HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN UKS DENGAN KEPUASAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KARANGANYAR

Authors

  • Anisa Catur Wijayanti Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anisa Catur Wijayanti Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47996

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Siswa, Usaha Kesehatan Sekolah

Abstract

Pelaksanaan program UKS hingga saat ini masih dirasa belum optimal dan belum sepenuhnya memenuhi harapan. Kualitas pelayanan UKS sebagai salah satu bentuk layanan kesehatan dasar di sekolah memiliki peran penting dalam mendukung kesehatan peserta didik. Pelayanan UKS yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan kepuasan siswa terhadap layanan kesehatan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas pelayanan UKS yang dirasakan siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Karanganyar dengan kepuasan siswa. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif observasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 305 responden yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan wawancara menggunakan instrumen berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square. Terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan UKS (p = 0,001) dengan kepuasan siswa. Sebagian besar siswa menilai kualitas pelayanan kurang baik dan siswa yang merasa kurang puas sebanyak 91 responden (65%) dan kualitas pelayanan baik dan siswa yang merasa puas sebanyak 135 responden (81,8%). Oleh karena itu, peningkatan kualitas pelayanan UKS sangat penting untuk mendukung kepuasan dan kesehatan peserta didik. Disarankan menyediakan nomor darurat untuk menghubungi puskesmas terdekat, pembina UKS berjaga di UKS selama jam operasional sekolah berlangsung sehingga anggota PMR yang berjaga sesuai jadwalnya lebih tertib dan meningkatkan fasilitas UKS.

References

Alfiyani, L., Amir, N. A. R., Kusparlina, E., Fatimah, N., Putri, W. K., Rahmah, A. H., & Damara, I. Z. (2024). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kota Madiun. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 12(01), 93–103.

Alfiyani, L., Setiyadi, N. A., Yakob, A., Mulyono, Rohmat, R., Rizqi, M. F., Prakoeswa, F. R. S., & Sumaji, M. A. (2024). CFA dan Gap Analisis: Analisis indeks kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik. 3(1), 29–44.

Alfiyani, L., Yakob, A., Setiyadi, N. A., Mulyono, D., Utomo, S., & Sari, W. F. (2023). Efektivitas pelayanan administrasi rumah sakit terhadap indeks kepuasan masyarakat. Jurnal Kesehatan Wira Buana, 14(7), 77–81.

Apriani, L., & Gazali, N. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20–28.

Armadhany, M. P. , S. D. L. (2025). Gambaran implementasi kebijakan pelayanan kesehatan tradisional integrasi di Puskesmas Jumantono dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pasien. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayubi, D. (2009). Penilaian Kualitas Pelayanan Puskesmas dengan Model Donabedian: Studi Kasus Puskesmas di Kota Depok. Kesmas, 4(1).

Dapertemen Kesehatan RI. (2010). Kualitas Sumber Daya Manusia Ditentukan Pendidikan dan Kesehatan. .

Dian, J., Sari, E., Prayoga, D., Lailiyah, S., Pratiwi, X. I., & Dwiyanti, S. S. (2020). Efforts to Improve the Health Status of Junior High School Students Through the Development of School Health Programs. Indian Journal of Public Health Research & Development, 11(03), 2497.

Eriad, P. P. , L. K. C., & Zulfiani, D. (2023). The effect of service quality on students’ satisfaction in the University Health Centre at Universiti Utara Malaysia. . Research, Society and Development, 12(5).

Ervina, E., Tahlil, T., & Mulyadi, M. (2018). Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di Puskesmas. Jurnal Ilmu Keperawatan, 6(2), 11–21.

Hardiansyah, Zulfakar, Ridlo, R., & Najwa, L. (2024). Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Sebagai Penguatan Manajemen Sekolah Di SMPS IT Al-Qimmah Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 5(1), 613–620.

Kemendikbudristek. (2023). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2023 tentang Standar Sarana dan Prasarana pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. . Kemendikbudristek.

Lestariningrum, S. (2019). Patient Satisfaction On National Health Insurance (JKN) Service. Proceedings of International Conference on Applied Science and Health ICASH-A112 Proceedings of International Conference on Applied Science and Health. . 4, 873–880.

Levinson, J., Kohl, K., Baltag, V., & Ross, D. A. (2019). ). Investigating the effectiveness of school health services delivered by a health provider: A systematic review of systematic reviews. . PLOS ONE, 14(6).

Putri, S. C. , S. N. A. (2025). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Colomadu 1. Media Publikasi Penelitian, 23(1), 1–10.

Rikayoni, R., Setiarini, S., & Rahman, N. (2020). Optimalisasi UKS Dalam Penanganan Kegawatdaruratan di Sekolah Melalui Pelatihan Bantuan Hidup Dasar. Jurnal Abdimas Saintika, 2(2), 57–60.

Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318.

Rohmati, F. A. (2020). Hubungan citra dan kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien layanan kesehatan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Roisyah, S. R. (2016). Kualitas pelayanan UKS dalam mencegah anemia di dua sekolah menengah atas Kecamatan Lamongan. Sport Science and Health, 7(1), 42–50.

Sagay, J. M., Darwita, R. R., & Novrinda, H. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Hermina Manado. . E-GiGi, 11(2), 196–205.

Sari, D. L., & Widiyastuti, T. (2021). Kepuasan siswa terhadap pelayanan kesehatan UKS di SMP Negeri se-Kecamatan Mlati, Sleman. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(1), 93–100.

Sinollah, S., & Masruroh, M. (2019). Pengukuran kualitas pelayanan (Servqual–Parasuraman) dalam membentuk kepuasan pelanggan sehingga tercipta loyalitas pelanggan. Dialektika, 4(1), 45–64.

Strolin-Goltzman, J. (2010). The relationship between school-based health centers and the learning environment. Journal of School Health, 80(3), 153–159.

Supriyono, H. , I. N. M. A. , M. D. (2019). Peningkatan Sarana dan Pengetahuan Untuk Mendukung Penerapan E-Rapor dan UKS di MIM Potronayan 1. Jurnal Warta, 22(2), 98–109.

Tjiptono, F. (2017). Service, quality, dan satisfaction.

Wade, T. J., Mansour, M. E., Line, K., Huentelman, T., & Keller, K. N. (2008). Improvements in health-related quality of life among school-based health center users in elementary and middle school. Ambulatory Pediatrics, 8(4), 241–249.

Wulan, A. T. M., Wiyadi, & Adji, I. S. (2025). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Sebagai Mediasi di Klinik Pratama Wahyu Agra Medika.

Zerri, A., Rustandi, H., & Hasanudin Nuh, Y. (2024). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan di Ruang Unit Gawat Darurat Terhadap Kepuasan Pasien di RSUD Siti Aisyah Kota Lubuklinggau. Nursing Care and Health Technology.

Downloads

Published

2025-08-12

How to Cite

Wijayanti, A. C., & Wijayanti, A. C. (2025). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN UKS DENGAN KEPUASAN SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KARANGANYAR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4591–4601. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47996