PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRES DAN ADAPTASI MELALUI SURVEI INTERAKTIF MENTIMETER

Authors

  • Tsuwaibatul Islamiyah Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarbaru, Indonesia
  • Mutia Rahmah Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarbaru, Indonesia
  • Dhian Rinrin Lestari Program Studi Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48505

Keywords:

Stres, Adaptasi, kemampuan koping, mahasiswa, kesehatan mental

Abstract

Stres menjadi salah satu tantangan bagi mahasiswa. Kondisi ini terjadi karena mahasiswa berada pada masa transisi remaja menuju dewasa awal yang disertai berbagai tuntutan akademik, sosial, dan pribadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa tentang stres, adaptasi dan strategi mengelola stres yang digunakan melalui Mentimeter. Mentimeter merupakan platform digital interaktif yang memungkinkan partisipan menjawab pertanyaan secara real-time dan anonim. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode survei. Peneliti mengumpulkan data dari 65 mahasiswa melalui empat pertanyaan terbuka. Peneliti menganalisis data dengan teknik analisis tematik untuk mengidentifikasi pola makna yang muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh partisipan pernah mengalami stres, dengan mayoritas menyatakan sering mengalaminya. Pandangan mahasiswa tentang stres mencakup tekanan pikiran, emosi, ketidakseimbangan mental, respons terhadap tantangan, serta kesadaran akan dampak kesehatan. Pemahaman tentang adaptasi tercermin melalui kemampuan menyesuaikan diri, menempatkan diri secara sosial, serta kesiapan mental dan emosional. Strategi mengatasi stres  yang digunakan mahasiswa beragam, mulai dari pendekatan emosional dan religius, aktivitas relaksasi, aktivitas sosial, dan kegiatan fisik serta alam. Jadi, hasil penelitian ini menegaskan bahwa mahasiswa merupakan kelompok yang tidak hanya rentan terhadap stres, tetapi juga memiliki beragam strategi dalam mengelola stres tersebut. Selain itu, penggunaan Mentimeter terbukti efektif dalam memfasilitasi pengumpulan data yang reflektif, terbuka, dan anonim. Hasil studi ini dapat menjadi dasar penting dalam merancang intervensi promotif dan preventif seperti penguatan program dukungan sebaya, konseling, peningkatan resiliensi, serta integrasi nilai spiritual dan teknologi digital dalam pengelolaan stres di lingkungan pendidikan tinggi.

References

Akhtar, M., & Kröner-Herwig, B. (2015). Coping styles and socio-demographic variables as predictors of psychological well-being among international students. Journal of Psychology, 149(5), 547–567. https://doi.org/10.1080/00223980.2014.920979

Anggraini, E. (2015). Strategi regulasi emosi dan perilaku koping religius narapidana wanita dalam masa pembinaan Studi Kasus: Lembaga Pemasyarakatan Wanita Klas II A Bulu Semarang. Jurnal Theologia, 26(2).

Annisa, R. (2025). Stres akademik mahasiswa keperawatan dan implikasinya dalam pembelajaran klinis. Jurnal Keperawatan Jiwa Indonesia, 10(1), 22–30.

Ardila, R. (2023). Dampak stres akademik terhadap kualitas tidur mahasiswa selama pembelajaran daring. Jurnal Psikologi Terapan, 11(2), 88–96. https://doi.org/10.24821/jpt.v11i2.5678

Bening Mutiara, N., Finky Lestary, C., & Tiara Umardi, Q. (2023). Tren Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa di Indonesia. Journal of Society Counseling, 1(2). https://journal.scidacplus.com/index.php/josc

Dahlstrand, J., Friberg, P., Fridolfsson, J., Börjesson, M., Arvidsson, D., Ekblom, Ö., & Chen, Y. (2021). The use of coping strategies “shift-persist” mediates associations between physical activity and mental health problems in adolescents: a cross-sectional study. BMC Public Health, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12889-021-11158-0

Febriana, A., Olsi Rahmi, Y., Sa, H., Ayu Lestari, adah, Studi Keperawatan, P., & Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, F. (2025). Pembelajaran Interaktif dengan Mentimeter pada Mahasiswa Keperawatan: Kajian Kemanfaatan dan Determinan Sosial Ekosistem Lahan Basah. SEHATRAKYAT (Jurnal Kesehatan Masyarakat), 4(2), 137–146. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v4i2.4279

Fitriani, A., & Syaifullah. (2024). Peningkatan Kesadaran Kesehatan Mental pada Remaja Melalui Promosi Kesehatan Mental. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 3(2).

