194–1201. https://doi.org/10.1016/J.HEALTHPOL.2017.09.011

Maria Simbolon, O., & Yutri Julianingsih, R. (2020). Evaluasi Penanganan Sediaan Sitotoksik di Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. MEDFARM: Jurnal Farmasi Dan Kesehatan, 9(2), 55–62.

Marzuq, N. H., & Andriani, H. (2022). Hubungan Service Quality terhadap Kepuasaan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan : Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13995–14008.

Moreira, A., Alves, C., Machado, J., & Santos, M. F. (2023). An Overview of Omnichannel Interaction in Health Care Services. Mayo Clinic Proceedings: Digital Health, 1(2), 77. https://doi.org/10.1016/J.MCPDIG.2023.03.002

Nguyen, J., Smith, L., Hunter, J., & Harnett, J. E. (2019). Conventional and complementary medicine health care practitioners’ perspectives on interprofessional communication: A qualitative rapid review. Medicina (Lithuania), 55(10), 1–17. https://doi.org/10.3390/medicina55100650

Nurlin, Sabil, F. A., & Mutmainnah. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(2), 280–287.

Palupi, A. K., Susilowati, Y., & Diel, M. M. (2023). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien dalam Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene. ARTIKEL PENELITIAN Jurnal Kesehatan, 12(2), 100–110. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v12i2.165

Patima. (2022). Konsep Interprofessional Collaboration Pada Rumah Sakit di Indonesia. Bulukumba: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Stikes Panrita Husada Bulukumba.

Prasetya, D., Layyinah, A., Amalia, E., & Djamhari, E. A. (2023). Pasien Kanker di Indonesia Masih Menanggung Beban Biaya Out-of-pocket. https://theprakarsa.org/pb-41-pasien-kanker-di-indonesia-masih-menanggung-beban-biaya-out-of-pocket/

Pratiwi, D., Purwanda, E., & Yuliaty, F. (2024). Keterkaitan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pada Layanan Kesehatan Rumah Sakit Kesehatan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 1089–1104.

Prihatini, R. P. (2024). Analisis Kualitas Komunikasi Antara Dokter Ke Pasien, Kepercayaan Pasien Pada Dokter Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto. Journal Of Innovation Research and Knowledge, 4(4), 1993–2002. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/8532

Schroeder, K., & Lorenz, K. (2018). Nursing and the Future of Palliative Care. Asia-Pacific Journal of Oncology Nursing, 5(1), 4–8. https://doi.org/10.4103/APJON.APJON_43_17

Setianingsih, W., & Hastuti, I. (2024). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Dealer Marcel Motor Andong Boyolali). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntasi, 4(1), 11–22.

Sicilia, A. G., & Saragih, A. M. L. (2024). Tinjauan Sistematis: Faktor-Faktor yang Berkontribusi terhadap Pelaksanaan Perawatan Paliatif oleh Perawat di Lingkup Rumah Sakit. Medical Nurse Journal, 1(1), 14–23. https://ejournal.univbhaktiasih.ac.id/index.php/menu/article/view/25

Sitanggang, H. Y. B., & Manta Tambunan, D. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Dengan Kanker Kolon Yang Menjalani Kemoterapi Di Rumah Sakit Murni Teguh. Indonesian Trust Nursing Journal (Itnj), 1(3), 20–28.

Susanti, D., Effendy, C., & Setiyarini, S. (2017). Persepsi Pasien Kanker Tentang Kualitas Dan Kepuasan Perawatan Paliatif Di Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta. Https://Etd.Repository.Ugm.Ac.Id/Home/Detail_Pencarian/109757

Who. (2024, February). Global Cancer Burden Growing, Amidst Mounting Need For Services. Https://Www.Who.Int/News/Item/01-02-2024-Global-Cancer-Burden-Growing--Amidst-Mounting-Need-For-Services

Wibowo, D. A., Pandalake, R. F. H., & Ariandy, S. (2024). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Fasilitas Rsud Banten Dan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Di Rsud Banten. Medic Nutricia Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(4), 21–29. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644

Zare, S., Kazemi, R., Izadi, A., & Smith, A. (2021). Beyond the outbreak of covid-19: Factors affecting burnout in nurses in Iran. Annals of Global Health, 87(1), 1–8. https://doi.org/10.5334/aogh.3190

Downloads

Published

2025-12-19

How to Cite

Hidayah, N., Bachtiar, A., Robinson, M., & Candi, C. (2025). KEPUASAN, LOYALITAS DAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER : PERSPEKTIF PELAYANAN PALIATIF DI RSUD KOTA BOGOR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 8150–8158. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52345