PELAKSANAAN OSCE PADA MAHASISWA KEDOKTERAN : TINJAUAN LITERATUR TERHADAP KECEMASAN, PERSEPSI DAN KEPUASAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.50138Keywords:
kecemasan, kepuasan, OSCE, persepsiAbstract
Pengembangan dan penerapan kurikulum dalam pendidikan kedokteran memerlukan evaluasi sebagai bagian penting dari proses penilaian yang melibatkan umpan balik dari tenaga pendidik dan peserta didik. Tujuan utama pendidikan kedokteran adalah menghasilkan lulusan yang kompeten, sehingga peningkatan kompetensi klinis mahasiswa secara tepat dan efisien menjadi hal yang esensial. Objective Structured Clinical Examination (OSCE) merupakan ujian klinis yang sering digunakan untuk menilai pengetahuan, kemampuan komunikasi dengan pasien, pemeriksaan fisik, analisis hasil pemeriksaan penunjang, serta kemampuan diagnosis mahasiswa kedokteran. OSCE berlangsung antara 5 hingga 30 menit dengan penilaian berdasarkan checklist yang telah disusun. Artikel ini bertujuan menyajikan tinjauan literatur mengenai pelaksanaan OSCE pada mahasiswa kedokteran, khususnya terkait kecemasan, persepsi, dan kepuasan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui studi literature review yang melibatkan penelusuran di ResearchGate, Google Scholar, dan Academia.edu. Sebanyak 10 studi dari tahun 2020 hingga 2025 yang memenuhi kriteria dianalisis dari total 244 judul yang diidentifikasi. Hasil tinjauan menunjukkan bahwa kecemasan merupakan respons emosional umum mahasiswa terhadap OSCE yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti efikasi diri dan faktor eksternal seperti format ujian serta interaksi dengan penguji. Persepsi positif mahasiswa terhadap OSCE, terutama dalam simulasi OSCE, mendukung penerapan ujian ini sebagai sarana peningkatan kesiapan dan pembelajaran klinis. Kepuasan mahasiswa terhadap OSCE umumnya berkaitan dengan dampak positif terhadap motivasi belajar dan pengembangan keterampilan klinis.References
Akbar, R. R., Nasir, R., Henky, J. (2023). Hubungan Tingkat Stres dengan Karakteristik Peserta OSCE UKMPPD di Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Scientific Journal.
Burke, M. P., Jones, S. J., Frongillo, E. A., Blake, C. E., & Fram, M. S. (2019). Parenting styles are associated with overall child dietary quality within low-income and food-insecure households. Public Health Nutrition, 22(15), 2835–2843.
Cono, E. G., Nahak, M. P. M., & Gatum, A. M. (2021). Hubungan riwayat penyakit infeksi dengan status gizi pada balita usia 12–59 bulan di Puskesmas Oepoi Kota Kupang. CHMK Health Journal, 5(1), 16–22.
Demissie, G. D., Yeshaw, Y., Aleminew, W., & Akalu, Y. (2021). Diarrhea and associated factors among under five children in sub-Saharan Africa: Evidence from demographic and health surveys of 34 sub-Saharan countries. PLOS ONE, 16(9), e0257522.
Dewan, P., Khalil, S., Gupta, P. (2024). Objective structured clinical examination for teaching and assessment: Evidence-based critique. Clinical Epidemiology and Global Health.
Dolot, J. F., Wungouw, H. I., Homenta, H. (2024). Persepsi Mahasiswa terhadap Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi 2023. e-CliniC.
Homaedi, R., Mafruhah, Yuliana, A. T. (2022). Profil Mahasiswa Dengan Tugas Ganda Kuliah Dan Bekerja. Shine : Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang standar antropometri anak. Kementerian Kesehatan RI.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2024). Profil kesehatan Indonesia 2023 [Internet]. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) dalam angka: Data akurat kebijakan tepat (pp. 1–203). Kementerian Kesehatan RI.
Kobus, H. K. K. I. (2023). Hubungan pengetahuan ibu dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Ampana Barat Kecamatan Ampana Kota Kabupaten Tojo Una-Una. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat IJ (Indonesia Jaya), 47–52.
Limoy, M. K. I. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Puskesmas Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya tahun 2019. Jurnal Kebidanan, 9(2), 385–393.
Mutmainnah, Rachman, M. E., Wahyu, S. dkk. (2023). Hubungan OSCE Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2020. Fakumi Medical Journal: Jurnal Mahasiswa Kedokteran.
Pramitha, R., Astuti, Y. D. (2021). Hubungan Kesejahteraan Psikologis dengan Kesepian Mahasiswa yang Merantau di Yogyakarta. Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH).
Ruben, S. D. (2023). Student Satisfaction In Objective Structured Clinical Examination (OSCE) At Nursing Students In Wamena. Jurnal eduhealth.
Sanaba, M. K., Rahmah, N. A., Arifandi, F. (2022). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kelulusan Osce pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Angkatan 2019 dan 2020, dan Tinjauannya Menurut Islam. Junior Medical Journal.
Sari, D. P., Nugroho, H., Iskandar, A. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman Sebelum Menghadapi OSCE. Jurnal Sains dan Kesehatan.
Switi, P. A., Ningrum, R. K., Pariartha. I. M. (2024). Hubungan antara Indeks Prestasi Kumulatif dan Nilai OSCE Komprehensif Mahasiswa. e-Journal AMJ (Aesculapius Medical Journal).
Wiratmo, P. A., Dewi, N. A., & Oktaviani, O. (2022). Pola asuh ibu terhadap kejadian diare pada anak balita. Proceeding 4th Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 2(2), 33–39.
Zakiya, F., Wijayanti, I. T., & Irnawati, Y. (2022). Status gizi serta hubungannya dengan kejadian diare pada anak. Public Health and Safety International Journal, 2(1), 66–74.
Zulkarnain, Z., Amiruddin, A., Kusaeri, K., & Rusydiyah, E. F. (2023). Analisis komparasi pola pengasuhan anak di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6399–6414.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 A.Nabila Nurinayah, Darariani Iskandar, Rahmawati Rahmawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







