EFEKTIVITAS SELF-ASSESSMENT TERHADAP TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MAHASISWA KEDOKTERAN: LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47967Abstract
Dalam konteks pendidikan kedokteran, Problem Based Learning (PBL) telah menjadi metode pembelajaran yang populer, namun efektivitasnya dapat ditingkatkan dengan integrasi Self-Assessment sebagai alat evaluasi diri yang aktif dalam tutorial PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan Self-Assessment dalam tutorial PBL terhadap motivasi belajar, partisipasi aktif mahasiswa, dan pengembangan keterampilan evaluasi diri mereka. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui pencarian pada database Google Scholar, ResearchGate, dan Academia.edu dengan kata kunci relevan. Kriteria inklusi meliputi artikel penelitian atau kajian literatur yang membahas efektivitas Self-Assessment dalam konteks PBL pada mahasiswa kedokteran. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi Self-Assessment dalam PBL memiliki dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar, keterlibatan aktif dalam diskusi, serta penguatan kemampuan refleksi dan evaluasi diri mahasiswa. Selain itu, faktor-faktor seperti kualitas skenario, peran fasilitator, dan dinamika kelompok turut memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan Self-Assessment dalam PBL merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dan mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga medis yang kompeten dalam menghadapi tantangan dunia klinis yang kompleks.References
Akbar R, & Yoanita W. (2019). Efektivitas Diskusi Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 1(3), 627–633.
Harahap, T. O., & Mukhaiyar, R. (2020). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 06(02), 433–441. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/109547/103923
Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 206. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476
Martha, A. M. (2021). Efektifitas Penilaian Diri dalam Pembelajaran Diklat untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Pelatihan. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(3), 129–133. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i3.19
Maulana, A., & Isnayanti, D. (2020). Efektivitas Self Assessment Pada Tutorial Problem Based Learning Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera, 4(2), 89–94.
Munaiseche, M. E. I., Rooroh, B., Pontoh, G. H., & ... (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem-Based Learning Terhadap Mahasiswa Vokasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Prosiding Seminar …, 263–269. http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/811%0Ahttps://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/download/811/542.
Oddang, A. Z. S., Amir, S. P., Musa, I. M., Arfah, A. I., & Surdam, Z. (2023). Efektivitas Program Problem Based Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Preklinik Selama Pandemi Covid-19 di FK-UMI. Indonesian Journal of Health, 3(01), 33–40. https://doi.org/10.33368/inajoh.v3i01.50
Ratu, T., Sari, N., Mukti, W. A. H., & Erfan, M. (2021). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Efikasi Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.74
Shafania, s. P., romadhoni, arfiyanti, m. P., & novitasari, a. (2023). Perbedaan Antara Peer Assessment Dengan Self-Assessment Dalam Keterampilan Klinis Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal ilmu kedokteran dan kesehatan, 10(5), 1978–1985.
Sudirtha, I. G., Widiana, I. W., Setemen, K., Sukerti, N. W., Widiartini, N. K., & Santiyadnya, N. (2022). The Impact of Blended Learning Assisted with Self-Assessment toward Learner Autonomy and Creative Thinking Skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(6), 163–180. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i06.29799
Yolande, P. M., & Irawaty, E. (2023). Gambaran efektivitas tutor Problem-Based Learning (Pbl) online Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5). http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11913
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurhalisa Hane, Shulhana Mokhtar, Windy Nurul Aisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







