KEPUASAN, LOYALITAS DAN KUALITAS HIDUP PASIEN KANKER : PERSPEKTIF PELAYANAN PALIATIF DI RSUD KOTA BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52345Keywords:
kepuasan, kualitas hidup, loyalitas, paliatifAbstract
Kanker merupakan salah satu penyakit dengan angka kejadian yang terus meningkat, sehingga keberadaan layanan paliatif menjadi semakin krusial, khususnya bagi pasien pada tahap lanjut. Pelayanan ini tidak hanya menangani keluhan fisik, tetapi juga memberikan dukungan secara emosional, psikologis, dan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan paliatif di RSUD Kota Bogor serta dampaknya terhadap loyalitas dan kualitas hidup pasien. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan karakteristik demografis dan klinis pasien melalui data sekunder dari rekam medis, serta pendekatan kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen terhadap 19 informan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diterima, yang selanjutnya berkontribusi pada meningkatnya loyalitas, tercermin dari keinginan pasien untuk merekomendasikan rumah sakit dan menggunakan layanan kembali di kemudian hari. Kepuasan tersebut juga berdampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup pasien, khususnya dalam aspek dukungan emosional dan sosial. Diharapkan rumah sakit terus meningkatkan kualitas pelayanan paliatif, dengan fokus pada pelatihan bagi tenaga kesehatan dan penyediaan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan pasien kanker secara lebih komprehensif.References
Bessa, K. O., Suprapti, F., & Surianto, F. (2024). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Pasien Paliatif Pada Jemaat Gereja Protestan. Jurnal Kesmas Asclepius, 6(2), 131–139. https://doi.org/10.31539/jka.v6i2.10816
Della Zulfa Rifda, Zahroh Shaluhiyah, & Antono Surjoputro. (2023). Studi Fenomenologi Pasien Kanker Payudara dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup : Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(8), 1495–1500. https://doi.org/10.56338/mppki.v6i8.3513
Fajriyah, N., Wijaya, H., Mamesah, M. M., & Marga, I. (2023). Strategi Meningkatkan Komunikasi Efektif dan Keselamatan Pasien dengan SBAR diantara Tim Kesehatan di Rumah Sakit: Tinjauan Sistematis. 1, 7–13.
Fauziah, S. R., Basri, B., & Abdillah, H. (2023). Hubungan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Sekarwangi. Journal of Public Health Innovation, 4(01), 43–50. https://doi.org/10.34305/jphi.v4i01.808
GLOBOCAN. (2020). Factsheet: Cancer in Asia. https:// gco.iarc.fr/today/data/factsheets/populations/935-asia-fact-sheets.pdf.
Hidayat, R. (2023). Pengaruh Insentif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Medis Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Sakit Surya Insani Kabupaten Rokan Hulu [Universitas Riau]. //digilib.unri.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D109151%26keywords%3D
Kalaja, R. (2023). European Journal of Natural Sciences and Medicine Determinants of Patient Satisfaction with Health Care: A Literature Review. European Journal of Natural Sciences and Medicine, 6(1), 41–52.
Kemenkes RI. (2015). Pedoman Nasional Program Paliatif Kanker. Kementerian Kesehatan RI.
Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Hk.01.07/Menkes/2180/2023 Penyelenggaraan Pelayanan Paliatif, Pub. L. No. Hk.01.07/Menkes/2180/2023 (2023).
Kurniawan, A. R., Ilmi, B., & Hiryadi, H. (2021). Pengalaman Keluarga Merawat Pasien Kanker Di Kota Tanjung. Jurnal Health Sains, 2(2), 135–152. https://doi.org/10.46799/JHS.V2I2.112
Lind, S., Wallin, L., Brytting, T., Fürst, C. J., & Sandberg, J. (2017). Implementation of national palliative care guidelines in Swedish acute care hospitals: A qualitative content analysis of stakeholders’ perceptions. Health Policy, 121(11), 1194–1201. https://doi.org/10.1016/J.HEALTHPOL.2017.09.011
Maria Simbolon, O., & Yutri Julianingsih, R. (2020). Evaluasi Penanganan Sediaan Sitotoksik di Rumah Sakit Umum Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. MEDFARM: Jurnal Farmasi Dan Kesehatan, 9(2), 55–62.
