HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI DAN PERSEPSI TUBUH DENGAN STATUS GIZI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51989Keywords:
pengetahuan gizi, persepsi tubuh, status giziAbstract
Masalah gizi seperti status gizi kurang dan gizi lebih, rentan dialami oleh kelompok usia produktif yang termasuk dalam periode dewasa. Status gizi dapat dipengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah pengetahuan gizi dan persepsi tubuh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara persepsi tubuh dengan status gizi mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jenis penelitian dengan observasional menggunakan desain penelitian cross-sectional. Teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan sampel sebanyak 41 responden. Data tingkat pengetahuan gizi diperoleh dari kuisioner pengetahuan gizi dengan jumlah pertanyaan 25 soal dan data persepsi tubuh diperoleh dari kuesioner Multidemensional Body Self Relation Questionnaire-Appearance Scale (MBSRQ-AS) jumlah pertanyaan 30 soal. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 4,9% responden memiliki pengetahuan gizi tidak baik, persepsi tubuh dengan kategori negatif sebanyak 36,6%, status gizi underweight 22%, overweight 12,2% dan obesitas I sebesar 22%. Hasil uji korelasi yaitu p-value = 0,126 untuk pengetahuan gizi dengan status gizi, kemudian p-value = 0,127 untuk body image dengan status gizi. Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan gizi dengan status gizi pada pada responden. Tidak terdapat hubungan antara persepsi tubuh dengan status gizi pada responden.References
A Wawan, & M. D. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. In Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Nuha Medika. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia.
Anjani, R.P., dan Kartini, A., 2013. Perbedaan Pengetahuan Gizi, Sikap dan Asupan Zat Gizi Pada Dewasa Awal (Mahasiswa LPP Graha Wisata dan Sastra Inggris Universitas Diponegoro Semarang). Journal of Nutrition College. [e-journal] 2(3): pp. 312-320.
Bening, S. & Margawati, A. (2014). Perbedaan Pengetahuan Gizi, Body Image, Asupan Energi dan Status Gizi pada Mahasiswa Gizi dan Non-Gizi untuk ditemui. 3(4), 715–722. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jnc/article/view/6872
Cash, T. F., 2000. The Multidimensional Body-Self Relations Questionnaire. Norfolk: Old Dominion University.
Cash, T. T., & Pruzinsky, T. (2002). Body image a handbook of theory, research, and clinical practice. New York, London: The Guilford Press.
Erpridawati, D. (2012). Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi dengan Status Gizi Siswa SMP Di Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar. 66, 37–39.
Grace, F. A. (2017). Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa TPB Sekolah Bisnis Dan Manajemen Institut Teknologi Bandung. Bisnis Dan Manajemen Institut Teknologi Bandung, 1–12.
Hendrayati, Salmiah, Suriani Rauf. (2010) Pengetahuan Gizi, Pola Makan Dan Status Gizi Siswa SMPN 4 Tompobulu Kabupaten Bantaeng. Jurnal Media Gizi Pangan, Vol. IX, Edisi 1, Januari – Juni 2010.
Ifdil, Amandha Unzilla Denich, A. I. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113.
Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Laksmi, zsa-zsa ayu, Ardiaria, M., & Fitranti, deny yudi. (2018). Hubungan Body Image Dengan Perilaku Makan Dan Kebiasaan Olahraga Pada Wanita Dewasa Muda Usia 18-22 Tahun (Studi Pada Mahasiswi Program Studi Kedokteran Universitas Diponegoro). Jurnal Kedokteran Diponegoro, 7(2), 627–640.
Makhrajani Majid, Suherna, & Haniarti. (2018). Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi, Body Image, Asupan Energi Dan Status Gizi Pada Mahasiswa Gizi Dan Non Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(1), 24–33. https://doi.org/10.31850/makes.v1i1.99
Notoatmodjo S. (2010) Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Pratiwi, M., Isnaeni, F., & Gz, S. (2019). Hubungan Persepsi Tubuh Dengan Status Gizi Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/70962
Punuh et.al. (2020). Gambaran Stress dan Body Image pada Mahasiswa Semester VI Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesmas. Vol.9,No 6.
Ramanda, R., Akbar, Z., & Wirasti, R. A. M. K. (2019). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 121. https://doi.org/10.22373/je.v5i2.5019
Roring, N. M., Posangi, J., & Manampiring, A. E. (2020). Hubungan antara pengetahuan gizi, aktivitas fisik, dan intensitas olahraga dengan status gizi. Jurnal Biomedik:JBM, 12(2), 110. https://doi.org/10.35790/jbm.12.2.2020.29442
Serly. 2015. Hubungan Body Image, Asupan Energi dan Aktivitas Fisik dengan Status Gizi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Angkatan 2014. Jom FK Volume 2 No 2 Oktober 2015.
Sugiar, I. E., & Dieny, F. F. (2018). Hubungan Body Image Dengan Asupan Energi Dan Protein Serta Perilaku Konsumsi Suplemen Pada Mahasiwa Di Semarang. Journal of Nutrition College, 7(1), 31. https://doi.org/10.14710/jnc.v7i1.20779
Uramako, D. F. (2021). Faktor Determinan yang Berpengaruh Terhadap Status Gizi Remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 560–567. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.651
Verawati, R. (2015). Hubungan Antara Body Image Dengan Pola Makan Dan Status Gizi Remaja Putri Di Smp Al Islam 1 Surakarta. Skripsi
Wawan & Dewi M. (2011). Teori dan Pengukuran Pengetahuan , Sikap, dan Perilaku Manusia. Cetakan II. Yogyakarta : Nuha Medika
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Icha Rebeca Tias Belinda, Dyah Intan Puspitasari, Nur Lathifah Mardiyati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







