HUBUNGAN KETEPATAN WAKTU DISTRIBUSI MAKANAN DENGAN KEPUASAN MAKAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMADIYAH SUKOHARJO

Authors

  • Adhwa Aulia Hanif Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dwi Sarbini Program Studi Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Afifah Zakiyatul Aulia , Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48444

Keywords:

distribusi makanan, kepuasan pasien, ketepatan waktu, pelayanan gizi

Abstract

Pelayanan gizi rumah sakit merupakan aspek penting dalam mendukung pemulihan pasien. Salah satu indikator kualitas pelayanan gizi adalah ketepatan waktu distribusi makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara ketepatan waktu distribusi makanan dengan kepuasan makan pasien di RS PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif observasional. Sampel berjumlah 54 pasien rawat inap yang dipilih secara purposive dengan kriteria inklusi tertentu. Data dikumpulkan melalui observasi waktu distribusi makanan dan kuesioner kepuasan makan pasien yang mencakup aspek rasa, tampilan, suhu, tekstur, dan variasi menu. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-square. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar distribusi makanan tepat waktu (55,6%) dan mayoritas pasien merasa puas (88,9%) serta sangat puas (11,1%) terhadap makanan yang disajikan. Namun, hasil uji statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara ketepatan waktu distribusi makanan dengan kepuasan makan pasien (p = 0,146). Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ketepatan waktu penting dalam sistem pelayanan gizi rumah sakit, kepuasan pasien lebih dipengaruhi oleh faktor lain seperti cita rasa dan porsi makanan. Rumah sakit tetap disarankan untuk mempertahankan standar waktu distribusi demi menjaga kualitas dan efektivitas terapi gizi.

References

Akila, L. W., Chandra Dewi, A., Sofiyatin, R., Luh Suranadi, D., Gizi, J., Kemenkes Mataram, P., Jl Praburangkasari Dasan Cermen, I., & Kota Mataram, S. (2020). Pengaruh Suhu Makanan Terhadap Daya Terima Makanan di Rumah Sakit. Frime Nutrition Journal), 5(2), 119–124.

Citraningtyas, G., Jayanto, I., Nangaro, J., & Nangaro, A. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS X Tahuna. Jurnal Manajemen Dan Pelayanan Farmasi (Journal of Management and Pharmacy Practice), 10(1), 14. https://doi.org/10.22146/jmpf.45917

Dall’Oglio, I., Nicolò, R., Di Ciommo, V., Bianchi, N., Ciliento, G., G., & Raponi, M. (2015). A systematic review of hospital foodservice patient satisfaction studies. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 115(4), 567–584.

Firmansyah, C., Novianti, S., & Gustaman, R. A. (2022). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Pada Bagian Proses Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kebidanan Di Blud Rumah Sakit Umum Kota Banjar Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Komunitas Indonesia, 18(1), 368–379. https://doi.org/10.37058/jkki.v18i1.4725

Hidayah, N., Simanjorang, A., Asriwati, A., & Lastiur, L. (2021). Relationship of Food Services and Patients Satisfaction in Medan Advent’s Public Hospital. Journal La Medihealtico, 2(3), 39–50. https://doi.org/10.37899/journallamedihealtico.v2i3.361

Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Riskesdas, 1–268.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Asuhan Gizi Puskesmas. In Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Lee, S. W., Sung, H. J., & Jeon, H. M. (2019). Determinants of continuous intention on food delivery apps: Extending UTAUT2 with information quality. Sustainability (Switzerland), 11(11). https://doi.org/10.3390/su11113141

Manzilah, T. (2025). Analisis Faktor Penyebab Komplain Pasien pada Pelayanan Rawat Inap: Studi Kasus di Rumah Sakit X Tahun 2024. Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.7454/arsi.v11i1.1201

Mardianingsih, N., Utami, F. A., & Palupi, I. R. (2020). Capaian standar pelayanan minimal gizi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manokwari Papua Barat. Jurnal Gizi Klinik Indonesia, 16(4), 152. https://doi.org/10.22146/ijcn.42425

Marpaung, Y. (2020). Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian Makanan, Penampilan dan Rasa Makanan terhadap Kepuasan Pasien Diabetes Mellitus Rawat Inap di RS Islam Siti Khadijah Palembang. Poltekkes Palembang.

Muntamah, U., Apriyanto, A., & Agil, N. M. (2025). Buku Referensi Panduan Keperawatan Modern : Komprehensif dan Praktis (Y. Agusdi (ed.); Windi Gust). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Paruntu, O. L. (2013). Status Gizi dan Penyelenggaraan Makanan Diet Pasien Rawat Inap di BLU Prof. DR. R.D. Kandou Manado. Gidido, Vol.5, No.(2), 117–126.

Potsi, F., & Syngelakis, A. (2025). Evaluation of Patient Satisfaction With Hospital Foodservice During Treatment at a General Hospital in Mainland Greece. Journal of Human Nutrition and Dietetics, 38(1), 1–10. https://doi.org/10.1111/jhn.70026

Rapo, S., Mattson Sydner, Y., Kautto, E., & Hörnell, A. (2021). Exploring patient satisfaction with hospital foodservice: A Swedish study using the Acute Care Hospital Foodservice Patient Satisfaction Questionnaire. Nutrition and Dietetics, 78(5), 487–495. https://doi.org/10.1111/1747-0080.12665

Rochmawati, N. W., Kusuma, T. S., & Husna, F. (2022). Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Makanan Dan Kecukupan Gizi Pada Pasien Non Communicable Diseases Di Rumah Sakit Bersertifikasi Halal. Journal of Nutrition College, 11(3), 211–219. https://doi.org/10.14710/jnc.v11i3.32780

Schiavone, S., Pistone, M. T., Finale, E., Guala, A., & Attena, F. (2020). Patient Satisfaction and Food Waste in Obstetrics And Gynaecology Wards. Patient Prefer Adherence, 5(14), 1381–1388. https://doi.org/10.2147/PPA.S256314

Suryana, A. L., & Suryadi, M. Y. (2019). Jadwal Distribusi dan Citarasa Makanan Berhubungan dengan Sisa Makanan Pasien di Ruang Perawatan Obgyn dan Bedah RSD. dr. Soebandi Jember. Amerta Nutrition, 3(3), 194. https://doi.org/10.20473/amnt.v3i3.2019.194-200

Teka, M., Dihar, G., Dana, T., Asnake, G., Wakgari, N., Bonger, Z., & Daga, W. B. (2022). Satisfaction with regular hospital foodservices and associated factors among adult patients in Wolaita zone, Ethiopia: A facility-based cross-sectional study. PLoS ONE, 17(3 March), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1371/journal.pone.0264163

Weekes, C. E. (2008). The effect of protected mealtimes on meal interruptions, feeding assistance, energy and protein intake and plate waste. Proceedings of the Nutrition Society, 67(OCE3), 2008. https://doi.org/10.1017/s0029665108007519

Widosari, E., & Widiyaningsih, E. N. (2017). Hubungan Antara Ketepatan Jam Makan Dan Frekuensi Konsumsi Makanan Dari Luar Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Yang Mendapatkan Makanan Biasa Di RSUP dr Soeradji Tirtonegoro. Seminar Nasional Gizi 2017 Program Studi Ilmu Gizi UMS, 2006, 213–222

Downloads

Published

2025-08-19

How to Cite

Hanif, A. A., Sarbini, D., & Aulia, A. Z. (2025). HUBUNGAN KETEPATAN WAKTU DISTRIBUSI MAKANAN DENGAN KEPUASAN MAKAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMADIYAH SUKOHARJO. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4799–4806. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48444