HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU GIZI SEIMBANG PADA MAHASISWA ILMU GIZI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Authors

  • Rizki Amalia Putri Nurdita Program Studi Ilmu Gizi, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dyah Intan Puspitasari Program Studi Pendidikan Profesi Dietisien
  • Farida Nur Isnaeni Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48220

Keywords:

gizi seimbang, mahasiswa gizi, pengetahuan, perilaku

Abstract

Mahasiswa merupakan kelompok remaja akhir yang rentan terhadap masalah gizi akibat perubahan fisik, kognitif, dan psikososial. Data Survei Kesehatan Indonesia tahun 2023 menunjukkan adanya perubahan prevalensi status gizi pada usia 20-24 tahun, baik gizi kurang, lebih, maupun obesitas. Salah satu faktor utama yang menyebabkan masalah gizi di kalangan remaja adalah pola makan yang kurang baik. Pengetahuan gizi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perilaku makan remaja. Pengetahuan gizi yang baik cenderung berkontribusi terhadap peningkatan kualitas asupan makanan, namun belum tentu membentuk pola makan yang baik pada seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan perilaku gizi seimbang pada mahasiswa Ilmu Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 155 mahasiswa angkatan 2022 dan 2023 diambil secara simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner pengetahuan dan perilaku gizi seimbang yang telah teruji reliabilitasnya. Analisis hubungan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 67,4% mahasiswa dengan pengetahuan gizi yang baik juga memiliki perilaku gizi yang baik. Uji statistik menunjukkan terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan dengan perilaku gizi seimbang (p=0,001), dengan Odds Ratio 3,183 yang artinya mahasiswa dengan pengetahuan gizi baik memiliki peluang 3,183 kali lebih besar untuk berperilaku gizi seimbang dibandingkan dengan mahasiswa yang memilki pengetahuan gizi cukup.

References

Afriyani, R., & Pahrul, D. (2021). Pendidikan Kesehatan Terhadap Perilaku Gizi Mahasiswa Ilmu Keperawatan STIK Siti Khadijah Palembang. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 11(21), 81–86.

Asmiranti M, Masithah St, Suherman, Nurcahyani Icha Dian, & Yusuf Kurnia. (2021). Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Remaja Terhadap Penerapan Gizi Seimbang Selama Masa New Normal Covid-19 di MA DDI Alliritangae Maros. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(1), 204–209.

Aura, Y., & Noerfitri, N. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Siswa SMA Korpri Bekasi di Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Mitra Kesehatan, 3(2), 94–97. https://doi.org/10.47522/jmk.v3i2.83

Feraco, A., Armani, A., Amoah, I., Guseva, E., Camajani, E., Gorini, S., Strollo, R., Padua, E., Caprio, M., & Lombardo, M. (2024). Assessing Gender Differences in Food Preferences and Physical Activity: A Population-Based Survey. Frontiers in Nutrition, 11, 1. https://doi.org/10.3389/fnut.2024.1348456

Glanz Karen, Rimer Barbara K, & Viswanath K. (2008). Glanz Terbaru (4th ed.). Jossey-Bass.

Hadisuyitno, J., Cerdasari, C., & Riyadi, B. D. (2021). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dan Pola Konsumsi Makan Mahasiswa. Jurnal Gizi KH, 1(1), 28–32.

Helmaliah, Parham Putri Maharani, Sari Putri Nirmala, & Mahyuddin Ulfa. (2024). Perkembangan Pada Masa Remaja. Behavior: Jurnal Pendidikan Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 37–56.

Izzani T A, Octaria S, & Linda. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Umum Gizi Seimbang. Kementerian Kesehatan RI.

Khomsan A. (2021). Teknik Pengukuran Pengetahuan Gizi. IBP Press.

Maharibe, C. C., Kawengian, S. E. S., & Bolang, A. S. L. (2014). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Praktik Gizi Seimbang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. E-Journal UNSRAT, 2(1), 1–9.

Muharni, Mairyiani Hasfourni, & Ryanti, S. (2015). Perbedaan Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Status Gizi Antara Mahasiswa Indekos dan Tidak Indekos Poltekkes Kemenkes Riau. Jurnal Proteksi Kesehatan, 4(1), 7–14.

Mujiburrahman, Riyadi Muskhab Eko, & Ningsih Mira Utami. (2020). Pengetahuan Berhubungan dengan Peningkatan Perilaku Pencegahan COVID-19 di Masyarakat. Jurnal Keperawatan Terpadu, 2(2), 130–139.

Nizmah, N., Reski, S., Wahyunigrum, D. R., & Cahyono, J. (2024). The Relationship of Balanced Nutrition Knowledge with the Attitudes and Behaviors of Young Women. Journal of Health and Nutrition Research, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.56303/jhnresearch.v3i1.203

Notoatmodjo Soekidjo. (2010). Promosi Kesehatan Teori & Aplikasi (2nd ed.). Rineka Cipta.

Nurdzulqaidah, R., Pradananta, K., & Yuniarti. (2017). Korespondensi: Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Perilaku Gizi Seimbang Mahasiswa Tingkat 4 Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung. Prosiding Pendidikan Dokter, 3(2), 14.

Nuryani. (2019). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 3(2), 37–46.

Rae, A. E., & Renyoet, B. S. (2022). Psychological and Social Factors Affecting Eating Habits in Adolescent. AI Gizzai: Public Health Nutrition Journal, 2(2), 95–107. https://doi.org/10.24252/algizzai.v%vi%i.25921

Rahman Nurdin, Dewi Nikmah Utami, & Armawaty Fitra. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Makan Pada Remaja SMA Negeri 1 Palu. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 43–52.

Rarastiti, C. N. (2022). Hubungan Pengetahuan Gizi Seimbang dengan Konsumsi Buah dan Sayur pada Remaja. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPN), 2(2), 281–288. https://doi.org/10.54082/jupin.80

Rasmaniar, Rofiqoh, Kristianto Yohanes, Zulfatunnisa Nevia, Kafiar Renny Endang, Tinah Petrus, Rosnah, & Purba Deasy Handayani. (2023). Kesehatan dan Gizi Remaja (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.

Selaindoong, S. J., Amisi, M. D., & Kalesaran, A. F. C. (2020). Gambaran Pengetahuan Gizi Mahasiswa Semester IV Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Saat Pembatasan Sosial Masa Pandemi COVID-19. Jurnal KESMAS, 9(6).

Waluyani Icarestika, Siregar Fitra Nadhilla, Anggreini Dina, Aminuddin, & Yusuf Muhammad Usamah. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Pola Makan, dan Aktivitas Fisik Remaja Terhadap Status Gizi di SMPN 31 Medan, Kecamatan Medan Tuntungan. PubHealth: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 1(1), 28.

Wardani Suci Fitriana Pramudya, Fatimah Siti, & Nurafifah Siti. (2024). Hubungan Perilaku Konsumsi dengan Status Gizi Remaja Putri di Kabupaten Brebes. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Kesehatan Dan Keperawatan, 1, 194–205.

Wawan A, & Dewi M. (2010). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia (3rd ed.). Nuha Medika Yogyakarta.

Wijayanti Wijayanti, & Rusiana Sri Haryanti. (2024). Studi Korelasi Pengetahuan Gizi dan Praktek Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Remaja Putri. Vitamin : Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, 2(1), 256–265. https://doi.org/10.61132/vitamin.v2i1.217

Downloads

Published

2025-08-15

How to Cite

Nurdita, R. A. P., Puspitasari, D. I., & Isnaeni, F. N. (2025). HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU GIZI SEIMBANG PADA MAHASISWA ILMU GIZI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4689–4696. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.48220