KORELASI PERSEPSI PASIEN HIPERTENSI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PADA PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL DI PUSKESMAS COLOMADU I KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Pinkan Puspita Kinanty Program Studi SI Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dwi Linna Suswardany Program Studi SI Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47813

Keywords:

Hipe~rte~nsi, Kualitas Pe~layanan, Minat Kunjungan Ulang, Pe~layanan Ke~se~hatan Tradisional

Abstract

Hipe~rte~nsi me~rupakan salah satu masalah ke~se~hatan yang te~rmasuk dalam pe~nyakit tidak me~nular (PTM). Pe~ningkatan pre~vale~nsi hipe~rte~nsi me~njadi pe~rhatian se~rius dikare~nakan se~kitar 972 juta orang di se~luruh dunia atau 26,4% me~ngalami hipe~rte~nsi. Angka ini akan me~ningkat me~njadi 29,2% tahun 2025. Pe~ngobatan hipe~rte~nsi dilakukan me~lalui dua pe~nde~katan yaitu pe~ngobatan me~dis konve~nsional dan pe~ngobatan tradisional. Pe~ngobatan tradisional se~ringkali dipilih masyarakat kare~na dianggap le~bih alami. Kualitas pe~layanan me~rupakan fungsi antara harapan dan pe~rse~psi pasie~n pada lima dime~nsi kualitas yaitu: (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~). Dalam mode~l SE~RVQUAL dapat me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n pada layanan ke~se~hatan tradisional. Pe~ne~litian ini be~rtujuan me~nge~tahui kore~lasi pe~rse~psi pasie~n hipe~rte~nsi te~ntang kualitas pe~layanan de~ngan minat kunjungan ulang. De~sain pe~ne~litian ini adalah kuantitatif obse~rvasional analitik de~ngan rancangan cross-se~ctional. Jumlah populasi yaitu 138 pasie~n de~ngan jumlah sampe~l yaitu 92 pasie~n. Pe~ngambilan sampe~l me~nggunakan te~knik Cluste~r Random Sampling. Variabe~l inde~pe~nde~n yaitu kualitas pe~layanan yang didalamnya te~rdapat lima dime~nsi kualitas dan variabe~l de~pe~nde~n yaitu minat kunjungan ulang pasie~n hipe~rte~nsi. Alat yang digunakan untuk pe~ngumpulan data yaitu kue~sione~r pe~rtanyaan pe~ne~litian. Pada pe~ne~litan ini data dianalisis se~cara univariat dan bivariat. Analisis bivariat me~nggunakan uji kore~lasi rank spe~arman. Hasil analisis bivariat dipe~role~h nilai p value~ = 0,109 (p > 0,05). Hal ini me~nunjukkan bahwa kualitas pe~layanan te~knis se~mata tidak signifikan me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n ke~ pe~layanan ke~se~hatan tradisional. Te~muan ini me~nggarisbawahi bahwa loyalitas dan inte~nsi pasie~n tidak dapat dije~laskan hanya dari aspe~k kualitas te~knis (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~), te~tapi juga sangat dipe~ngaruhi ole~h nilai-nilai budaya, pe~ngalaman pe~rsonal, dan re~le~vansi pe~layanan de~ngan ke~butuhan lokal. Hipe~rte~nsi me~rupakan salah satu masalah ke~se~hatan yang te~rmasuk dalam pe~nyakit tidak me~nular (PTM). Pe~ningkatan pre~vale~nsi hipe~rte~nsi me~njadi pe~rhatian se~rius dikare~nakan se~kitar 972 juta orang di se~luruh dunia atau 26,4% me~ngalami hipe~rte~nsi. Angka ini akan me~ningkat me~njadi 29,2% tahun 2025. Pe~ngobatan hipe~rte~nsi dilakukan me~lalui dua pe~nde~katan yaitu pe~ngobatan me~dis konve~nsional dan pe~ngobatan tradisional. Pe~ngobatan tradisional se~ringkali dipilih masyarakat kare~na dianggap le~bih alami. Kualitas pe~layanan me~rupakan fungsi antara harapan dan pe~rse~psi pasie~n pada lima dime~nsi kualitas yaitu: (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~). Dalam mode~l SE~RVQUAL dapat me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n pada layanan ke~se~hatan tradisional. Pe~ne~litian ini be~rtujuan me~nge~tahui kore~lasi pe~rse~psi pasie~n hipe~rte~nsi te~ntang kualitas pe~layanan de~ngan minat kunjungan ulang. De~sain pe~ne~litian ini adalah kuantitatif obse~rvasional analitik de~ngan rancangan cross-se~ctional. Jumlah populasi yaitu 138 pasie~n de~ngan jumlah sampe~l yaitu 92 pasie~n. Pe~ngambilan sampe~l me~nggunakan te~knik Cluste~r Random Sampling. Variabe~l inde~pe~nde~n yaitu kualitas pe~layanan yang didalamnya te~rdapat lima dime~nsi kualitas dan variabe~l de~pe~nde~n yaitu minat kunjungan ulang pasie~n hipe~rte~nsi. Alat yang digunakan untuk pe~ngumpulan data yaitu kue~sione~r pe~rtanyaan pe~ne~litian. Pada pe~ne~litan ini data dianalisis se~cara univariat dan bivariat. Analisis bivariat me~nggunakan uji kore~lasi rank spe~arman. Hasil analisis bivariat dipe~role~h nilai p value~ = 0,109 (p > 0,05). Hal ini me~nunjukkan bahwa kualitas pe~layanan te~knis se~mata tidak signifikan me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n ke~ pe~layanan ke~se~hatan tradisional. Te~muan ini me~nggarisbawahi bahwa loyalitas dan inte~nsi pasie~n tidak dapat dije~laskan hanya dari aspe~k kualitas te~knis (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~), te~tapi juga sangat dipe~ngaruhi ole~h nilai-nilai budaya, pe~ngalaman pe~rsonal, dan re~le~vansi pe~layanan de~ngan ke~butuhan lokal.

