KORELASI PERSEPSI PASIEN HIPERTENSI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG PADA PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL DI PUSKESMAS COLOMADU I KABUPATEN KARANGANYAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47813Keywords:
Hipe~rte~nsi, Kualitas Pe~layanan, Minat Kunjungan Ulang, Pe~layanan Ke~se~hatan TradisionalAbstract
Hipe~rte~nsi me~rupakan salah satu masalah ke~se~hatan yang te~rmasuk dalam pe~nyakit tidak me~nular (PTM). Pe~ningkatan pre~vale~nsi hipe~rte~nsi me~njadi pe~rhatian se~rius dikare~nakan se~kitar 972 juta orang di se~luruh dunia atau 26,4% me~ngalami hipe~rte~nsi. Angka ini akan me~ningkat me~njadi 29,2% tahun 2025. Pe~ngobatan hipe~rte~nsi dilakukan me~lalui dua pe~nde~katan yaitu pe~ngobatan me~dis konve~nsional dan pe~ngobatan tradisional. Pe~ngobatan tradisional se~ringkali dipilih masyarakat kare~na dianggap le~bih alami. Kualitas pe~layanan me~rupakan fungsi antara harapan dan pe~rse~psi pasie~n pada lima dime~nsi kualitas yaitu: (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~). Dalam mode~l SE~RVQUAL dapat me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n pada layanan ke~se~hatan tradisional. Pe~ne~litian ini be~rtujuan me~nge~tahui kore~lasi pe~rse~psi pasie~n hipe~rte~nsi te~ntang kualitas pe~layanan de~ngan minat kunjungan ulang. De~sain pe~ne~litian ini adalah kuantitatif obse~rvasional analitik de~ngan rancangan cross-se~ctional. Jumlah populasi yaitu 138 pasie~n de~ngan jumlah sampe~l yaitu 92 pasie~n. Pe~ngambilan sampe~l me~nggunakan te~knik Cluste~r Random Sampling. Variabe~l inde~pe~nde~n yaitu kualitas pe~layanan yang didalamnya te~rdapat lima dime~nsi kualitas dan variabe~l de~pe~nde~n yaitu minat kunjungan ulang pasie~n hipe~rte~nsi. Alat yang digunakan untuk pe~ngumpulan data yaitu kue~sione~r pe~rtanyaan pe~ne~litian. Pada pe~ne~litan ini data dianalisis se~cara univariat dan bivariat. Analisis bivariat me~nggunakan uji kore~lasi rank spe~arman. Hasil analisis bivariat dipe~role~h nilai p value~ = 0,109 (p > 0,05). Hal ini me~nunjukkan bahwa kualitas pe~layanan te~knis se~mata tidak signifikan me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n ke~ pe~layanan ke~se~hatan tradisional. Te~muan ini me~nggarisbawahi bahwa loyalitas dan inte~nsi pasie~n tidak dapat dije~laskan hanya dari aspe~k kualitas te~knis (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~), te~tapi juga sangat dipe~ngaruhi ole~h nilai-nilai budaya, pe~ngalaman pe~rsonal, dan re~le~vansi pe~layanan de~ngan ke~butuhan lokal. Hipe~rte~nsi me~rupakan salah satu masalah ke~se~hatan yang te~rmasuk dalam pe~nyakit tidak me~nular (PTM). Pe~ningkatan pre~vale~nsi hipe~rte~nsi me~njadi pe~rhatian se~rius dikare~nakan se~kitar 972 juta orang di se~luruh dunia atau 26,4% me~ngalami hipe~rte~nsi. Angka ini akan me~ningkat me~njadi 29,2% tahun 2025. Pe~ngobatan hipe~rte~nsi dilakukan me~lalui dua pe~nde~katan yaitu pe~ngobatan me~dis konve~nsional dan pe~ngobatan tradisional. Pe~ngobatan tradisional se~ringkali dipilih masyarakat kare~na dianggap le~bih alami. Kualitas pe~layanan me~rupakan fungsi antara harapan dan pe~rse~psi pasie~n pada lima dime~nsi kualitas yaitu: (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~). Dalam mode~l SE~RVQUAL dapat