PENGARUH IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK DAN KOMPETENSI PERAWAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT KETERGANTUNGAN OBAT JAKARTA

Authors

  • Aep Saepulloh Magister Manajemen, Universitas Mitra Bangsa, Jakarta Selatan
  • Eddy Hermawan Hasudungan Panjaitan Magister Manajemen, Universitas Mitra Bangsa, Jakarta Selatan
  • Nurwulan Kusuma Devi Magister Manajemen, Universitas Mitra Bangsa, Jakarta Selatan
  • Zulkifli Rangkuti Magister Manajemen, Universitas Mitra Bangsa, Jakarta Selatan
  • Bambang Nurakhim Magister Manajemen, Universitas Mitra Bangsa, Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47575

Keywords:

kompetensi perawat, kualitas pelayanan, rekam medis elektronik, rumah sakit

Abstract

Rekam medis elektronik berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan sehingga pasien merasa puas, cepat dan nyaman dengan pelayanan yang diberikan kemudian mempermudah tugas tenaga kesehatan khususnya perawat dalam mendokumentasikan riwayat perjalanan penyakit pasien dari mulai masuk sampai keluar rumah sakit. Tahapan melakukanimplementasi rekam medis elektronik diperlukan penguasaan dari pengguna itu sendiri agar kualitas data yang dihasilkan menjadi optimal. Tujuan penelitian ini menganalisis pengaruh secara simultan dan bersama-sama implementasi rekam medis elektronik dan kompetensi perawat terhadap kualitas pelayanan di rumah sakit. Desain penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 97 responden. Subjek penelitian yang dipilih adalah Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta dan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian ini adalah Implementasi Rekam Medis Elektronik dan Kompetensi Perawat Secara Simultan berpengaruh Terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta dengan uji simultan (uji f) dengan melihat nilai F hitung sebesar (22.373) > F tabel (3,09) dengan nilai signifikansinya 0,001 < 0,05. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa variabel Implementasi Rekam Medis Elektronik dan Kompetensi Perawat bersama-sama dapat memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta, seluruh karyawan dan tenaga kesehatan khususnya perawat yang menggunakan Rekam Medis Elektronik hendaknya diberikan pelatihan atau In House Training (IHT) terhadap penggunaan Rekam Medis Elektronik sehingga kompetensi perawat dalam Implementasi Rekam Medis Elektronik dapat terpenuhi dengan baik.

References

AM. and E. A. Haile G, Implementasi Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan Metode Technology Acceptance Modeal Jean, vol. 4, no. 1. 2023.

Amarin, S., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Aplikasi Berrybenka di Kota Bandung). Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(1), 37–52. https://doi.org/10.24176/bmaj.v4i1.6001

Damopolii, S. H., Tucunan, A. A., & Maramis, F. R. (2018). Hubungan Antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di RS Bhayangkara TK III Manado:Kesmas: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/22354

Dzahabiyyah, T. Y., & Saryatmo, M. A. (2025). Pengaruh Kompetensi Perawat dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Berkunjung Ulang Pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah

Faida, E. W., & Ali, A. (2021). Analisis Kesiapan Implementasi Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan DOQ-IT (Doctor’s Office Quality-Information Technology). Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9 (1), 67. https://doi.org/10.33560/jmiki.v9i1.315

Indira, Z. N., & Saepulloh, A. (2025). Analisis Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) di Rumah Sakit Mitra Siaga Tarub Tegal. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(9), 7253–7262. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/9871

Mahmudin. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Qudwah Mart Di Lebak (Vol. 5, Issue 1).

Majalengka. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 9 (2), 306–318. https://doi.org/10.24912/jmbk.v9i2.33900

Mulyani, I. S., Hartono, B., Renaldi, R., Ismainar, H., & Hamid, A. (2024). Pengaruh Kompetensi Dan Disiplin Melalui Kinerja Perawat Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit di RSAU Dr. Sukirman Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru. Prepotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 7602–7619.

https://doi.org/10.31004/prepotif.v8i3.37478

Nurfitria, F. Rania, and N. W. Rahmadiani, “Literature Review: Implementasi Rekam Medis Elektronik di Institusi Pelayanan Kesehatan di Indonesia,” ResearchGate, no. October, pp. 1–16, 2022.

Permenkes No.24, (2022). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Tentang Rekam Medis

Presiden RI. (2023). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 Tentang Kesehatan. Undang-Undang, 187315, 1–300.

Rosalinda, R., Setiatin, S., Susanto, A., Piksi, P., & Bandung, G. (2021). Evaluasi Penerapan Rekam Medis Elektronik Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum X Bandung Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2021(8), 1045. https://doi.org/10.36418/cerdika.xxx

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Saepulloh, A., Panjaitan, E. H. H., Devi, N. K., Rangkuti, Z., & Nurakhim, B. (2025). PENGARUH IMPLEMENTASI REKAM MEDIS ELEKTRONIK DAN KOMPETENSI PERAWAT TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT KETERGANTUNGAN OBAT JAKARTA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 5299–5305. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47575