EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MALANU KOTA SORONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52284Keywords:
kefarmasian, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan, puskesmas, SERVQUALAbstract
Pelayanan kefarmasian memiliki peran penting dalam menjamin mutu penggunaan obat, sehingga kepuasan pasien menjadi indikator utama dalam menilai kualitas layanan di Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Malanu Kota Sorong serta menganalisis faktor sosiodemografi yang berhubungan dengan kepuasan tersebut. Penelitian menggunakan desain cross-sectional dengan 372 responden yang dikumpulkan menggunakan kuesioner SERVQUAL. Analisis data dilakukan dengan uji chi-square pada tingkat signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien berada pada kategori puas dengan nilai rata-rata 81,24%. Uji statistik menunjukkan adanya hubungan signifikan antara kepuasan pasien dengan jenis kelamin (p = 0,000), pekerjaan (p = 0,000), pendapatan (p = 0,000), dan jenis pasien (p = 0,000), sedangkan usia, pendidikan, dan jarak tidak menunjukkan hubungan signifikan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa beberapa karakteristik sosiodemografi memengaruhi kepuasan pasien dan hasil ini dapat digunakan sebagai dasar peningkatan mutu pelayanan kefarmasian.References
Abdullah, K., Aiman Ummul, J. M., Fadilla Zahara, H. S., Ardiawan Ngurah, K. M., & Sari, E. M. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif.
Adnyana, I. M. D. M. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. June. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/354059356_Metode_Penelitian_Pendekatan_Kuantitatif
Al Hikami, M. U. A., Mariana, & Haksama, S. (2022). Analisis Penerapan Manajemen Di Puskesmas Pacet Berdasarkan Pmk No. 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(1). Https://Doi.Org/10.14710/Jmki.10.1.2022.7-19
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif. Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam. Https://Doi.Org/10.61104/Ihsan.V1i2.57
Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, Andini Octaviana, & Hadianor. (2019). Hubungan Usia, Tingkat Pendidikan, Fasilitas Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Muara Laung. 6(1), 40–45.
Fadillah, M., Adhayanti, I., & Pakadang, R. S. (2024). Kepuasan Pasien Terhadap Pemberian Informasi Obat Di Puskesmas Tamalate Kota Makassar. Media Farmasi, 20. Https://Doi.Org/10.32382/Mf.V20i1.130
Faridah, I., Afiyanti, Y., & Basri, M. H. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. 9(2). Https://Doi.Org/10.37048/Kesehatan.V9i2.280
Ginting, O. S. B., Lestari, A. P., Rambe, R., Rani, Z., Fauzi, Z. P. A., Dalimunthe, G. I., Harahap, A. P., & Chandra, P. (2024). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Tentara Binjai. 8(3), 225–238.
Heni Bangngu Dimu. (2024). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Unit Poli Umum Puskesmas Bolou Kecamatan Sabu Timur Tahun 2023. Sehatmas: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 3(1), 24–31. Https://Doi.Org/10.55123/Sehatmas.V3i1.2754
Heryanadi, C., Septi Hardian, E., & Adriansyah, M. R. (2021). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rs Tni Au Dr. M. Salamun. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(12), 706–1717. Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i12.257
Kastella, N. A. F. (2019). Evaluasi Pelayanan Instalasi Farmasi Terhadap Waktu Tunggu Obat Dan Kepuasan Pelanggan Ditinjau Dari Kecepatan Pelayanan Resep Di Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Tahun 2018. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 3(1), 74–84. Http://Ejournal.Urindo.Ac.Id/Index.Php/Marsi/Article/View/387
Kemenkes Ri. (2016a). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2016 Tentang Pedoman Manajemen Puskesmas.
Kemenkes Ri. (2016b). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.
Kemenkes Ri. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek.
Khoirin, Ramadhiani, A. R., & Rosita, M. (2022). Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 7(2). Https://Doi.Org/10.36729/Jam.V7i2.859
Lubis, Vebry H., Komalasari, O., & Maulina, V. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Kesehatan Rawat Jalan. V, 1–12.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri (Uin) Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Mahendro, U. J., Ningsih, D., & Handayani, S. R. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Puskesmas Pracimantoro I Wonogiri. Journal Of Islamic Pharmacy, 7(2), 86–93. Https://Doi.Org/10.18860/Jip.V7i2.17455
Manapode, M., Tampa’i, R., Pareta, D., & Tulandi, S. (2021). Evaluasi Kepuasan Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rsj. Prof. Dr. V.L Ratumbuysang. Jurnal Biofarmasetikal Tropis, 4(1), 109–117.
Mashita, D. A., Racmawati, E., Deharja, A., & Ardiyanto, E. T. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Fktp : Literature Review. 3(2), 177–189.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cut Evi Apriliani, Irwandi Irwandi, A. M. Muslihin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