References

Aje~ng, N., Utami, T., & Alawiya, N. (2018). Pe~rlindungan Hukum Te~rhadap Pe~layanan Ke~se~hatan Tradisional Di Indone~sia.

Alkhurshan, M., & Rjoub, H. (2020). The~ scope~ of an inte~grate~d analysis of trust switching barrie~rs, custome~r satisfaction and loyalty. Journal of Compe~titive~ne~ss, 12(2), 5.

Al-luhaym, A. N., & Alshagrawi, S. (2023). Factors Associate~d with Acce~ss to the~ Saudi Primary He~althcare~ in Light of Vision 2030. Sudan Journal of Me~dical Scie~nce~s, 18(3), 391-401.

Andani, Y., Shatri, H., Koe~snoe~, S., Yunir, E~., Wiguna, T., Wibowo, H., ... & Anggono, R. F. (2025). E~ffe~cts of traditional music the~rapy on the~ psycho-ne~uro-immuno-e~ndocrine~ aspe~ct of burnout syndrome~ in he~althcare~ worke~rs: A randomize~d controlle~d trial. Narra J, 5(1), e~1686.

Astuti, D. (2017). Pe~rse~psi Pasie~n Te~ntang Mutu Pe~layanan De~ngan Tingkat Ke~puasan Pasie~n Rawat Inap Puske~smas. HIGE~IA (Journal of Public He~alth Re~se~arch and De~ve~lopme~nt), 1(3), 65-72.

Be~gum, F., Said, J., Hossain, S. Z., & Ali, M. A. (2022). Patie~nt satisfaction le~ve~l and its de~te~rminants afte~r admission in public and private~ te~rtiary care~ hospitals in Banglade~sh. Frontie~rs in he~alth se~rvice~s, 2, 952221.

Choudhry, N. K., Kronish, I. M., Vongpatanasin, W., Fe~rdinand, K. C., Pavlik, V. N., E~gan, B. M., ... & Ame~rican He~art Association Council on Hype~rte~nsion; Council on Cardiovascular and Stroke~ Nursing; and Council on Clinical Cardiology. (2022). Me~dication adhe~re~nce~ and blood pre~ssure~ control: a scie~ntific state~me~nt from the~ Ame~rican He~art Association. Hype~rte~nsion, 79(1), e~1-e~14.

Curran, M., Cre~ady, C., & Kwon, R. (2021). The~ rule~s of the~ game~: He~althcare~ syste~ms and cross-national attitude~s about he~althcare~ provision. Inte~rnational Journal of Comparative~ Sociology, 62(4), 311-348.

De~wi, M., & Santoso, H. (2021). Ke~pe~rcayaan dan Loyalitas Pasie~n dalam Layanan Ke~se~hatan Tradisional. Indone~sian Journal of He~alth Se~rvice~s, 15(3), 78-85.

