PERSEPSI BULLYING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN : PENELITIAN KUALITATIF

Authors

  • Aline Yohana Sinaga Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia
  • Gilny Aileen Joan Rantung Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51722

Keywords:

Bullying, kesehatan mental, mahasiswa keperawatan, persepsi

Abstract

Fenomena bullying dalam pendidikan keperawatan masih menjadi isu kompleks yang sering tersembunyi dan dianggap wajar sebagai bagian dari proses pembentukan mental mahasiswa. Persepsi ini berpotensi menormalisasi perilaku yang merugikan secara psikologis, sosial, dan akademik. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi mahasiswa keperawatan terhadap praktik bullying di lingkungan akademik dan praktik klinik, serta strategi yang digunakan dalam mengantisipasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam terhadap mahasiswa keperawatan yang pernah mengalami atau menyaksikan tindakan bullying. Analisis data dilakukan secara tematik melalui proses transkripsi, kategorisasi, dan interpretasi makna. Hasil penelitian menunjukkan empat tema utama, yaitu: (1) normalisasi bullying sebagai hal yang dianggap wajar dan bagian dari pembentukan mental; (2) bentuk bullying dominan bersifat verbal dan psikologis yang disamarkan sebagai humor; (3) faktor penyebab meliputi budaya hierarkis, lemahnya sistem pelaporan, dan rasionalisasi kekuasaan senioritas; serta (4) strategi antisipatif meliputi upaya personal (percaya diri, coping mechanism), sosial (dukungan teman dan keluarga), dan institusional (kebijakan, sanksi, serta edukasi anti-bullying). Kesimpulannya, normalisasi bullying merupakan bentuk kekerasan terselubung yang memerlukan intervensi sistemik melalui kebijakan tegas, pelatihan empati, dan budaya akademik berbasis nilai humanistik serta profesional.  

References

Adhha, A. (2024). Hubungan dukungan sosial teman sebaya dan resiliensi siswa korban bullying. Journal Of Social Science Research, 4, 6226–6234.

Ayunda, A., Ainnun, F., Adinda, P., Khoiriah, S., & Susanti, E. (2024). Persepsi mahasiswa terhadap bullying. In Journal Of Global Humanistic Studies philosophiamundi.id/ e-issn (Vol. 2, Issue 2).

Celdrán-Navarro, M. del C., Leal-Costa, C., Suárez-Cortés, M., Molina-Rodríguez, A., & Jiménez-Ruiz, I. (2023). Nursing interventions against bullying: A Systematic Review. In International Journal of Environmental Research and Public Health (Vol. 20, Issue 4). MDPI. https://doi.org/10.3390/ijerph20042914

Colaizzi, P. F. (1978). Psychological research as the phenomenologist views It. In R. S. Valle & M. King (Eds.), Existential-Phenomenological Alternatives for Psychology. Oxford University Press.

Dinanty, N. S., Putri, A. J., & Rahman, G. (2023). PENGARUH BUDAYA SENIORITAS DAN BULLYING OLEH MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS (Vol. 6, Issue 4).

Eko, M., Monika Safitri, & Olvie. (2024). Psychological bullying in environmental agency of central bengkulu regency: A Stress-Model Transactional and Coping.

Fernández-Gutiérrez, L., Mosteiro-Díaz, M. P., Borges, E., & Franco-Correia, S. (2024). Bullying in nursing Students: a cross-sectional study. International Journal of Environmental Research and Public Health, 21(11). https://doi.org/10.3390/ijerph21111431

Francik, A., Mazurek, M., & Kopanski, Z. (2020). The phenomenon of bullying in the working en-vironment of nursing staff - surveys.

Ghafara, R. A., Fandi Achmad, B., Harjanto, T., & Setiyarini, S. (2022). Bullying on nursing students. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 15(2), 2022.

Harris, M., Lau-Bogaardt, T., Shifaza, F., & Attrill, S. (2025). The experiences of culturally and linguistically diverse health practitioners in dominant culture practice: a scoping review. In Advances in Health Sciences Education (Vol. 30, Issue 2, pp. 613–643). Springer Science and Business Media B.V. https://doi.org/10.1007/s10459-024-10359-7

Hulukati, W., & Djibran, R. M. (2018). ANALISIS TUGAS PERKEMBANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO. 73–80.

Junalia, E., & Malkis, Y. (2022). EDUKASI UPAYA PENCEGAHAN BULLYING PADA REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TIRTAYASA JAKARTA Education for the Prevention of Bullying in Youth in Tirtayasa Junior High School Students. Journal Community Service and Health Science. www.ejournal.stikes-pertamedika.ac.id/index.php/jcshs

Pan, L., Lei, M., Zhang, Z., & Lei, W. (2024). Bullying experience of undergraduate nurse students during clinical placement in Henan Province, China. Teaching and Learning in Nursing, 19(2), 139–144. https://doi.org/10.1016/j.teln.2024.01.014

Piri, S., Janatolmakan, M., Nouri, M. A., & Khatony, A. (2025). Exploring nursing students’ experience of bullying and its consequences and coping strategies from a qualitative perspective. Scientific Reports, 15(1). https://doi.org/10.1038/s41598-025-03437-2

Pratiwi, A., Nuryanti, & Zulivah, Q. A. (2024). Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap remaja terhadap bahaya bullying pada remaja di SMAN 11 kabupaten tangerang. Agustus, 361–365. https://doi.org/10.59435/gjik.v2i2.889

Rahmadhani, D. N., & Hendriyani, R. (2025). Healing through support: a descriptive study on social support for bullying victims in junior high school. Psikostudia Jurnal Psikologi, 14(4), 621–628. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v14i3

Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, & Praktikto, H. (2020). Perilaku bullying pada mahasiswa: menelisik pengaruh harga diri dan konformitas (Vol. 1, Issue 01).

Sharif-Nia, H., Marôco, J., Rahmatpour, P., Allen, K. A., Kaveh, O., & Hoseinzadeh, E. (2023). Bullying behaviors and intention to drop-out among nursing students: the mediation roles of sense of belonging and major satisfaction. BMC Nursing, 22(1). https://doi.org/10.1186/s12912-023-01584-3

Waluyo, A., & Deska, R. (2025). Perilaku bullying tanpa disadari pada mahasiswa. JOURNAL OF Mental Health Concerns, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.56922/mhc.v4i1.1008

Wang, Y., Zhou, C., Qian, X., Zhao, Y., Gao, L., & Xu, W. (2025). Learned helplessness among vocational nursing students: current status and influencing factors. BMC Medical Education, 25(1). https://doi.org/10.1186/s12909-025-07571-3

Wasiyem, Manik, P. M., Yolanda, A., & Hasibuan, N. H. (2025). PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA.

Yosep, I., Fitria, N., Mardhiyah, A., Pahria, T., Yamin, A., & Hikmat, R. (2024). Experiences of bullying among nursing students during clinical practice: a scoping review of qualitative studies. BMC Nursing, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12912-024-02439-1

Yuliyanti, S., & Juliangkary, E. (2023). Jurnal Ilmiah IKIP Mataram bullying di lingkungan pendidikan: analisis filsafat pendidikan dari multiperspektif. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jiim

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Sinaga, A. Y., & Rantung, G. A. J. (2025). PERSEPSI BULLYING PADA MAHASISWA KEPERAWATAN : PENELITIAN KUALITATIF. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 7780–7795. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51722