EFEKTIVITAS SELF-ASSESSMENT TERHADAP TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MAHASISWA KEDOKTERAN: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Nurhalisa Hane Program Studi Dokter Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Shulhana Mokhtar Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia
  • Windy Nurul Aisyah Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47967

Abstract

Dalam konteks pendidikan kedokteran, Problem Based Learning (PBL) telah menjadi metode pembelajaran yang populer, namun efektivitasnya dapat ditingkatkan dengan integrasi Self-Assessment sebagai alat evaluasi diri yang aktif dalam tutorial PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan Self-Assessment dalam tutorial PBL terhadap motivasi belajar, partisipasi aktif mahasiswa, dan pengembangan keterampilan evaluasi diri mereka. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui pencarian pada database Google Scholar, ResearchGate, dan Academia.edu dengan kata kunci relevan. Kriteria inklusi meliputi artikel penelitian atau kajian literatur yang membahas efektivitas Self-Assessment dalam konteks PBL pada mahasiswa kedokteran. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi Self-Assessment dalam PBL memiliki dampak positif terhadap peningkatan motivasi belajar, keterlibatan aktif dalam diskusi, serta penguatan kemampuan refleksi dan evaluasi diri mahasiswa. Selain itu, faktor-faktor seperti kualitas skenario, peran fasilitator, dan dinamika kelompok turut memengaruhi keberhasilan pembelajaran. Kesimpulannya, penerapan Self-Assessment dalam PBL merupakan strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dan mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga medis yang kompeten dalam menghadapi tantangan dunia klinis yang kompleks.

References

Akbar R, & Yoanita W. (2019). Efektivitas Diskusi Problem Based Learning di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 1(3), 627–633.

Harahap, T. O., & Mukhaiyar, R. (2020). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Project-Based Learning. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 06(02), 433–441. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/109547/103923

Hignasari, L. V., & Supriadi, M. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self Assessment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 206. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2476

Martha, A. M. (2021). Efektifitas Penilaian Diri dalam Pembelajaran Diklat untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Pelatihan. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(3), 129–133. https://doi.org/10.58737/jpled.v1i3.19

Maulana, A., & Isnayanti, D. (2020). Efektivitas Self Assessment Pada Tutorial Problem Based Learning Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera, 4(2), 89–94.

Munaiseche, M. E. I., Rooroh, B., Pontoh, G. H., & ... (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Problem-Based Learning Terhadap Mahasiswa Vokasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Prosiding Seminar …, 263–269. http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/811%0Ahttps://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/download/811/542.

Oddang, A. Z. S., Amir, S. P., Musa, I. M., Arfah, A. I., & Surdam, Z. (2023). Efektivitas Program Problem Based Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Preklinik Selama Pandemi Covid-19 di FK-UMI. Indonesian Journal of Health, 3(01), 33–40. https://doi.org/10.33368/inajoh.v3i01.50

Ratu, T., Sari, N., Mukti, W. A. H., & Erfan, M. (2021). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Efikasi Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1.74

Shafania, s. P., romadhoni, arfiyanti, m. P., & novitasari, a. (2023). Perbedaan Antara Peer Assessment Dengan Self-Assessment Dalam Keterampilan Klinis Mahasiswa Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal ilmu kedokteran dan kesehatan, 10(5), 1978–1985.

Sudirtha, I. G., Widiana, I. W., Setemen, K., Sukerti, N. W., Widiartini, N. K., & Santiyadnya, N. (2022). The Impact of Blended Learning Assisted with Self-Assessment toward Learner Autonomy and Creative Thinking Skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(6), 163–180. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i06.29799

Yolande, P. M., & Irawaty, E. (2023). Gambaran efektivitas tutor Problem-Based Learning (Pbl) online Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 8(5). http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v8i5.11913

Downloads

Published

2025-08-09

How to Cite

Hane, N., Mokhtar, S., & Aisyah, W. N. (2025). EFEKTIVITAS SELF-ASSESSMENT TERHADAP TUTORIAL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MAHASISWA KEDOKTERAN: LITERATURE REVIEW . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4560–4573. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47967