PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRES DAN ADAPTASI MELALUI SURVEI INTERAKTIF MENTIMETER
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48505Keywords:
Stres, Adaptasi, kemampuan koping, mahasiswa, kesehatan mentalAbstract
Stres menjadi salah satu tantangan bagi mahasiswa. Kondisi ini terjadi karena mahasiswa berada pada masa transisi remaja menuju dewasa awal yang disertai berbagai tuntutan akademik, sosial, dan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa tentang stres, adaptasi dan strategi mengelola stres yang digunakan melalui Mentimeter. Mentimeter merupakan platform digital interaktif yang memungkinkan partisipan menjawab pertanyaan secara real-time dan anonim. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survei. Peneliti mengumpulkan data dari 65 mahasiswa melalui empat pertanyaan terbuka. Peneliti menganalisis data dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola makna yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan pernah mengalami stres, dengan mayoritas menyatakan sering mengalaminya. Pandangan mahasiswa tentang stres mencakup tekanan pikiran, emosi, ketidakseimbangan mental, respons terhadap tantangan, serta kesadaran akan dampak kesehatan. Pemahaman tentang adaptasi tercermin melalui kemampuan menyesuaikan diri, menempatkan diri secara sosial, serta kesiapan mental dan emosional. Strategi mengatasi stres yang digunakan mahasiswa beragam, mulai dari pendekatan emosional dan religius, aktivitas relaksasi, aktivitas sosial, dan kegiatan fisik serta alam. Jadi, hasil penelitian ini menegaskan bahwa mahasiswa merupakan kelompok yang tidak hanya rentan terhadap stres, tetapi juga memiliki beragam strategi dalam mengelola stres tersebut. Selain itu, penggunaan Mentimeter terbukti efektif dalam memfasilitasi pengumpulan data yang reflektif, terbuka, dan anonim. Hasil studi ini dapat menjadi dasar penting dalam merancang intervensi promotif dan preventif seperti penguatan program dukungan sebaya, konseling, peningkatan resiliensi, serta integrasi nilai spiritual dan teknologi digital dalam pengelolaan stres di lingkungan pendidikan tinggi.References
Akhtar, M., & Kröner-Herwig, B. (2015). Coping styles and socio-demographic variables as predictors of psychological well-being among international students. Journal of Psychology, 149(5), 547–567. https://doi.org/10.1080/00223980.2014.920979
Anggraini, E. (2015). Strategi regulasi emosi dan perilaku koping religius narapidana wanita dalam masa pembinaan Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas II A Bulu Semarang. Jurnal Theologia, 26(2).
Annisa, R. (2025). Stres akademik mahasiswa keperawatan dan implikasinya dalam pembelajaran klinis. Jurnal Keperawatan Jiwa Indonesia, 10(1), 22–30.
Ardila, R. (2023). Dampak stres akademik terhadap kualitas tidur mahasiswa selama pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Terapan, 11(2), 88–96. https://doi.org/10.24821/jpt.v11i2.5678
Bening Mutiara, N., Finky Lestary, C., & Tiara Umardi, Q. (2023). Tren Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa di Indonesia. Journal of Society Counseling, 1(2). https://journal.scidacplus.com/index.php/josc
Dahlstrand, J., Friberg, P., Fridolfsson, J., Börjesson, M., Arvidsson, D., Ekblom, Ö., & Chen, Y. (2021). The use of coping strategies “shift-persist” mediates associations between physical activity and mental health problems in adolescents: a cross-sectional study. BMC Public Health, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12889-021-11158-0
Febriana, A., Olsi Rahmi, Y., Sa, H., Ayu Lestari, adah, Studi Keperawatan, P., & Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, F. (2025). Pembelajaran Interaktif dengan Mentimeter pada Mahasiswa Keperawatan: Kajian Kemanfaatan dan Determinan Sosial Ekosistem Lahan Basah. SEHATRAKYAT (Jurnal Kesehatan Masyarakat), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v4i2.4279
Fitriani, A., & Syaifullah. (2024). Peningkatan Kesadaran Kesehatan Mental pada Remaja Melalui Promosi Kesehatan Mental. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2).
Gallagher, K. M., Jones, T. R., Landrosh, N. V., Abraham, S. P., & Gillum, D. R. (2019). College Students’ Perceptions of Stress and Coping Mechanisms. Journal of Education and Development, 3(2), 25. https://doi.org/10.20849/jed.v3i2.600
Hill, L. (2020). Mentimeter: A Tool for Actively Engaging Large Lecture Cohorts . Academy of Management Learning & Education, 19(2), 256–258. https://doi.org/10.5465/amle.2019.0129
Husodo, B. T., Amelia, F. D. T., & Handayani, N. (2021). Strategi Coping Stress Melalui Media Sosial pada Remaja di Kota Semarang. MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA, 20(5), 327–333. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.5.327-333
Jafari, E., Dehshiri, G. R., Eskandari, H., Najafi, M., Heshmati, R., & Hoseinifar, J. (2010). Spiritual well-being and mental health in university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 1477–1481. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.311
Kartika Sari, M., Arik Susmiatin, E., Studi Sarjana Keperawatan, P., & Karya Husada Kediri, S. (2023). Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram Deteksi Dini Kesehatan Mental Emosional pada Mahasiswa: Vol. XIII (Issue 1). http://journal.stikesyarsimataram.ac.id/index.php/jik
Khan, M. (2025). Mentimeter Tool for Enhancing Student Engagement and Active Learning: A Literature Review. International Journal of Changes in Education. https://doi.org/10.47852/bonviewIJCE52023801
Lutin, E., De Raedt, W., Steyaert, J., Van Hoof, C., & Evers, K. (2023). Exploring the perception of stress in childhood and early adolescence. Journal of Experimental Child Psychology, 228. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2022.105604
Maqsood, A., Gul, S., Noureen, N., & Yaswi, A. (2024). Dynamics of Perceived Stress, Stress Appraisal, and Coping Strategies in an Evolving Educational Landscape. Behavioral Sciences, 14(7). https://doi.org/10.3390/bs14070532
Nurul Fikri, R., Safytra, F., Nabila, I., Fathoni, M., Latifah, L., Ulfa Ali, M., & Islam Negeri Raden Fatah Palembang, U. (2024). Terapi Salat Dhuha Dalam Mengatasi Stres Pada Mahasiswa (Vol. 3). http://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/index
Pinarbasi, G. (2023). International Students’ Sociocultural Adaptation Experiences: Their Perceived Stress and Coping Strategies. International Academic Social Resources Journal, 8(55), 4059–4080. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29228/ASRJOURNAL.72819
Rahmadika Akbar, R. (2018). Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Pembelajaran dan Tingkat Stres. https://www.researchgate.net/publication/333419229
Restrepo, J. E., Cardona, E. Y. B., Montoya, G. P. C., Cassaretto, M., & Vilela, P. (2023). Academic stress and adaptation to university life: mediation of cognitive-emotional regulation and social support. Anales de Psicologia, 39(1), 62–71. https://doi.org/10.6018/analesps.472201
Robaeni, T. P., Hadisiwi, P., & Hafiar, H. (2022). Pengemasan Kegiatan Sebagai Upaya Promosi Kesehatan Mental Dalam Program Switch-Up. ETTISAL : Journal of Communication, 7(1), 17. https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i1.8040
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tsuwaibatul Islamiyah, Mutia Rahmah, Dhian Rinrin Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







