HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATINOM KLATEN

Authors

  • Anggun Dyah Febrian Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan,Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anisa Catur Wijayanti Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan,Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48955

Keywords:

dukungan sosial, stres akademik

Abstract

Siswa mengalami tekanan dalam suatu situasi berujung pada stres akademik yang menyebabkan perilaku, emosi positif, dan reaksi tubuh siswa akibat dorongan belajar. Stres akademis siswa akan mengalami masalah perilaku dan psikologis, kecemasan berlebihan, dan gangguan psikosomatis selain kelelahan mental dan keputusasaan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dibutuhkan dukungan sosial baik guru, siswa maupun teman. Metode observasional analitik diterapkan dalam riset ini dengan memanfaatkan pendekatan kuantitatif serta desain cross-sectional. Sejumlah 256 siswa menjadi populasi pada riset dengan sampel yang diambil yakni terdiri dari 111 siswa. Rumus lameshow dimanfaatkan dalam riset guna menghitung sampel dengan teknik dalam mengambil sampelnya menggunakan Simple Random Sampling.  Dukungan sosial serta stress akademik menjadi dua buah variable dalam riset. Kuesioner dimanfaatkan untuk mengumpulkan data sedangkan teknik univariat dan bivariat (Chi-square) dimanfaatkan untuk menganalisis data. Dan dari hasil riset diperoleh adanya korelasi negative antara dukungan sosial dengan stres akademik (p-value 0,0001). Dukungan sosial yang tinggi akan berpengaruh terhadap menurunnya stress akademik terbukti. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi siswa, guru dan orang tuan untuk memberikan dukungan semaksimal mungkin untuk membantuk dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi siswa khususnya akademik.

References

Acoba, E.F. (2024) “Social support and mental health: the mediating role of perceived stress,” Frontiers in Psychology, 15(February), hal. 1–12. Tersedia pada: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1330720.

Agustina, L. dan Wisnumurti, A. (2019) “Dukungan Sosial Dan Motivasi Belajar Siswa Sma Masehi 2 Psak Semarang,” Personifikasi, 10(1), hal. 28–42.

Aprilyanti, Y. dan Raihanah, P.A. (2020) “Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Tingkat Stres Akademik Mahasiswa UMS,” Naskah Publikasi Universitas Muhaammadiyah Surakarta, hal. 1–23.

Barseli, M. et al. (2020) “733-1870-1-Pb,” 5(2), hal. 95–99.

Cui, Y. (2020) “Gratitude and Subjective Well-being: The Multiple Mediation of Social Support and Hope,” ACM International Conference Proceeding Series, hal. 48–52. Tersedia pada: https://doi.org/10.1145/3399971.3399983.

Deegan, A. dan Dunne, S. (2022) “An investigation into the relationship between social support, stress, and psychological well-being in farmers,” Journal of Community Psychology, 50(7), hal. 3054–3069. Tersedia pada: https://doi.org/10.1002/jcop.22814.

Ellis, R. et al. (2023) “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa,” PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 11(1), hal. 102–110. Tersedia pada: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1page102-110.

Fadliah, N.A. et al. (2022) “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Polewali,” Pinisi Journal Of Education, hal. 1–7.

Fauziyah, N.F. dan Aretha, K.N. (2021) “Hubungan Kecemasan, Depresi Dan Stres Dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Fakultas Kedokteran Selama Pandemi Covid-19,” Herb-Medicine Journal, 4(2), hal. 42. Tersedia pada: https://doi.org/10.30595/hmj.v4i2.10064.

Firdiansyah, M.R. (2020) “Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Stress Akademik Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Surakarta,” Naskah Publikasi Universitas Muhaammadiyah Surakarta [Preprint].

Firnanda, G. dan Ibrahim, Y. (2020) “Peer Social Support Relations with Student Academic Stress,” Jurnal Neo Konseling, 2(3), hal. 1–6. Tersedia pada: https://doi.org/10.24036/00300kons2020.

Jannah, S.M. dan Widodo, B.P. (2020) “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Covid-19,” Jurnal Empati, 19(2020), hal. 255–259.

Kautsarani, D.F. dan Pratisti, W.D. (2023) “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Mahasiswa,” Naskah Publikasi Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal. 1–19.

Maulana, M.I. dan Lestari, R. (2021) “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Di Masa New Normal,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal. 6.

Panjaitan, S. et al. (2018) “Kerusso , volume 3 number 1 maret 2018 hubungan antara dukungan keluarga inti dengan prokrastinasi akademik mahasiswa 1),” Hubungan Antara Dukungan Keluarga Inti dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa, 3(1), hal. 24–31.

Putri, S.A. et al. (2021) “Dengan Prestasi Mahasiswa Fk Ums Selama,” Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten HUBUNGAN, hal. 158–165.

Robinson, S. dan Weiss, J.A. (2020) “Examining the relationship between social support and stress for parents of individuals with autism,” Research in Autism Spectrum Disorders, 74(March), hal. 101557. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.rasd.2020.101557.

Rumbrar, D.M. (2022) “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Papua Program PKP3N Di Universitas Kristen Satya Wacana,” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(3), hal. 446–451. Tersedia pada: https://doi.org/10.23887/jibk.v12i3.40878.

Safitri, R. (2023) “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Kisaran -SKRIPSI,” hal. 1–68.

Saputro, A.A. (2024) “Korelasi Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas PGRI Jombang di Masa Pandemi,” Journal of S.P.O.R.T, 8(1), hal. 178–202.

Sarafino, E.P. dan Smith, T.W. (2019) Health Psychology: Biopsychosocial Interactions.

Subrata, D.D.J. (2023) “Arsitektur Sebagai Penyedia Ruang Ketahananan Mental Karena Stres Akademik Di Lingkungan Kampus Ums,” Seminar Ilmiah Arsitektur, hal. 956–964.

Wardhani, D.I.K. dan Panduwinata, L.F. (2024) “Pengaruh Self-Disclosure dan Dukungan Sosial terhadap Stres Akademik Mahasiswa Tingkat Akhir,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), hal. 3220–3232. Tersedia pada: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7186.

Wibowo, A.T. dan Wijayanti, A.C. (2023) “Hubungan Kecanduan Smartphone dan prestasi akademik dengan tingkat stres pada siswa SMA Batik 1 Surakarta dalam menghadapi masa transisi pandemi menuju endemi covid-19,” Innovative: Journal Of Social Science …, 3, hal. 4004–4012.

Yan, T. et al. (2022) “Direct, Indirect, and Buffering Effect of Social Support on Parental Involvement Among Chinese Parents of Children with Autism Spectrum Disorders,” Journal of Autism and Developmental Disorders, 52(7), hal. 2911–2923. Tersedia pada: https://doi.org/10.1007/s10803-021-05170-x.

Downloads

Published

2025-08-21

How to Cite

Febrian, A. D., & Wijayanti , A. C. (2025). HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATINOM KLATEN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4873–4880. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48955