E~e~, C., Te~mple~man, K., Grant, S., Avard, N., de~ Manincor, M., & Hunte~r, J. (2020). Informing the~ mode~l of care~ for an acade~mic inte~grative~ he~althcare~ ce~ntre~: a qualitative~ study e~xploring he~althcare~ consume~r pe~rspe~ctive~s. BMC comple~me~ntary me~dicine~ and the~rapie~s, 20, 1-15.

Gre~e~n, B., & Colucci, E~. (2020). Traditional he~ale~rs’ and biome~dical practitione~rs’ pe~rce~ptions of collaborative~ me~ntal he~althcare~ in low-and middle~-income~ countrie~s: A syste~matic re~vie~w. Transcultural psychiatry, 57(1), 94-107.

Handayani, S. (2016). Tingkat ke~puasan pasie~n te~rhadap pe~layanan ke~se~hatan di puske~smas bature~tno. Profe~si (Profe~sional Islam): Me~dia Publikasi Pe~ne~litian, 14(1), 42-48.

Harsono, P., e~t al. (2021). Re~sponsivitas Pe~tugas dan Ke~puasan Pasie~n pada Layanan Tradisional. Journal of Community He~alth, 10(1), 45-52.

Hussain, A., Kanwe~l, S., Khan, S., Alonazi, W. B., Malik, A., & Khan, A. A. (2025). Ante~ce~de~nts of patie~nt loyalty: e~xploring me~diating and mode~rating paradigms in public hospitals. Patie~nt pre~fe~re~nce~ and adhe~re~nce~, 527-542.

Indriyah, S. N., Pe~rmatasari, D. A. I., & Pratama, K. J. (2023). Pe~ne~tapan kadar fe~nolik se~rta uji aktivitas antioksidan e~kstrak dan fraksi batang bajakah kalalawit (Uncaria gambir Roxb) de~ngan me~tode~ FRAP. Usada Nusantara: Jurnal Ke~se~hatan Tradisional, 1(2), 147-158.

Iswahyuni, S., Budhi, C. S., Syafila, I. A., Pange~stu, M. R., & Juandrina, S. M. (2023). Pe~nyuluhan dan E~dukasi te~ntang Pe~nyakit Hipe~rte~nsi pada Masyarakat di Dusun Me~ndalan, Koripan, Mate~sih, Karanganyar. In Prosiding Se~minar Nasional Pe~ngabdian Ke~pada Masyarakat: Pe~duli Masyarakat (Vol. 3, No. 2, pp. 83-88).

Ke~me~nke~s RI. (2019). Hipe~rte~nsi Si Pe~mbunuh Se~nyap. Ke~me~ntrian Ke~se~hatan RI, 1–5.

Ke~me~nte~rian Ke~se~hatan Re~publik Indone~sia. (2023). Surve~i Ke~se~hatan Indone~sia (SKI) 2023

Ke~nu, A., Ke~nu, E~., Bandoh, D. A., & Aikins, M. (2021). Factors that promote~ and sustain the~ use~ of traditional, comple~me~ntary and inte~grative~ me~dicine~ se~rvice~s at LE~KMA hospital, Ghana, 2017: an obse~rvational study. BMC comple~me~ntary me~dicine~ and the~rapie~s, 21, 1-10.

Le~stari, D., & Putri, A. (2022). Profe~sionalisme~ dan Jaminan dalam Layanan Ke~se~hatan Tradisional. He~alth Scie~nce~ Journal, 11(4), 256-269.

Liu, S., Li, G., Liu, N., & Hongwe~i, W. (2021). The~ impact of patie~nt satisfaction on patie~nt loyalty with the~ me~diating e~ffe~ct of patie~nt trust. INQUIRY: The~ Journal of He~alth Care~ Organization, Provision, and Financing, 58, 00469580211007221.

Maharani, A. e~t al. (2021). "Cultural Se~nsitivity in He~althcare~ De~live~ry and Patie~nt Satisfaction." Indone~sian Journal of He~alth Promotion, 10(1), 45–50.

Makhavhu, E~. M. (2024). Inte~grating traditional and allopathic child he~alth: A he~althcare~ transformation opportunity. He~alth SA Ge~sondhe~id, 29(1).

Ne~gi, D. P., & Aze~e~z, E~. A. (2021). Diminishing traditional me~thods and inacce~ssible~ mode~rn he~althcare~: the~ dile~mma of tribal he~alth in India. Journal of He~alth Re~se~arch, 36(5), 867-877.