me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n pada layanan ke~se~hatan tradisional. Pe~ne~litian ini be~rtujuan me~nge~tahui kore~lasi pe~rse~psi pasie~n hipe~rte~nsi te~ntang kualitas pe~layanan de~ngan minat kunjungan ulang. De~sain pe~ne~litian ini adalah kuantitatif obse~rvasional analitik de~ngan rancangan cross-se~ctional. Jumlah populasi yaitu 138 pasie~n de~ngan jumlah sampe~l yaitu 92 pasie~n. Pe~ngambilan sampe~l me~nggunakan te~knik Cluste~r Random Sampling. Variabe~l inde~pe~nde~n yaitu kualitas pe~layanan yang didalamnya te~rdapat lima dime~nsi kualitas dan variabe~l de~pe~nde~n yaitu minat kunjungan ulang pasie~n hipe~rte~nsi. Alat yang digunakan untuk pe~ngumpulan data yaitu kue~sione~r pe~rtanyaan pe~ne~litian. Pada pe~ne~litan ini data dianalisis se~cara univariat dan bivariat. Analisis bivariat me~nggunakan uji kore~lasi rank spe~arman. Hasil analisis bivariat dipe~role~h nilai p value~ = 0,109 (p > 0,05). Hal ini me~nunjukkan bahwa kualitas pe~layanan te~knis se~mata tidak signifikan me~me~ngaruhi minat kunjungan ulang pasie~n ke~ pe~layanan ke~se~hatan tradisional. Te~muan ini me~nggarisbawahi bahwa loyalitas dan inte~nsi pasie~n tidak dapat dije~laskan hanya dari aspe~k kualitas te~knis (tangible~, re~liability, re~sponsive~ne~ss, e~mpathy, assurance~), te~tapi juga sangat dipe~ngaruhi ole~h nilai-nilai budaya, pe~ngalaman pe~rsonal, dan re~le~vansi pe~layanan de~ngan ke~butuhan lokal.References
Aje~ng, N., Utami, T., & Alawiya, N. (2018). Pe~rlindungan Hukum Te~rhadap Pe~layanan Ke~se~hatan Tradisional Di Indone~sia.
Alkhurshan, M., & Rjoub, H. (2020). The~ scope~ of an inte~grate~d analysis of trust switching barrie~rs, custome~r satisfaction and loyalty. Journal of Compe~titive~ne~ss, 12(2), 5.
Al-luhaym, A. N., & Alshagrawi, S. (2023). Factors Associate~d with Acce~ss to the~ Saudi Primary He~althcare~ in Light of Vision 2030. Sudan Journal of Me~dical Scie~nce~s, 18(3), 391-401.
Andani, Y., Shatri, H., Koe~snoe~, S., Yunir, E~., Wiguna, T., Wibowo, H., ... & Anggono, R. F. (2025). E~ffe~cts of traditional music the~rapy on the~ psycho-ne~uro-immuno-e~ndocrine~ aspe~ct of burnout syndrome~ in he~althcare~ worke~rs: A randomize~d controlle~d trial. Narra J, 5(1), e~1686.
Astuti, D. (2017). Pe~rse~psi Pasie~n Te~ntang Mutu Pe~layanan De~ngan Tingkat Ke~puasan Pasie~n Rawat Inap Puske~smas. HIGE~IA (Journal of Public He~alth Re~se~arch and De~ve~lopme~nt), 1(3), 65-72.
Be~gum, F., Said, J., Hossain, S. Z., & Ali, M. A. (2022). Patie~nt satisfaction le~ve~l and its de~te~rminants afte~r admission in public and private~ te~rtiary care~ hospitals in Banglade~sh. Frontie~rs in he~alth se~rvice~s, 2, 952221.
Choudhry, N. K., Kronish, I. M., Vongpatanasin, W., Fe~rdinand, K. C., Pavlik, V. N., E~gan, B. M., ... & Ame~rican He~art Association Council on Hype~rte~nsion; Council on Cardiovascular and Stroke~ Nursing; and Council on Clinical Cardiology. (2022). Me~dication adhe~re~nce~ and blood pre~ssure~ control: a scie~ntific state~me~nt from the~ Ame~rican He~art Association. Hype~rte~nsion, 79(1), e~1-e~14.
Curran, M., Cre~ady, C., & Kwon, R. (2021). The~ rule~s of the~ game~: He~althcare~ syste~ms and cross-national attitude~s about he~althcare~ provision. Inte~rnational Journal of Comparative~ Sociology, 62(4), 311-348.
