ANALISIS KORELASI AKTIVITAS FISIK DAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Authors

  • Denny Samuel Supriatna Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia, Bandung
  • Yunus Elon Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51826

Keywords:

aktivitas fisik, GPAQ, mahasiswa keperawatan, PSS-10, stres

Abstract

Mahasiswa keperawatan sering menghadapi tekanan akademik dan tuntutan praktik klinis yang tinggi, yang dapat menimbulkan stres. Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat membantu menurunkan stres dan meningkatkan kesejahteraan mental. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara aktivitas fisik dan tingkat stres pada mahasiswa S1 Keperawatan Universitas Advent Indonesia. Penelitian menggunakan desain korelasional dengan pendekatan cross-sectional dan melibatkan 200 responden yang dipilih melalui simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan GPAQ untuk aktivitas fisik dan PSS-10 untuk tingkat stres. Analisis data dilakukan menggunakan uji korelasi Spearman’s rho dan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki tingkat aktivitas fisik yang tinggi (63,0%) dan mengalami stres pada kategori sedang (64,5%). Uji korelasi Spearman menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara aktivitas fisik dan tingkat stres (r = 0,057; p = 0,421). Hasil uji Chi-Square juga mengonfirmasi tidak adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut (χ² = 2,096; p = 0,148). Temuan ini menegaskan bahwa meskipun aktivitas fisik penting untuk menjaga kebugaran, faktor psikologis dan sosial lain lebih berperan dalam menentukan tingkat stres mahasiswa. Oleh karena itu, intervensi pengelolaan stres yang komprehensif, termasuk dukungan psikologis, strategi coping, dan promosi aktivitas fisik, perlu diterapkan untuk meningkatkan kesejahteraan mahasiswa keperawatan.

References

Amana, D., Wilson, W., & Hermawati, E. (2021). Hubungan tingkat aktivitas fisik dengan tingkat depresi pada mahasiswa tahun kedua Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Jurnal Cerebellum, 6(4), 95. https://doi.org/10.26418/jc.v6i4.47800

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40–47. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Aryani, D., Lannasari, & Hartono, R. (2024). JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara Hubungan Tingkat Stres Akademik Dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan Yang Kuliah Sambil Bekerja Di Universitas Indonesia Maju Tahun 2023. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(2). https://jicnusantara.com/index.php/jicn

Azizah, J. N., & Satwika, Y. W. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Mengerjakan Skripsi Selama Pandemi Covid 19. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(1), 212–223. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i1.39116

Dwiputri, R. A., Idris, F. P., Gobel, F. A., Asrina, A., & Rahman, H. (2023). Faktor yang berhubungan dengan tingkat stres mahasiswa dalam menyusun skripsi. Window of Public Health Journal, 4(4), 567–577. https://doi.org/10.33096/woph.v4i4.1115

Folkman, S. (2013). Stress: Appraisal and Coping. In: Gellman, M.D., Turner, J.R. (eds) Encyclopedia of Behavioral Medicine. Springer, New York, NY. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1005-9_215

Fristanti, Y. M., & Ruhana, A. (2021). Hubungan intensitas penggunaan smartphone terhadap aktivitas fisik dan tingkat konsumsi pangan pada mahasiswa gizi UNESA di era pandemi COVID-19. Jurnal Gizi UNESA, 1(2), 89–94.

Hardi, K., Pebebang, Y., & Datupadang, R. (2023). Hubungan dukungan orang tua dengan kejadian stres akademik pada mahasiswa S1 semester II di STIKES Tana Toraja tahun 2023. Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 8(1), 101–111. https://doi.org/10.56437/jikp.v8i1.141

Hidayati, L. N., & Harsono, M. (2022). Tinjauan Literatur Mengenai Stres Dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1), 20–30. https://doi.org/10.21831/jim.v18i1.39339

Kinanti, I. A., & Yeni, Y. (2022). Hubungan aktivitas fisik dengan tingkat stres selama pandemi COVID-19 pada masyarakat di Kecamatan Indralaya Utara [Undergraduate thesis, Universitas Sriwijaya].

Kurtusi, A., Eka Noviana Nasriyanto, & Cicirosnita J.Idu. (2024). Hubungan Antara Intensitas Latihan Fisik Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Universitas Yatsi Madani The Relationship Between Physical Exercise Intensity And Stress Levels In Yatsi Madani University Students. Medic Nutricia: Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(4), 81–90. https://doi.org/10.5455/nutricia.v5i4.5077

Maharani, M. (2023). Hubungan antara stres kerja perawat dengan kualitas proses keperawatan yang diberikan kepada pasien [Skripsi sarjana, Universitas Islam Sultan Agung Semarang].

Manery, D., Zuneldi, T., Embisa, Y., Ukratalo, A., & Pattimura, N. (2024). Gambaran Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Keperawatan STIKES Pasapua Ambon Tahun 2024. Jurnal Anestesi, 2(3), 193–206. https://doi.org/10.59680/anestesi.v2i3.1228

Ntune, N. A. (2023). Gambaran tingkat stres dan strategi koping mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin [Skripsi, Universitas Hasanuddin]. Universitas Hasanuddin Repository.

Palamba, A., Allo, L., & Mudjito, I. (2024). Hubungan aktivitas fisik dengan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir Program Studi S1 Keperawatan semester VIII di Institut Toraja Raya Indonesia (ITRI) tahun 2024. LPPM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Promotif, 9(1). https://doi.org/10.56437/jikp.v9i1

Prasetyo Kusumo, Mahendro. (2021). Buku Pemantauan Aktivitas Fisik.

Rusli, M. (2022). Gambaran tingkat stres pada mahasiswa keperawatan angkatan 2017 UIN Alauddin Makassar [Skripsi sarjana, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar].

Scott, E. (2024, July 12). Top 10 stress management techniques for students. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/top-school-stress-relievers-for-students-3145179

Shalsabilla (2025) Hubungan Intensitas Aktivitas Fisik dengan Tingkat Stres Mahasiswa Kedokteran yang Sedang Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. S1 thesis, Universitas Andalas.

Sharma, M., & Rush, S. E. (2014). Mindfulness-based stress reduction as a stress management intervention for healthy individuals: A systematic review. Journal of Evidence-Based Complementary & Alternative Medicine, 19(4), 271–286. https://doi.org/10.1177/2156587214543143

Tarigan, A. R., & Pamono, B. (2021). Gambaran aktivitas fisik mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga angkatan 2018 UNESA dalam menjaga imunitas di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(6), 75-80.

World Health Organization (WHO). (2010). Global recommendations on physical activity for health. WHO Press.

World Health Organization. (2024, June 26). Nearly 1.8 billion adults at risk of disease from not doing enough physical activity. https://www.who.int/news/item/26-06-2024-nearly-1-8-billion-adults-at-risk-of-disease-from-not-doing-enough-physical-activity

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Supriatna, D. S., & Elon, Y. (2025). ANALISIS KORELASI AKTIVITAS FISIK DAN TINGKAT STRES PADA MAHASISWA KEPERAWATAN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 7829–7836. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51826