PELAKSANAAN SIMULATION BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KLINIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER : LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i3.49806Keywords:
keterampilan klinis mahasiswa program profesi, simulation based learningAbstract
Simulation Based Learning (SBL) berasal dari kata simulate yang berarti menirukan atau meniru. Menurut Kamus Bahasa Inggris-Indonesia, simulate diartikan sebagai tindakan meniru atau membuat tiruan. Metode ini dapat diartikan sebagai penyajian pengalaman belajar melalui situasi yang disimulasikan agar lebih memahami tentang konsep, prinsip, maupun kemampuan tertentu. Metode Simulation Based Learning (SBL) terbukti efektif dalam meningkatkan pembelajaran keterampilan. Penelitian menunjukkan bahwa SBL dapat meningkatkan pemahaman, kepercayaan diri, dan keterampilan mahasiswa, terutama dalam konteks program studi profesi dokter. Artikel ini bertujuan untuk menyajikan tinjauan literatur tentang pelaksanaan Simulation Based Learning dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa program profesi melalui literatur review. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif studi literature review. Penelusuran dilakukan melalui ResearchGate, Google Scholar, dan Academia.edu, mengulas pelaksanaan Simulation Based Learning dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa program profesi. Sebanyak 10 studi yang dilakukan antara tahun 2020-2024 dimasukkan dalam tinjauan ini. Secara keseluruhan, dari 212 judul yang diidentifikasi, ditemukan 10 studi yang memenuhi kriteria dan membahas tentang pelaksanaan Simulation Based Learning dalam meningkatkan keterampilan klinis mahasiswa program profesi. Kesimpulannya, simulation-based learning merupakan cara efektif untuk meningkatkan berbagai aspek kompetensi dan kinerja, termasuk keterampilan klinis, pengambilan keputusan, kemampuan berkomunikasi, dan keselamatan pasien.References
Ain, F. N., Rahmah, N. A. dkk. (2023). Hubungan Pembelajaran Keterampilan Klinis Secara Online Dengan Kelulusan OSCE Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Serta Tinjauan Islam. Junior Medical Journal.
Amin, A., Novriyana, Y. (2024). Simulation-Based Learning Innovation To Create Effective Learning In Fiqh Subjects. Medina-Te : Journal of Islamic Studies.
Binsuwaidan, R., Altwaijry, N. A., Ibrahim, A. A. et al. (2025). Insights into simulation-based learning: student and faculty experiences in a PharmD program in Saudi Arabia. BMC Medical Education.
Hidayah, N., Surdam, Z., Karsa, N. S. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Clinical Skills Lab Di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia Angkatan 2017. Indonesian Journal of Health.
Humaryanto, Miftahurrahmah, Justitia, B. (2021). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Simulasi Triage Kegawatdaruratan Trauma. E-Sehad.
Jallad, S. T. (2025). Effectiveness of Simulation-Based Education on Educational Practices of Communication Skills, Satisfaction, and Self-Confidence Among Undergraduate Nursing Students. Creative Nursing.
Jasmin, F., Salsabila, L.., Tjandra, W. (2025). Simulation and Game-Based Learning sebagai Strategi Pembentukan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi.
Khairunisa, A., Gressia, R. G. (2024). Pengalaman dosen dalam penggunaan simulasi sebagai metode pembelajaran di Akademi Keperawatan Ibnu Sina. Jurnal Sago Gizi dan Kesehatan.
Koukourikos, K., Tsaloglidou, A., Kourkouta, L. et al. (2021). Simulation in Clinical Nursing Education. Acta Informatica Medica.
Manuaba, I. B., Dewi, N. G., Prabawa, I. B. et al.(2020). Simulation-based learning compared with conventional methods in procedural skill. Indonesia Journal of Biomedical Science (IJBS).
Nurlaili, I., Quthny, A. Y., Hamdiah, M. (2025). Efektivitas Penggunaan Metode Simulation Based Learning terhadap Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan Bahasa.
Sahoo, S., Singh, S., Jyothi, R. (2022). The Integration of Simulation-Based Learning in Healthcare Education: Outcomes and Challenges. Health Leadership and Quality of Life.
Sivanjali, M. (2024). The Effectiveness of Simulation-based Learning in Clinical Education. Batticaloa Medical Journal.
Suhoyo, Y., Dibyasakti, B. A., Rahayu, G. R. (2013). Tingkat Pelaksanaan Problem-Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Berdasarkan Pembelajaran Konstruktif, Mandiri, Kolaboratif, dan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia.
Tambunan, A. A., Utami, R. Y. (2023). Hubungan Keterampilan Klinis dan Kesiapan Praktik Lulusan Dokter Fakultas Kedokteran UMSU. Jurnal Implement Husada.
Yousef, H. H., Abdalla, A. A., Alhazmi, W. A. et al. (2020). Simulation-Based Learning In Nursing Education: Enhancing Clinical Skills And Critical Thinking. The Seybold Report
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ummy Rezqiyah Auliyah, Shulhana Mokhtar, Windy Nurul Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







