PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN PENGELOLAAN SAMPAH ORGANIK DAN ANORGANIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH 13 TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47345Keywords:
media audiovisual, pengetahuan siswa, pengelolaan sampah, pendidikan lingkunganAbstract
Permasalahan pengelolaan sampah, khususnya di wilayah padat penduduk, masih menjadi tantangan utama dalam upaya pelestarian lingkungan. Penelitian ini mengkaji efektivitas media audiovisual dalam meningkatkan pengetahuan siswa mengenai pengelolaan sampah organik dan anorganik di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pra-eksperimen tipe one group pretest-posttest. Sebanyak 64 siswa kelas VII dan VIII menjadi subjek penelitian. Intervensi edukatif dilakukan melalui kombinasi penyampaian materi, video edukatif, dan kuis interaktif. Hasil analisis menunjukkan peningkatan signifikan pada skor pengetahuan siswa, dari rata-rata 40,53 pada pretest menjadi 76,66 pada posttest (p = 0,000). Data juga menunjukkan penurunan kategori pengetahuan “kurang” dari 50% menjadi 3,1%, serta peningkatan kategori “baik” dari 4,7% menjadi 42,2%. Temuan ini mengindikasikan bahwa media audiovisual merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap isu lingkungan, khususnya pengelolaan sampah. Pendekatan ini berpotensi diterapkan secara luas dalam pendidikan lingkungan berbasis sekolah. Kata kunci : media audiovisual, pengetahuan siswa, pengelolaan sampah, pendidikan lingkunganReferences
Abidin, Y. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis multimodal terhadap kemampuan literasi membaca siswa sekolah dasar. Cakrawala Pendidi, 8(1), 103–116
Febriyanti, R., Rahayu, N. V. A., Pitaloka, W. D., Yakob, A., & Samsuri, M. (2023). Edukasi Pemilahan Sampah sebagai Upaya Penanganan Masalah Sampah di SD Muhammadiyah Baitul Fallah Mojogedang. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 37–45
Handayani, V. P. (2023). Dampak Sampah Palstik Terhadap Ekosistem Laut Gending Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 11(2), 75–80.
Hidayat, T., & Yustina, Y. (2021). Analisis Pengelolaan Sampah Rumah Tangga di Kawasan Padat Penduduk. Jurnal Lingkungan dan Kebijakan Publik, 10(2), 87–95.
Iskandar, I., Putri, R. E., & Handayani, S. (2020). Edukasi pengelolaan sampah berbasis karakteristik sampah organik dan anorganik di lingkungan sekolah dasar. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(2), 123–131.
Jala, W. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Visual Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Di Kelas IV SD Inp. Maulapa. Jurnal Pendidikan Refleksi, 13(1), 149-161.
Lestari, A. M, & Utami, S. (2023). Pengaruh media audiovisual terhadap kepedulian lingkungan siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 15(4), 211-220.
Lubis, A. S., Nanda, M., & Ismah, Z. (2024). Pengaruh media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang baik dan benar di SD Yaspenhan Medan Marelan [The influence of audiovisual media on the level of knowledge and attitude for good and correct handwashing with soap (CTPS) at Yaspenha Primary School Medan Marelan]. Jurnal Kesehatan Komunitas (Journal of Community Health), 10(2), 377-384.
Prasetya, A, & Munandar, D. (2024). Efektivitas medis animasi terhadap pemahama siswa tentang samppah dan dampaknya terhadap linkungan. Jurnal pendidikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, 6(1), 55-64.
Rahman, A, & Ningsih, Y. (2022). Pemanfaatan teknologi pendidikan dalam meningkatkan pemahaman pengelolaan sampah. Jurnl Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 98-107.
Riswanda, Kadir, H., Widiantoro, H., Sugianto, & Daniel, A. S. (2024). Pembuatan Mesin Pencacah Sampah Organik Untuk Pakan Magot Pada Gerakan Ekonomi Mandiri Kelurahan Cipageran Kota Cimahi. Journal of Human And Education, 4(2), 36-42
Syahruddin, A., & Putri, M. (2022). Kupas Inovasi Kemandirian Masyarakat Panggungharjo Melalui Pengelolaan Sampah (A. Siwi & R. Frida (eds.); Edisi pert). Pandiva Buku.
SIPSN. (2023). Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional. https;//sipsn.menlhk.go.id/sipsn/
Sari, N. M., & Gunawan, A. (2020). Pendidikan Lingkungan sebagai Upaya Pengurangan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 14(2), 89–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Meutia Nanda, Putri Sintia, Imelita Rahyuni, Alfi Syahrina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







