PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI NUTRIGO BOARD GAME DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Rosyda Dianah Sekolah Vokasi IPB
  • Jihan Mutia Sekolah Vokasi IPB

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51518

Keywords:

edukasi gizi, gizi seimbang, nutrigo board game, siswa

Abstract

Siswa sekolah dasar rentan mengalami malnutrisi karena terbatasnya pemahaman tentang gizi seimbang dan kurangnya akses informasi yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan adanya edukasi gizi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari nutrigo board game terhadap pemahaman dan penerimaan siswa terhadap pendidikan gizi. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan populasi siswa kelas 6 SD. Hasil karakteristik responden adalah (50%) perempuan dan (50%) laki-laki dengan rata-rata usia 12 tahun. Penilaian tingkat kepuasan terhadap media nutrigo board game secara keseluruhan sangat baik (83%). Hasil uji statistik paired sample t-test menunjukkan nilai p-value (<0,001), yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian edukasi gizi terhadap tingkat pengetahuan responden mengenai gizi seimbang. Uji statistik independent sample t-test menunjukkan nilai p-value sebesar 0,002, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah diberikan edukasi. Edukasi gizi dengan media nutrigo board game memberikan pengaruh terhadap peningkatan pengetahuan tentang gizi seimbang.

References

Annisa, N. A., Rusdiyani, I., & Nulhakim, L. 2022. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Aplikasi Game Edukasi Berbasis Android. Akademika, 11(01), 201-213.

Azizzah, S., Kurniawan, A., Paramita, F., & Katmawanti, S. 2024. Penggunaan Media Edukasi Berbasis Card Game Sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar Di Kota Mataram. Jurnal Medika Nusantara, 2(1), 264-282.

Az-zahra, K., & Kurniasari, R. 2022. Efektivitas pemberian media edukasi gizi yang menarik dan inovatif terhadap pencegahan anemia kepada remaja putri: literature review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 5(6), 618-627.

Budiono, I., Putriningtyas, N. D., Indrawati, F., Kasman, K., & Kurniawan, F. 2022. Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 2(2).

Djauhari, T. 2017. Gizi dan 1000 HPK. Saintika Medika, 13(2),125–132.

Donal Nababan, S. K. M., Saragih, V. C. D., Yuniarti, T., KM, S., Yuniarti, E., Andriyani, A., ... & Marasabessy, N. B. 2023. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Cendikia Mulia Mandiri.

Femyliati R, Kurniasari R. 2022. Pemanfaatan media kreatif untuk edukasi gizi pada remaja (literatur review). Jurnal Kesehatan Masyarakat. 10(1): 16-22.

Fitriana N. 2015. Analisis penggunaan media pada pendidikan gizi terhadap pengetahuan. sikap. dan praktik kebiasaan sarapan siswa sekolah dasar [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Fitriyanti, R., Sriprahastuti, B., & Cicih, L. H. M. 2021. Intervensi permainan monopoli dan diskusi gizi seimbang untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar di Kabupaten Bogor. Journal of Nutrition College, 10(3), 197-206

Fullerton, T. 2014. Game design workshop: a playcentric approach to creating innovative games. CRC press.

Harahap, P. R. 2018. Pengaruh Pemberian Penyuluhan Gizi Seimbang Melalui Media Pester Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perubahan Sikap Anak Sekolah Dasar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) Medan Senemba Kecamatan Tanjung Morawa. In Library Poltekkes Medan. Politeknik Kesehatan Medan.

Honggowidjaja, T. C. H. S. 2016. Perancangan Interior Creativity Place Dengan Edukasi Robotik, Scrapbook, Dan Puzzle Di Surabaya (Doctoral dissertation, Petra Christian University).

Irnani H, Sinaga T. 2019. Pengaruh pendidikan gizi terhadap pengetahuan, praktik gizi seimbang dan status gizi pada anak sekolah dasar. Media Gizi Pangan. 26(2):201.doi:10.32382/mgp.v26i2.1231.

Istiqomah H, Suyadi S. 2019. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad. 11(2):155 168.doi:10.20414/elmidad.v11i2.1900.

Kemenkes, 2023. Laporan Survei Kesehatan Indonesia 2023. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kesehatan.

Naqli, F. K., & Rizkiriani, A. 2024. Pengembangan Media Edukasi Gizi Nutriplay Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Tentang Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. Media Kesehatan Politeknik Kesehatan Makassar, 19(1), 134-143

Nurfadhillah, S., Ramadhanty Wahidah, A., Rahmah, G., Ramdhan, F., Claudia Maharani, S. 2021. Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. In edisi: Jurnal Edukasi dan Sains (Vol. 3,2).

Octaviani, P., Izhar, M. D., & Amir, A. 2018. Hubungan Pola Makan Dan Aktivitas Fisik Dengan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar Di SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 2(2), 56-66.

Sari, R. K., & Avianty, D. 2023. Pengembangan Media Ajar Berbasis Artificial Intelegence pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika.Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6 (1), 31- 42.

Suhartina, S., Halifah, S., & Frazila, A. F. 2024. Pengembangan Cerita Bergambar Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidayyah. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(2), 142-152.

Sukma Septiani BD, Nurmaningsih N, Nisa SH. 2021. Penyuluhan Gizi Seimbang Pada Ibu Balita Gizi Kurang Di Desa Beleke Kabupaten Lombok Barat. JPKM J. Pengabdi. Kesehat. Masy. 2(2): 192-199.doi:10.37905/jkpm.v2il.11377.

Syaparuddin, S., Meldinus, M., & Elihami, E. 2020. Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKn Peserta Didik Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30-41.

Wahid, A. 2018. Jurnal pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(2).

Downloads

Published

2025-11-25

How to Cite

Dianah, R., & Mutia, J. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA EDUKASI NUTRIGO BOARD GAME DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA ANAK SEKOLAH DASAR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 7708–7719. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51518