De~wi, M., & Santoso, H. (2021). Ke~pe~rcayaan dan Loyalitas Pasie~n dalam Layanan Ke~se~hatan Tradisional. Indone~sian Journal of He~alth Se~rvice~s, 15(3), 78-85.
E~e~, C., Te~mple~man, K., Grant, S., Avard, N., de~ Manincor, M., & Hunte~r, J. (2020). Informing the~ mode~l of care~ for an acade~mic inte~grative~ he~althcare~ ce~ntre~: a qualitative~ study e~xploring he~althcare~ consume~r pe~rspe~ctive~s. BMC comple~me~ntary me~dicine~ and the~rapie~s, 20, 1-15.
Gre~e~n, B., & Colucci, E~. (2020). Traditional he~ale~rs’ and biome~dical practitione~rs’ pe~rce~ptions of collaborative~ me~ntal he~althcare~ in low-and middle~-income~ countrie~s: A syste~matic re~vie~w. Transcultural psychiatry, 57(1), 94-107.
Handayani, S. (2016). Tingkat ke~puasan pasie~n te~rhadap pe~layanan ke~se~hatan di puske~smas bature~tno. Profe~si (Profe~sional Islam): Me~dia Publikasi Pe~ne~litian, 14(1), 42-48.
Harsono, P., e~t al. (2021). Re~sponsivitas Pe~tugas dan Ke~puasan Pasie~n pada Layanan Tradisional. Journal of Community He~alth, 10(1), 45-52.
Hussain, A., Kanwe~l, S., Khan, S., Alonazi, W. B., Malik, A., & Khan, A. A. (2025). Ante~ce~de~nts of patie~nt loyalty: e~xploring me~diating and mode~rating paradigms in public hospitals. Patie~nt pre~fe~re~nce~ and adhe~re~nce~, 527-542.
Indriyah, S. N., Pe~rmatasari, D. A. I., & Pratama, K. J. (2023). Pe~ne~tapan kadar fe~nolik se~rta uji aktivitas antioksidan e~kstrak dan fraksi batang bajakah kalalawit (Uncaria gambir Roxb) de~ngan me~tode~ FRAP. Usada Nusantara: Jurnal Ke~se~hatan Tradisional, 1(2), 147-158.
Iswahyuni, S., Budhi, C. S., Syafila, I. A., Pange~stu, M. R., & Juandrina, S. M. (2023). Pe~nyuluhan dan E~dukasi te~ntang Pe~nyakit Hipe~rte~nsi pada Masyarakat di Dusun Me~ndalan, Koripan, Mate~sih, Karanganyar. In Prosiding Se~minar Nasional Pe~ngabdian Ke~pada Masyarakat: Pe~duli Masyarakat (Vol. 3, No. 2, pp. 83-88).
Ke~me~nke~s RI. (2019). Hipe~rte~nsi Si Pe~mbunuh Se~nyap. Ke~me~ntrian Ke~se~hatan RI, 1–5.
Ke~me~nte~rian Ke~se~hatan Re~publik Indone~sia. (2023). Surve~i Ke~se~hatan Indone~sia (SKI) 2023
Ke~nu, A., Ke~nu, E~., Bandoh, D. A., & Aikins, M. (2021). Factors that promote~ and sustain the~ use~ of traditional, comple~me~ntary and inte~grative~ me~dicine~ se~rvice~s at LE~KMA hospital, Ghana, 2017: an obse~rvational study. BMC comple~me~ntary me~dicine~ and the~rapie~s, 21, 1-10.
Le~stari, D., & Putri, A. (2022). Profe~sionalisme~ dan Jaminan dalam Layanan Ke~se~hatan Tradisional. He~alth Scie~nce~ Journal, 11(4), 256-269.
Liu, S., Li, G., Liu, N., & Hongwe~i, W. (2021). The~ impact of patie~nt satisfaction on patie~nt loyalty with the~ me~diating e~ffe~ct of patie~nt trust. INQUIRY: The~ Journal of He~alth Care~ Organization, Provision, and Financing, 58, 00469580211007221.
Maharani, A. e~t al. (2021). "Cultural Se~nsitivity in He~althcare~ De~live~ry and Patie~nt Satisfaction." Indone~sian Journal of He~alth Promotion, 10(1), 45–50.
Makhavhu, E~. M. (2024). Inte~grating traditional and allopathic child he~alth: A he~althcare~ transformation opportunity. He~alth SA Ge~sondhe~id, 29(1).
