PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PUSKESMAS: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS

Authors

  • Rani Virlia Hutahayan Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga
  • Setya Haksama Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47286

Keywords:

kekerasan seksual, forensik, pemerkosaan, tatalaksana, visum

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kualitas SDM maka diperlukannya Knowledge Management pada setiap karyawan dalam organisasi untuk menciptakan kinerja yang optimal. Knowlеdgе managеmеnt ialah suatu fungsi yang mеmbеntuk, mеngidеntifikasi dan mеngеlola pеngеtahuan organisasi untuk kеuntungan jangka panjang. Untuk mеndapatkan Knowlеdgе Managеmеnt yang maksimal tidak hanya cukup mеngеlola pеngеtahuan organisasi saja, mеlainkan mеngеmbangkan pеngеtahuan yang dimiliki sеtiap individu yang bеrada didalam organisasi. Kinеrja karyawan mеrupakan salah satu faktor yang pеnting dalam pеncapaian tujuan organisasi. Systematic review ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh manajemen pengetahuan (knowledgemanagement) terhadap kinerja karyawan Puskesmas, dengan fokus pada praktik berbagi pengetahuan, penciptaan, dan penerapan pengetahuan. Berdasarkan analisis lima artikel penelitian, ditemukan bahwa knowledge management memiliki kontribusi signifikan dalam meningkatkan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan kolaborasi di antara tenaga kesehatan. Penelitian ini menggunakan kerangka PICOTS untuk mengidentifikasi populasi, intervensi, dan hasil yang relevan, menunjukkan bahwa knowledge management dapat meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan kesehatan. Namun, terdapat beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, seperti desain cross-sectional, ketergantungan pada data self-reported, serta keterbatasan infrastruktur dan budaya organisasi. Untuk penelitian masa depan, direkomendasikan studi longitudinal yang lebih komprehensif, eksplorasi teknologi untuk mendukung knowledge management, dan pendekatan yang lebih kontekstual terhadap adopsi knowledge management di berbagai lingkungan kerja. hasil ini menekankan pentingnya knowledge management sebagai alat strategis untuk mengoptimalkan kinerja dan kualitas pelayanan di Puskesmas.

References

Adnyana, P. (2013). Pengaruh Kepemilikan Manajerial Terhadap Hubungan Antara Kinerja Dengan Nilai Perusahaan. E-Journal Universitas Udayana, 3.

Agustina, Rosita, S., & Khalik, I. (2022). Pengaruh Knowledge Management dan Transformasional Leadership Terhadap Kinerja Pegawai dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Puskesmas Meranti Kabupaten Merangin. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 15-29.

Armila, U. (2020). Pengaruh Knowledge Sharing Terhadap Kinerja Pustakawan di Universitas Riau. Skripsi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru .

Ayatulloh, D., Nursalam, N., & Dian Kurniawati, N. (2021). The effect of Knowledge Management in healthcare services: A systematic review.

Bakari, N., Podungge, R., & Monoarfa, V. (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Sharing Knowledge Terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Bongo Ii Kecamatan Wonosari. YUME: Journal of Management, 1204-1224.

Falda, S. S. (2022). Pengaruh Developing Human Resources terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 2263-2268.

Fikri, F., & Laily, N. (2022). Pengaruh Knowledge Sharing Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Perilaku Inovatif Sebagai Variabel Intervining. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7, 11.

Idzhar, A. M. (2021). Penerapan Knowledge Management System Pada Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Administrasi Negara, 27(2), 205-227.

Larasati, I., Yusril, A., & Zukri, P. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi, 10, 369.

Miryati, D., Purnomo, C. J., & Suyono, J. (2024). Pengaruh Kepemimpinan, Dukungan Manajemen Puncak Dan Knowledge Sharing Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal Kompetensi Ilmu Sosial, 3(1), 85-97.

Monsow, E., Runtuwene, R., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh Knowledge Management Terhadap KinerjaKaryawan Di Bank Mayapada Kcu Mega Mas Manado. J Adm Bisnis, 6.

Nonaka, I., & Takeuchi, H. (1995). The knowledge-creating company. London: Oxford University.

Nurulwaqhia, A., Haeruddin, & Amelia, A. (2023). Hubungan Knowledge Management Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Timampu Kabupaten Luwu Timur. Window Of Public Health Journal, 286-296.

Page, M. J., Mckenzie, J. E., Bossuyt, P. M., Boutron, I., Hoffmann, T. C., Mulrow, C. D., … Moher, D. (2021). The Prisma 2020 Statement: An Updated Guideline For Reporting Systematic Reviews. The Bmj, 372. Https://Doi.Org/10.1136/Bmj.N71

Panungkelan, W. (2020). Pengaruh Knowledge Management Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerjakaryawan Pada Pt . Bank Sulutgo Cabang Utama Manado. J Adm Bisnis, 1, 37-45.

Pratama. (2019). Pengaruh Knowledge Managemen Terhadap Kinerja Katyawan Dalam Perspektifekonomi Islam. 1-9.

Sahas, A., & Falah, N. (2017). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan Dan Kinerjaperusahaan (Studi Pada Karyawan Pt Sеmеn Indonеsia Pеrsеro Tbk). Jurnal Adm Bisnis, 4, 192-198.

Sari, A., Sulolipu, A., & Mutthalib, N. (2021). Hubungan Knowledge Management Dengan Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Timampu Kabupaten Luwu Timur. Window Of Public Health Journal, 97-106.

Van den Hoof, B., & Van Weenen, F. (2004). Committed to Share: Commitment and CMC use as antecedents of knowledge sharing. Knowledge and Process Management, 11, 70-95.

Downloads

Published

2025-07-23

How to Cite

Hutahayan, R. V., & Haksama, S. (2025). PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PUSKESMAS: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4100–4109. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47286