Marzuq, N. H., & Andriani, H. (2022). Hubungan Service Quality terhadap Kepuasaan Pasien di Fasilitas Pelayanan Kesehatan : Literature Review. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 13995–14008.
Moreira, A., Alves, C., Machado, J., & Santos, M. F. (2023). An Overview of Omnichannel Interaction in Health Care Services. Mayo Clinic Proceedings: Digital Health, 1(2), 77. https://doi.org/10.1016/J.MCPDIG.2023.03.002
Nguyen, J., Smith, L., Hunter, J., & Harnett, J. E. (2019). Conventional and complementary medicine health care practitioners’ perspectives on interprofessional communication: A qualitative rapid review. Medicina (Lithuania), 55(10), 1–17. https://doi.org/10.3390/medicina55100650
Nurlin, Sabil, F. A., & Mutmainnah. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 2(2), 280–287.
Palupi, A. K., Susilowati, Y., & Diel, M. M. (2023). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan Pasien dalam Pemenuhan Kebutuhan Personal Hygiene. ARTIKEL PENELITIAN Jurnal Kesehatan, 12(2), 100–110. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v12i2.165
Patima. (2022). Konsep Interprofessional Collaboration Pada Rumah Sakit di Indonesia. Bulukumba: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Stikes Panrita Husada Bulukumba.
Prasetya, D., Layyinah, A., Amalia, E., & Djamhari, E. A. (2023). Pasien Kanker di Indonesia Masih Menanggung Beban Biaya Out-of-pocket. https://theprakarsa.org/pb-41-pasien-kanker-di-indonesia-masih-menanggung-beban-biaya-out-of-pocket/
Pratiwi, D., Purwanda, E., & Yuliaty, F. (2024). Keterkaitan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien dan Loyalitas Pada Layanan Kesehatan Rumah Sakit Kesehatan. EKOMA : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 4(1), 1089–1104.
Prihatini, R. P. (2024). Analisis Kualitas Komunikasi Antara Dokter Ke Pasien, Kepercayaan Pasien Pada Dokter Dan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Gatoel Mojokerto. Journal Of Innovation Research and Knowledge, 4(4), 1993–2002. https://www.bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/8532
Schroeder, K., & Lorenz, K. (2018). Nursing and the Future of Palliative Care. Asia-Pacific Journal of Oncology Nursing, 5(1), 4–8. https://doi.org/10.4103/APJON.APJON_43_17
Setianingsih, W., & Hastuti, I. (2024). Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Dealer Marcel Motor Andong Boyolali). Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntasi, 4(1), 11–22.
Sicilia, A. G., & Saragih, A. M. L. (2024). Tinjauan Sistematis: Faktor-Faktor yang Berkontribusi terhadap Pelaksanaan Perawatan Paliatif oleh Perawat di Lingkup Rumah Sakit. Medical Nurse Journal, 1(1), 14–23. https://ejournal.univbhaktiasih.ac.id/index.php/menu/article/view/25
Sitanggang, H. Y. B., & Manta Tambunan, D. (2023). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Pasien Dengan Kanker Kolon Yang Menjalani Kemoterapi Di Rumah Sakit Murni Teguh. Indonesian Trust Nursing Journal (Itnj), 1(3), 20–28.
Susanti, D., Effendy, C., & Setiyarini, S. (2017). Persepsi Pasien Kanker Tentang Kualitas Dan Kepuasan Perawatan Paliatif Di Rsup Dr. Sardjito Yogyakarta. Https://Etd.Repository.Ugm.Ac.Id/Home/Detail_Pencarian/109757
Who. (2024, February). Global Cancer Burden Growing, Amidst Mounting Need For Services. Https://Www.Who.Int/News/Item/01-02-2024-Global-Cancer-Burden-Growing--Amidst-Mounting-Need-For-Services
Wibowo, D. A., Pandalake, R. F. H., & Ariandy, S. (2024). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Fasilitas Rsud Banten Dan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Di Rsud Banten. Medic Nutricia Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(4), 21–29. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644
Zare, S., Kazemi, R., Izadi, A., & Smith, A. (2021). Beyond the outbreak of covid-19: Factors affecting burnout in nurses in Iran. Annals of Global Health, 87(1), 1–8. https://doi.org/10.5334/aogh.3190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdi Dwiyanto Putra Samosir, Ratna Dewi Artati, Amiruddin L Amiruddin L, Kwari Januar Satriono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







