PERBEDAAN AKTIVITAS FISIK DAN PERTUMBUHAN LINEAR SISWA SDIT INSAN PERMATA BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Authors

  • Adilatul Alia Jurusan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Aulia Izzatul Salsabila Jurusan Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48394

Keywords:

Aktivitas Fisik, Pertumbuhan Linear, Siswa, PAQ-C

Abstract

Aktivitas fisik pada anak usia sekolah memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan fisik dan kesehatan anak. Salah satu indikator pertumbuhan fisik yang digunakan adalah pertumbuhan linear, yang biasanya diukur melalui tinggi badan yang dikaitkan dengan usia. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan antara tingkat aktivitas fisik dengan pertumbuhan linear serta perbedaannya berdasarkan jenis kelamin pada siswa kelas V dan VI di SDIT Insan Permata, Kota Malang. Data penelitian dikumpulkan melalui Physical Activity Questionnaire for Children (PAQ-C) untuk menilai tingkat aktivitas fisik, serta pengukuran antropometri untuk menghitung z-score tinggi badan menurut umur (TB/U) sebagai indikator pertumbuhan linear. Dari total 195 siswa, sebanyak 53% tergolong memiliki aktivitas fisik tinggi, sedangkan 47% termasuk kategori kurang aktif. Sebagian besar responden (93,8%) menunjukkan pertumbuhan linear yang normal, sementara sisanya mengalami gangguan pertumbuhan seperti pendek (stunted). Temuan analisis statistik memperlihatkan ditemukannya pengaruh positif signifikan di antara tingkat aktivitas fisik dan pertumbuhan linear (p < 0,05). Selain itu, terdapat perbedaan tingkat aktivitas fisik berdasarkan jenis kelamin, di mana siswa laki-laki umumnya lebih aktif daripada siswa perempuan. Perbedaan ini dipengaruhi oleh faktor sosial budaya dan biologis, seperti kecenderungan pubertas dini pada perempuan. Temuan ini menegaskan pentingnya aktivitas fisik yang memadai dalam mendukung pertumbuhan linear anak usia sekolah, serta perlunya lingkungan sekolah yang mendorong gaya hidup aktif untuk mendukung perkembangan anak secara optimal.

References

Borer, K. T. (1995). The Effects of Exercise on Growth. Sports Medicine, 20(6), 375–397. https://doi.org/10.2165/00007256-199520060-00004

Chahar, P. S. (2014). Physiological basis of Growth and Development among Children and Adolescent in Relation to Physical Activity. American Journal of Sports Science and Medicine, 2(5), 17–22. https://doi.org/10.12691/ajssm-2-5A-5

Hines, M. (2020). Neuroscience and Sex/Gender: Looking Back and Forward. The Journal of Neuroscience, 40(1), 37–43. https://doi.org/10.1523/JNEUROSCI.0750-19.2019

Inzaghi, E., Pampanini, V., Deodati, A., & Cianfarani, S. (2022). The Effects of Nutrition on Linear Growth. Nutrients, 14(9), 1752. https://doi.org/10.3390/nu14091752

Jazbinšek, S., & Kotnik, P. (2020). Influence of physical activity on linear growth in children and adolescents. Annales Kinesiologiae, 29–42. https://doi.org/10.35469/ak.2020.222

Kálmán, B., Tóth, A., & Juhász, T. (2020). Gender Differences Of Competitive Attitude From Childhood To Adulthood. International Scientific Publications, 14(1), 216–236.

Kemenkes BKPK. (2023). Survey Kesehatan Indonesia (SKI) dalam Angka. Kemkes.Go.Id.

Kretschmer, L., Salali, G. D., Andersen, L. B., Hallal, P. C., Northstone, K., Sardinha, L. B., Dyble, M., Bann, D., Andersen, L. B., Anderssen, S., Cardon, G., Davey, R., Jago, R., Janz, K. F., Kriemler, S., Møller, N., Northstone, K., Pate, R., Puder, J. J., … van Sluijs, E. M. F. (2023). Gender differences in the distribution of children’s physical activity: evidence from nine countries. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 20(1), 103. https://doi.org/10.1186/s12966-023-01496-0

Kusumaningtyas, P., Yulianti, A., & Rahmawati, N. A. (2024). Analisis Perbandingan Keseimbangan Berdasarkan Jenis Kelamin pada Anak Usia 10-12 Tahun di SD Muhammadiyah 08 Dau. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 7(1), 54–60. https://doi.org/10.35451/jkf.v7i1.2157

Pangestu, K., & Dwiana, A. (2020). Hubungan kualitas Tidur Dengan Memori Jangka Pendek Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara angkatan 2017. Tarumanagara Medical Journal, 2(1), 98–103. https://doi.org/10.24912/tmj.v2i2.7844

Piores, V. F., Omar Dev, R., Muhamad, M. M., & Kari, D. N. P. M. (2023). Current Trends and Issues Involving Screen Time and Physical Activity Engagement Among School Students: A Thematic Review. Physical Education Theory and Methodology, 23(3), 447–457. https://doi.org/10.17309/tmfv.2023.3.18

Reisberg, K., Riso, E.-M., & Jürimäe, J. (2023). Physical Fitness in Children during Growth: Associations with Body Composition, Physical Activity, and Cognitive Skills. In Updates on Physical Fitness in Children. IntechOpen. https://doi.org/10.5772/intechopen.1003787

Rizzato, A., Marcolin, G., & Paoli, A. (2022). Non-exercise activity thermogenesis in the workplace: The Office is on fire. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.1024856

Valerio, G., Gallarato, V., D’Amico, O., Sticco, M., Tortorelli, P., Zito, E., Nugnes, R., Mozzillo, E., & Franzese, A. (2014). Perceived Difficulty with Physical Tasks, Lifestyle, and Physical Performance in Obese Children. BioMed Research International, 1, 1–7. https://doi.org/10.1155/2014/735764

World Health Organization. (2006). WHO child growth standards: Length/height-for-age, weight-for-age, weight-for-length, weight-for-height and body mass index-for-age: Methods and development. Who.Int.

World Health Organization. (2020). WHO guidelines on physical activity and sedentary behaviour. World Health Organization. https://www.who.int/publications/i/item/9789240015128

World Health Organization. (2022). Global Status Report on Physical Activity 2022 : Country Profiles. World Health Organization. Who.Int. https://www.who.int/publications/i/item/9789240064196

World Health Organization. (2023). Physical activity factsheets for the 28 European Union Member States of the WHO European Region. Who.Int. http://www.euro.who.int/pubrequest

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Alia, A., & Salsabila, A. I. (2025). PERBEDAAN AKTIVITAS FISIK DAN PERTUMBUHAN LINEAR SISWA SDIT INSAN PERMATA BERDASARKAN JENIS KELAMIN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 6261–6269. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48394