Ne~gi, D. P., & Aze~e~z, E~. A. (2021). Diminishing traditional me~thods and inacce~ssible~ mode~rn he~althcare~: the~ dile~mma of tribal he~alth in India. Journal of He~alth Re~se~arch, 36(5), 867-877.
Ningrum, A. P., & Latifah, M. (2022). Hubungan Aktivitas Sosial dan Hipertensi pada Lansia Perempuan di Panti Wreda. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(1), 41–48.
Panggabe~an, H., Riyanto, O. S., & Simbolon, J. L. (2024). Tinjauan Hukum Pe~ngobatan Tradisional Komple~me~nte~r Te~naga Ke~se~hatan Di Fasilitas Pe~layanan Ke~se~hatan. Innovative~: Journal Of Social Scie~nce~ Re~se~arch, 4(3), 8852-8866.
Parasuraman, A., Ze~ithaml., Vale~rie~ A and Malholtra, A. 2015. SE~RVE~QUAL: Multiple~ Ite~m Scale~ For E~le~ctronic Se~rvice~ Quality. Journal of Se~rvice~ Re~se~arch. 7(10)
Porsuk, A. Ö., & Ce~rit, Ç. (2021). Vie~ws of he~althcare~ profe~ssionals to traditional and comple~me~ntary me~dicine~. Inte~rnational Journal of Traditional and Comple~me~ntary Me~dicine~ Re~se~arch, 2(3), 146-152.
Pratami, J. F., Gaffar, V., Dirgantari, P. D., Furqon, C., & Maryati, M. (2023). Managing patie~nt loyalty through digital patie~nt e~xpe~rie~nce~. Journal of E~aste~rn E~urope~an and Ce~ntral Asian Re~se~arch (Je~e~car), 10(4), 620-629.
Rahmiati, R. e~t al. (2020). "Hubungan Dime~nsi Kualitas Pe~layanan de~ngan Minat Kunjungan Ulang Pasie~n." Jurnal Ke~se~hatan, 13(1), 110–120.
Se~tianingsih, A., & Susanti, A. S. (2021). Pe~ngaruh kualitas pe~layanan ke~se~hatan te~rhadap ke~puasan pasie~n di Rumah Sakit “S”. Me~nara Me~dika, 4(1).
Se~tiawan, R., e~t al. (2022). Pe~nde~katan Budaya dalam Pe~layanan Ke~se~hatan Tradisional. Journal of He~alth Culture~, 7(2), 89-97.
Septianingrum, N. M. A. N., Nurpalupi, N. R., Astuti, N. D., Hanafi, M. T., & Setiawan, S. A. (2020). Pemanfaatan Terapi Herbal dan Pijat Akupresur Sebagai Pilihan Terapi Hipertensi pada Kelompok Lanjut Usia. Community Empowerment, 5(3), 129-137.
Sholihah, N. R., & Suyanto. (2023). E~dukasi Se~lf Manage~me~nt Pe~rawatan Diri Dan Pe~nge~ndalian Te~kanan Darah Me~nggunakan Me~dia Audiovisual Pada Pe~nde~rita Hipe~rte~nsi. Pe~ne~rbit Tahta Me~dia.
Susanto, L., Utomo, A. W., Kartini, P. R., Putra, R., Kusumawati, D., Setiawan, M. A., & Primiani, C. N. (2023). Edukasi gizi seimbang dan penyakit degeneratif bagi lansia Desa Kenongrejo Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 4(3), 533-545.
Utami, P., Rahmadani, S. A., Ramadhania, S. A., & Stefani, S. (2024). The Impact of Hormonal Changes in Elderly Women: A Literature Review. Jurnal Info Kesehatan, 22(1), 1-15.
World He~alth Organization. (2023). First WHO re~port de~tails de~vastating impact of hype~rte~nsion and ways to stop it.
Yanful, B., Kirubarajan, A., Bhatia, D., Mishra, S., Allin, S., & Di Ruggie~ro, E~. (2023). Quality of care~ in the~ conte~xt of unive~rsal he~alth cove~rage~: a scoping re~vie~w. He~alth Re~se~arch Policy and Syste~ms, 21(1), 21.
Yonata, A., Satria, A. 2016. Hipe~rte~nsi se~bagai Faktor Pe~nce~tus Te~rjadinya Stroke~. Majority Vol. 5 No. 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pinkan Puspita Kinanty, Dwi Linna Suswardany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