Gallagher, K. M., Jones, T. R., Landrosh, N. V., Abraham, S. P., & Gillum, D. R. (2019). College Students’ Perceptions of Stress and Coping Mechanisms. Journal of Education and Development, 3(2), 25. https://doi.org/10.20849/jed.v3i2.600

Hill, L. (2020). Mentimeter: A Tool for Actively Engaging Large Lecture Cohorts . Academy of Management Learning & Education, 19(2), 256–258. https://doi.org/10.5465/amle.2019.0129

Husodo, B. T., Amelia, F. D. T., & Handayani, N. (2021). Strategi Coping Stress Melalui Media Sosial pada Remaja di Kota Semarang. MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA, 20(5), 327–333. https://doi.org/10.14710/mkmi.20.5.327-333

Jafari, E., Dehshiri, G. R., Eskandari, H., Najafi, M., Heshmati, R., & Hoseinifar, J. (2010). Spiritual well-being and mental health in university students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 5, 1477–1481. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.07.311

Kartika Sari, M., Arik Susmiatin, E., Studi Sarjana Keperawatan, P., & Karya Husada Kediri, S. (2023). Jurnal Ilmiah STIKES Yarsi Mataram Deteksi Dini Kesehatan Mental Emosional pada Mahasiswa: Vol. XIII (Issue 1). http://journal.stikesyarsimataram.ac.id/index.php/jik

Khan, M. (2025). Mentimeter Tool for Enhancing Student Engagement and Active Learning: A Literature Review. International Journal of Changes in Education. https://doi.org/10.47852/bonviewIJCE52023801

Lutin, E., De Raedt, W., Steyaert, J., Van Hoof, C., & Evers, K. (2023). Exploring the perception of stress in childhood and early adolescence. Journal of Experimental Child Psychology, 228. https://doi.org/10.1016/j.jecp.2022.105604

Maqsood, A., Gul, S., Noureen, N., & Yaswi, A. (2024). Dynamics of Perceived Stress, Stress Appraisal, and Coping Strategies in an Evolving Educational Landscape. Behavioral Sciences, 14(7). https://doi.org/10.3390/bs14070532

Nurul Fikri, R., Safytra, F., Nabila, I., Fathoni, M., Latifah, L., Ulfa Ali, M., & Islam Negeri Raden Fatah Palembang, U. (2024). Terapi Salat Dhuha Dalam Mengatasi Stres Pada Mahasiswa (Vol. 3). http://proceedings.dokicti.org/index.php/CPBS/index

Pinarbasi, G. (2023). International Students’ Sociocultural Adaptation Experiences: Their Perceived Stress and Coping Strategies. International Academic Social Resources Journal, 8(55), 4059–4080. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29228/ASRJOURNAL.72819

Rahmadika Akbar, R. (2018). Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Pembelajaran dan Tingkat Stres. https://www.researchgate.net/publication/333419229

Restrepo, J. E., Cardona, E. Y. B., Montoya, G. P. C., Cassaretto, M., & Vilela, P. (2023). Academic stress and adaptation to university life: mediation of cognitive-emotional regulation and social support. Anales de Psicologia, 39(1), 62–71. https://doi.org/10.6018/analesps.472201

Robaeni, T. P., Hadisiwi, P., & Hafiar, H. (2022). Pengemasan Kegiatan Sebagai Upaya Promosi Kesehatan Mental Dalam Program Switch-Up. ETTISAL : Journal of Communication, 7(1), 17. https://doi.org/10.21111/ejoc.v7i1.8040

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Islamiyah, T., Rahmah, M., & Lestari, D. R. (2025). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP STRES DAN ADAPTASI MELALUI SURVEI INTERAKTIF MENTIMETER. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 6545–6554. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48505