PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PUSKESMAS: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47286Keywords:
kekerasan seksual, forensik, pemerkosaan, tatalaksana, visumAbstract
Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM maka diperlukannya Knowledge Management pada setiap karyawan dalam organisasi untuk menciptakan kinerja yang optimal. Knowlеdgе managеmеnt ialah suatu fungsi yang mеmbеntuk, mеngidеntifikasi dan mеngеlola pеngеtahuan organisasi untuk kеuntungan jangka panjang. Untuk mеndapatkan Knowlеdgе Managеmеnt yang maksimal tidak hanya cukup mеngеlola pеngеtahuan organisasi saja, mеlainkan mеngеmbangkan pеngеtahuan yang dimiliki sеtiap individu yang bеrada didalam organisasi. Kinеrja karyawan mеrupakan salah satu faktor yang pеnting dalam pеncapaian tujuan organisasi. Systematic review ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh manajemen pengetahuan (knowledgemanagement) terhadap kinerja karyawan Puskesmas, dengan fokus pada praktik berbagi pengetahuan, penciptaan, dan penerapan pengetahuan. Berdasarkan analisis lima artikel penelitian, ditemukan bahwa knowledge management memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kolaborasi di antara tenaga kesehatan. Penelitian ini menggunakan kerangka PICOTS untuk mengidentifikasi populasi, intervensi, dan hasil yang relevan, menunjukkan bahwa knowledge management dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan kesehatan. Namun, terdapat beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, seperti desain cross-sectional, ketergantungan pada data self-reported, serta keterbatasan infrastruktur dan budaya organisasi. Untuk penelitian masa depan, direkomendasikan studi longitudinal yang lebih komprehensif, eksplorasi teknologi untuk mendukung knowledge management, dan pendekatan yang lebih kontekstual terhadap adopsi knowledge management di berbagai lingkungan kerja. hasil ini menekankan pentingnya knowledge management sebagai alat strategis untuk mengoptimalkan kinerja dan kualitas pelayanan di Puskesmas.References
Adnyana, P. (2013). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Hubungan Antara Kinerja Dengan Nilai Perusahaan. E-Journal Universitas Udayana, 3.
Agustina, Rosita, S., & Khalik, I. (2022). Pengaruh Knowledge Management dan Transformasional Leadership Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Puskesmas Meranti Kabupaten Merangin. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 15-29.
Armila, U. (2020). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Pustakawan di Universitas Riau. Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru .
Ayatulloh, D., Nursalam, N., & Dian Kurniawati, N. (2021). The effect of Knowledge Management in healthcare services: A systematic review.
Bakari, N., Podungge, R., & Monoarfa, V. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Sharing Knowledge Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Bongo Ii Kecamatan Wonosari. YUME: Journal of Management, 1204-1224.
Falda, S. S. (2022). Pengaruh Developing Human Resources terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 2263-2268.
Fikri, F., & Laily, N. (2022). Pengaruh Knowledge Sharing Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervining. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7, 11.
Idzhar, A. M. (2021). Penerapan Knowledge Management System Pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Negara, 27(2), 205-227.
Larasati, I., Yusril, A., & Zukri, P. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi, 10, 369.
Miryati, D., Purnomo, C. J., & Suyono, J. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Dukungan Manajemen Puncak Dan Knowledge Sharing Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial, 3(1), 85-97.
Monsow, E., Runtuwene, R., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Knowledge Management Terhadap KinerjaKaryawan Di Bank Mayapada Kcu Mega Mas Manado. J Adm Bisnis, 6.
Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The knowledge-creating company. London: Oxford University.
Nurulwaqhia, A., Haeruddin, & Amelia, A. (2023). Hubungan Knowledge Management Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Timampu Kabupaten Luwu Timur. Window Of Public Health Journal, 286-296.
Page, M. J., Mckenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., … Moher, D. (2021). The Prisma 2020 Statement: An Updated Guideline For Reporting Systematic Reviews. The Bmj, 372. Https://Doi.Org/10.1136/Bmj.N71
Panungkelan, W. (2020). Pengaruh Knowledge Management Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerjakaryawan Pada Pt . Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. J Adm Bisnis, 1, 37-45.
Pratama. (2019). Pengaruh Knowledge Managemen Terhadap Kinerja Katyawan Dalam Perspektifekonomi Islam. 1-9.
Sahas, A., & Falah, N. (2017). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kinerjaperusahaan (Studi Pada Karyawan Pt Sеmеn Indonеsia Pеrsеro Tbk). Jurnal Adm Bisnis, 4, 192-198.
Sari, A., Sulolipu, A., & Mutthalib, N. (2021). Hubungan Knowledge Management Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Timampu Kabupaten Luwu Timur. Window Of Public Health Journal, 97-106.
Van den Hoof, B., & Van Weenen, F. (2004). Committed to Share: Commitment and CMC use as antecedents of knowledge sharing. Knowledge and Process Management, 11, 70-95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rani Virlia Hutahayan, Setya Haksama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







