PELAKSANAAN SIMULATION BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Ummy Rezqiyah Auliyah Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Shulhana Mokhtar Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Windy Nurul Aisyah Medical Education Unit, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.49806

Keywords:

keterampilan klinis mahasiswa program profesi, simulation based learning

Abstract

Simulation Based Learning (SBL) berasal dari kata simulate yang berarti menirukan atau meniru. Menurut Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, simulate diartikan sebagai tindakan meniru atau membuat tiruan. Metode ini dapat diartikan sebagai penyajian pengalaman belajar melalui situasi yang disimulasikan agar lebih memahami tentang konsep, prinsip, maupun kemampuan tertentu. Metode Simulation Based Learning (SBL) terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan. Penelitian menunjukkan bahwa SBL dapat meningkatkan pemahaman, kepercayaan diri, dan keterampilan mahasiswa, terutama dalam konteks program studi profesi dokter. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan literatur tentang pelaksanaan Simulation Based Learning dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa program profesi melalui literatur review. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi literature review. Penelusuran dilakukan melalui ResearchGate, Google Scholar, dan Academia.edu, mengulas pelaksanaan Simulation Based Learning dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa program profesi. Sebanyak 10 studi yang dilakukan antara tahun 2020-2024 dimasukkan dalam tinjauan ini. Secara keseluruhan, dari 212 judul yang diidentifikasi, ditemukan 10 studi yang memenuhi kriteria dan membahas tentang pelaksanaan Simulation Based Learning dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa program profesi. Kesimpulannya, simulation-based learning merupakan cara efektif untuk meningkatkan berbagai aspek kompetensi dan kinerja, termasuk keterampilan klinis, pengambilan keputusan, kemampuan berkomunikasi, dan keselamatan pasien.

References

Ain, F. N., Rahmah, N. A. dkk. (2023). Hubungan Pembelajaran Keterampilan Klinis Secara Online Dengan Kelulusan OSCE Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Serta Tinjauan Islam. Junior Medical Journal.

Amin, A., Novriyana, Y. (2024). Simulation-Based Learning Innovation To Create Effective Learning In Fiqh Subjects. Medina-Te : Journal of Islamic Studies.

Binsuwaidan, R., Altwaijry, N. A., Ibrahim, A. A. et al. (2025). Insights into simulation-based learning: student and faculty experiences in a PharmD program in Saudi Arabia. BMC Medical Education.

Hidayah, N., Surdam, Z., Karsa, N. S. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Clinical Skills Lab Di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2017. Indonesian Journal of Health.

Humaryanto, Miftahurrahmah, Justitia, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Simulasi Triage Kegawatdaruratan Trauma. E-Sehad.

Jallad, S. T. (2025). Effectiveness of Simulation-Based Education on Educational Practices of Communication Skills, Satisfaction, and Self-Confidence Among Undergraduate Nursing Students. Creative Nursing.

Jasmin, F., Salsabila, L.., Tjandra, W. (2025). Simulation and Game-Based Learning sebagai Strategi Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi.

Khairunisa, A., Gressia, R. G. (2024). Pengalaman dosen dalam penggunaan simulasi sebagai metode pembelajaran di Akademi Keperawatan Ibnu Sina. Jurnal Sago Gizi dan Kesehatan.

Koukourikos, K., Tsaloglidou, A., Kourkouta, L. et al. (2021). Simulation in Clinical Nursing Education. Acta Informatica Medica.

Manuaba, I. B., Dewi, N. G., Prabawa, I. B. et al.(2020). Simulation-based learning compared with conventional methods in procedural skill. Indonesia Journal of Biomedical Science (IJBS).

Nurlaili, I., Quthny, A. Y., Hamdiah, M. (2025). Efektivitas Penggunaan Metode Simulation Based Learning terhadap Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa.

Sahoo, S., Singh, S., Jyothi, R. (2022). The Integration of Simulation-Based Learning in Healthcare Education: Outcomes and Challenges. Health Leadership and Quality of Life.

Sivanjali, M. (2024). The Effectiveness of Simulation-based Learning in Clinical Education. Batticaloa Medical Journal.

Suhoyo, Y., Dibyasakti, B. A., Rahayu, G. R. (2013). Tingkat Pelaksanaan Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Pembelajaran Konstruktif, Mandiri, Kolaboratif, dan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia.

Tambunan, A. A., Utami, R. Y. (2023). Hubungan Keterampilan Klinis dan Kesiapan Praktik Lulusan Dokter Fakultas Kedokteran UMSU. Jurnal Implement Husada.

Yousef, H. H., Abdalla, A. A., Alhazmi, W. A. et al. (2020). Simulation-Based Learning In Nursing Education: Enhancing Clinical Skills And Critical Thinking. The Seybold Report

Downloads

Published

2025-10-10

How to Cite

Auliyah, U. R., Mokhtar, S., & Aisyah, W. N. (2025). PELAKSANAAN SIMULATION BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER : LITERATURE REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(3), 7141–7149. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.49806