PENGARUH MANAJEMEN STRATEGIS TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PASIEN DI RUMAH SAKIT : SYSTEMATIC REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.51086Keywords:
kualitas pelayanan pasien, manajemen strategis, rumah sakitAbstract
Manajemen strategis berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pasien, khususnya di sektor pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Penulisan artikel ini bertujuan untuk melakukan systematic review mengenai pengaruh manajemen strategis terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit. Artikel ini meninjau literatur yang relevan dari berbagai basis data internasional dan nasional untuk memahami komponen utama manajemen strategis, seperti menyelaraskan visi, misi, sumber daya, kemampuan dan kompetensi organisasi dengan tuntutan pasar, sehingga dapat mengoptimalkan efisiensi operasional, serta dampak dan pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit. Tujuan systematic review ini adalah untuk mempelajari pengaruh manajemen strategis terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit, disusun sesuai dengan panduan metodologi systematic review, pencarian melalui database yang dipilih yaitu PubMed dan Scopus, artikel yang diperoleh kemudian disaring sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi, kemudian dilakukan skrining fullteks egibilitas sehingga mendapatkan sejumlah artikel yang direview. Hasil systematic review menunjukkan bahwa manajemen strategis berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit. Studi ini menyoroti bahwa pentingnya manajemen strategis sebagai strategi kunci terhadap peningkatan kualitas pelayanan pasien di rumah sakit secara keseluruhan. Peningkatan kualitas pelayanan pasien di rumah sakit akan lebih optimal apabila ada peran manager dalam mendukung implementasi manajemen strategis seperti dukungan dalam bidang pendanaan, teknologi dan peningkatan kualitas pelayanan keperawatan kesehatan. Kualitas pelayanan pasien yang bagus dan positif mencerminkan pembangunan negara yang berkelanjutan.References
Manajemen strategis berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pasien, khususnya di sektor pelayanan kesehatan seperti rumah sakit. Penulisan artikel ini bertujuan untuk melakukan systematic review mengenai pengaruh manajemen strategis terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit. Artikel ini meninjau literatur yang relevan dari berbagai basis data internasional dan nasional untuk memahami komponen utama manajemen strategis, seperti menyelaraskan visi, misi, sumber daya, kemampuan dan kompetensi organisasi dengan tuntutan pasar, sehingga dapat mengoptimalkan efisiensi operasional, serta dampak dan pengaruhnya terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit. Tujuan systematic review ini adalah untuk mempelajari pengaruh manajemen strategis terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit, disusun sesuai dengan panduan metodologi systematic review, pencarian melalui database yang dipilih yaitu PubMed dan Scopus, artikel yang diperoleh kemudian disaring sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi, kemudian dilakukan skrining fullteks egibilitas sehingga mendapatkan sejumlah artikel yang direview. Hasil systematic review menunjukkan bahwa manajemen strategis berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan pasien di rumah sakit. Studi ini menyoroti bahwa pentingnya manajemen strategis sebagai strategi kunci terhadap peningkatan kualitas pelayanan pasien di rumah sakit secara keseluruhan. Peningkatan kualitas pelayanan pasien di rumah sakit akan lebih optimal apabila ada peran manager dalam mendukung implementasi manajemen strategis seperti dukungan dalam bidang pendanaan, teknologi dan peningkatan kualitas pelayanan keperawatan kesehatan. Kualitas pelayanan pasien yang bagus dan positif mencerminkan pembangunan negara yang berkelanjutan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meilisa Purnama Dewi, Setya Haksama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







