DETERMINAN PENYEBAB STRES KERJA PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE DI KOMUNITAS GODAMS KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47874Keywords:
faktor eksternal, faktor internal, pengemudi ojek online, stres kerjaAbstract
Stres kerja merupakan salah satu permasalahan kesehatan mental yang sering dialami oleh pekerja, termasuk di antaranya pengemudi ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap stres kerja pada pengemudi ojek online di Komunitas Gabungan Ojek Online Daerah Medan Sekitar (GODAMS) Kota Medan. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analitik cross-sectional serta teknik total sampling, melibatkan 146 responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji fisher exact. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa faktor internal seperti status pernikahan (p = 0,011) dan pendapatan per hari (p < 0,001) memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat stres kerja, sementara pengetahuan penggunaan aplikasi (p = 1,0 ) tidak berhubungan signifikan. Di sisi lain, faktor eksternal seperti lama waktu bekerja (p = 0,001) dan iklim cuaca (p = 0,035) memiliki hubungan yang signifikan, namun lingkungan kerja (p = 0,089) dan dukungan sosial (p = 0,175) tidak menunjukkan hubungan yang signifikan. Mayoritas pengemudi mengalami tingkat stres sedang (51,4%). Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan dari berbagai pihak dalam bentuk pelatihan manajemen stres dan kebijakan kerja yang mendukung kesejahteraan pengemudi.References
Abduh, M., Alawiyah, T., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Survey design: Cross sectional dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955
Amiruddin. (2019). Pola komunikasi driver ojek online Grabbike pada pelayanan customer di Kota Malang. Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(2), 1–18.
Cohen, S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. (1983). A global measure of perceived stress. Journal of Health and Social Behavior, 24(4), 385–396. https://doi.org/10.2307/2136404
Gallup. (2022). State of the global workplace report. Gallup Inc. https://www.gallup.com
Hulu, V. T., & Sinaga, T. R. (2019). Analisis data statistik parametrik aplikasi SPSS dan Statcal (sebuah pengantar untuk kesehatan). Medan: Yayasan Kita Menulis.
Kuncoro, W. J. (2018). Pengaruh stres terhadap motivasi kerja driver di Komunitas Keluarga Gojek 3 Yogyakarta[Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta].
Mangkunegara, A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Nusran, M., & Lantara, D. (2019). Dunia industri perspektif psikologi tenaga kerja. Makassar: Nas Media Pustaka.
Rahmadina, S., Alkaff, R. N., Shofwati, I., Sari, M., & Aristi, D. (2022). Determinan stres kerja pada pengendara ojek online di Jabodetabek. Jurnal Masyarakat Sehat Indonesia, 1(2), 72–82. https://doi.org/10.70304/jmsi.v1i02.11
Setiardi, S. M. (2021). Hubungan antara work stress dengan subjective well-being pada karyawan perusahaan jasa di masa pandemi COVID-19 [Skripsi, Universitas Mercu Buana Jakarta].
World Health Organization (WHO). (2003). Work organization & stress: Systematic problem approaches for employers, managers and trade union representatives. WHO Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tarianna Ginting, Mhd Raja Zahran Nst, Nadia Septiavianti, Wan Syarifah Aulia, Widya Yanti Sihotang, Andry Simanullang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







