MUTU LAYANAN REKAM MEDIS TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK PANTI SWASTI
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51377Keywords:
kepuasan, mutu, pasien, rekam medisAbstract
Layanan rekam medis merupakan salah satu layanan minimal yang wajib disediakan oleh klinik untuk menunjang kualitas layanan kesehatan. Unit Rekam Medis berperan sebagai gerbang terdepan dalam layanan klinik, sehingga dapat menjadi salah satu indikator kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara mutu layanan rekam medis dengan kepuasan pasien rawat jalan. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan rancangan cross-sectional. Populasi penelitian adalah pasien di Klinik Panti Swasti, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diambil menggunakan non-probability sampling jenis purposive sampling berdasarkan rumus Slovin. Analisis data dilakukan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% responden menilai mutu layanan rekam medis dalam kategori cukup, sementara 82% responden menyatakan puas terhadap layanan rekam medis. Terdapat hubungan signifikan antara mutu layanan rekam medis dengan kepuasan pasien rawat jalan (p = 0,0001). Dimensi Empathy dan Responsiveness terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa perbaikan mutu layanan rekam medis yang berfokus pada kepuasan pasien memerlukan perbaikan sistem, prosedur, budaya pelayanan, serta peningkatan komunikasi interpersonal di kalangan petugas klinik.References
Christy, J. (2020). Mutu Pelayanan Petugas Rekam Medis Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum Ipi Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 5(2), 181–186. https://doi.org/10.52943/jipiki.v5i2.419
Hanifah, H. M., & Wahyuno, B. (2023). Analisis Deskriptif Kepuasan Perawat Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 5(8), 2755–2774.
Kurniawan, A. L., & Arini, M. (2024). Effectiveness and User Satisfaction of Electronic Medical Records in Indonesia Private Hospital. South Eastern European Journal of Public Health, XXV(1), 1128–1138. https://doi.org/10.70135/seejph.vi.2363
Lu, S. J., Kao, H. O., Chang, B. L., Gong, S. I., Liu, S. M., Ku, S. C., & Jerng, J. S. (2020). Identification of quality gaps in healthcare services using the SERVQUAL instrument and importance-performance analysis in medical intensive care: A prospective study at a medical center in Taiwan. BMC Health Services Research, 20(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12913-020-05764-8
Lubis, S. P. S., & Zebua, P. (2019). Analisis Mutu Layanan Unit Rekam Medis Berdasarkan Kepuasan Pelanggan Internal dengan Menggunakan Metode Service Quality dan Quality Function Deploymen di RSU IPI Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 5(1), 604–611.
Nguyen, N. X., Tran, K., & Nguyen, T. A. (2021). Impact of Service Quality on In-Patients’ Satisfaction, Perceived Value, and Customer Loyalty: A Mixed-Methods Study from a Developing Country. Patient Preference and Adherence, 15(1), 2523–2538. https://doi.org/10.2147/PPA.S333586
Prananda, Y., Lucitasari, D. R., & Abdul Khannan, M. S. (2019). Penerapan Metode Service Quality (Servqual) Untuk Peningkatan Kualitas Pelayanan Pelanggan. Opsi (Jurnal Optimasi Sistem Industri), 12(1), 1–11. https://doi.org/10.31315/opsi.v12i1.2827
Rahayu, S., & Nasrawati. (2024). Servqual Dalam Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna JKN di Puskesmas Karangrayung. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(1), 41–47.
Rosita, R., Rahmawati, N. T. P., & Sugiyanto, Z. (2022). Manajemen Mutu Sumber Daya Manusia Bidang Kesehatan Pada Unit Rekam Medis. Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (SiKesNas), 1, 50–58.
Wali, R. M., Alqahtani, R. M., Alharazi, S. K., Bukhari, S. A., & Quqandi, S. M. (2020). Patient Satisfaction with the Implementation of Electronic Medical Records in the Western Region, Saudi Arabia, 2018. BMC Family Practice, 21(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s12875-020-1099-0
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ni Ketut Swandewi, Luh Deayu Krisna Dewi, Putu Tara Judica Wahyudyasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







