KAPASITAS PENANGANAN CEDERA DENGAN BALUT BIDAI PASCA EDUKASI GEMPA PADA IBU-IBU KAMPUNG MEKARWANGI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.52127Keywords:
Balut Bidai, Pendidikan Bencana, Kapasitas Penanganan Cedera, Gempa BumiAbstract
Indonesia merupakan negara rawan gempa bumi karena terletak di pertemuan tiga lempeng tektonik utama. Posisi geografis ini menempatkan Indonesia sebagai daerah rawan bencana termasuk gempa bumi. Gempa bumi menyebabkan krisis kesehatan seperti cedera, sehingga keterampilan pertolongan pertama seperti balut bidai penting dimiliki oleh masyarakat di daerah rawan bencana. Penelitian ini bertujuan menilai efektivitas pelatihan balut bidai dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu di Kampung Mekarwangi, Desa Karyawangi, Kabupaten Bandung Barat. Desain penelitian menggunakan quasi-eksperimental dengan rancangan pretest–posttest tanpa kelompok kontrol dan melibatkan 88 responden yang dipilih melalui teknik convenience sampling. Pengukuran pengetahuan dilakukan menggunakan kuesioner 12 item benar-salah, sedangkan keterampilan di evaluasi menggunakan 11 langkah praktik balut bidai yang mengacu pada prosedur pembidaian yang dikeluarkan oleh Palang Merah Indonesia. Hasil menunjukkan bahwa sebelum pemaparan hampir seluruh responden memiliki tingkat pengetahuan rendah (97,7%), sedangkan setelah pemaparan terjadi peningkatan signifikan menjadi (71,6%) berada pada kategori baik dan (28,4%) pada kategori sangat baik. Uji marginal homogeneity dan Wilcoxon Singed Rank Test menunjukan peningkatan signifikan (p < 0,05). seluruh responden (100%) menunjukkan peningkatan skor pengetahuan setelah pelatihan. Tingkat keterampilan peserta secara umum berada pada kategori sedang yaitu (58.0%) menunjukkan bahwa sebagian besar ibu ibu telah memahami langkah-langkah dasar balut bidai meskipun masih memerlukan latihan lanjutan untuk penyempurnaan. Pemaparan balut bidai efektif dalam meningkatkan kapasitas pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap penanganan cedera. Edukasi berbasis komunitas dengan pendekatan partisipatif dan praktik langsung berperan penting dalam memperkuat kesiapsiagaan masyarakat terhadap situasi darurat pascabencanaReferences
Alam, H., Kusuma, B. S., & Prayogi, M. A. (2020). Penggunaan sensor vibration sebagai antisipasi gempa bumi. JET (Journal of Electrical Technology), 5(2). https://doi.org/10.30743/jet.v5i2.2879
Ariyani, S. P., Soleman, S. R., Gati, N. W., & Mustikasari, I. (2024). Pengaruh simulasi first aid balut bidai terhadap pengetahuan dan keterampilan pada mahasiswa semester 6 di Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. JHN: Journal of Health and Nursing, 2(2).
Atmojo, S., & Muhandhis, I. (2019). Sistem Informasi Geografis bencana gempa bumi dengan pendekatan PGA untuk mitigasi bencana. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 6 (1). https://doi.org/10.21107/edutic.v6i1.6074
Edward Rizky Ahadian dan Erwinsyah Tuhuteru (2020) Evaluasi Bangunan Sederhana Tahan Gempa. Jurnal SIPILsains. Volume 10 Nomor 1 - Maret 2020
Kolb, D. A. (2015). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Pearson Education, Incorporated.
Mahardika, Y. F. (2022). Hubungan Tingkat Pengetahuan Pertolongan Pertama dengan Teknik Balut Bidai. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 123-130.
Notoatmodjo, S. (2018). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan (Edisi revisi). Rineka Cipta.
Nugroho, W., & Prihatin, S. (2022). Penerapan metode simulasi pada praktik penanganan korban bencana sebagai penguatan keterampilan masyarakat. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1, 2669–2674. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i10.1614
Nurrohman, A. (2021). Pemetaan Sebaran Lahan Terbangun Dalam Koridor 250 Meter Sesar Lembang. Elipsoida: Jurnal Geodesi dan Geomatika, 4(01), 42-49. https://doi.org/10.14710/elipsoida.2021.11497
Palang Merah Indonesia. (2009). Buku pedoman pertolongan pertama. Jakarta: Palang Merah Indonesia.
Prabandari, L. P. E. (2024). Pengaruh Pelatihan Balut Bidai terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa. Jurnal Keperawatan, 12(1), 45-50.
Wahyudi, A., & Qomariah, N. (2022). Pengaruh Edukasi Pertolongan Pertama terhadap Pengetahuan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 8(3), 200-205.
Yunarto, Y., Susilowati, Y., Nur, W. H., & Kumoro, Y. (2019). Pemetaan Kesiapsiagaan Rumah Tangga Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi Patahan Lembang. JURNAL GEOGRAFI, 11(1), 1–18. https://doi.org/10.24114/jg.v11i1.11328
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vladimir Christopher Alexander, Untung Sudharmono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