Ningrum, A. P., & Latifah, M. (2022). Hubungan Aktivitas Sosial dan Hipertensi pada Lansia Perempuan di Panti Wreda. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(1), 41–48.

Panggabe~an, H., Riyanto, O. S., & Simbolon, J. L. (2024). Tinjauan Hukum Pe~ngobatan Tradisional Komple~me~nte~r Te~naga Ke~se~hatan Di Fasilitas Pe~layanan Ke~se~hatan. Innovative~: Journal Of Social Scie~nce~ Re~se~arch, 4(3), 8852-8866.

Parasuraman, A., Ze~ithaml., Vale~rie~ A and Malholtra, A. 2015. SE~RVE~QUAL: Multiple~ Ite~m Scale~ For E~le~ctronic Se~rvice~ Quality. Journal of Se~rvice~ Re~se~arch. 7(10)

Porsuk, A. Ö., & Ce~rit, Ç. (2021). Vie~ws of he~althcare~ profe~ssionals to traditional and comple~me~ntary me~dicine~. Inte~rnational Journal of Traditional and Comple~me~ntary Me~dicine~ Re~se~arch, 2(3), 146-152.

Pratami, J. F., Gaffar, V., Dirgantari, P. D., Furqon, C., & Maryati, M. (2023). Managing patie~nt loyalty through digital patie~nt e~xpe~rie~nce~. Journal of E~aste~rn E~urope~an and Ce~ntral Asian Re~se~arch (Je~e~car), 10(4), 620-629.

Rahmiati, R. e~t al. (2020). "Hubungan Dime~nsi Kualitas Pe~layanan de~ngan Minat Kunjungan Ulang Pasie~n." Jurnal Ke~se~hatan, 13(1), 110–120.

Se~tianingsih, A., & Susanti, A. S. (2021). Pe~ngaruh kualitas pe~layanan ke~se~hatan te~rhadap ke~puasan pasie~n di Rumah Sakit “S”. Me~nara Me~dika, 4(1).

Se~tiawan, R., e~t al. (2022). Pe~nde~katan Budaya dalam Pe~layanan Ke~se~hatan Tradisional. Journal of He~alth Culture~, 7(2), 89-97.

Septianingrum, N. M. A. N., Nurpalupi, N. R., Astuti, N. D., Hanafi, M. T., & Setiawan, S. A. (2020). Pemanfaatan Terapi Herbal dan Pijat Akupresur Sebagai Pilihan Terapi Hipertensi pada Kelompok Lanjut Usia. Community Empowerment, 5(3), 129-137.

Sholihah, N. R., & Suyanto. (2023). E~dukasi Se~lf Manage~me~nt Pe~rawatan Diri Dan Pe~nge~ndalian Te~kanan Darah Me~nggunakan Me~dia Audiovisual Pada Pe~nde~rita Hipe~rte~nsi. Pe~ne~rbit Tahta Me~dia.

Susanto, L., Utomo, A. W., Kartini, P. R., Putra, R., Kusumawati, D., Setiawan, M. A., & Primiani, C. N. (2023). Edukasi gizi seimbang dan penyakit degeneratif bagi lansia Desa Kenongrejo Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(3), 533-545.

Utami, P., Rahmadani, S. A., Ramadhania, S. A., & Stefani, S. (2024). The Impact of Hormonal Changes in Elderly Women: A Literature Review. Jurnal Info Kesehatan, 22(1), 1-15.

World He~alth Organization. (2023). First WHO re~port de~tails de~vastating impact of hype~rte~nsion and ways to stop it.

Yanful, B., Kirubarajan, A., Bhatia, D., Mishra, S., Allin, S., & Di Ruggie~ro, E~. (2023). Quality of care~ in the~ conte~xt of unive~rsal he~alth cove~rage~: a scoping re~vie~w. He~alth Re~se~arch Policy and Syste~ms, 21(1), 21.

Yonata, A., Satria, A. 2016. Hipe~rte~nsi se~bagai Faktor Pe~nce~tus Te~rjadinya Stroke~. Majority Vol. 5 No. 3.

Downloads

Published

2025-08-08

How to Cite

Kinanty, P. P., & Suswardany, D. L. (2025). KORELASI PERSEPSI PASIEN HIPERTENSI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PADA PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL DI PUSKESMAS COLOMADU I KABUPATEN KARANGANYAR. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4385–4399. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47813