PENGARUH EDUSTACNO (GAME STACKO UNO) DIABETES MELLITUS TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA SISWA SMAN 1 KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47241Keywords:
Diabetes Mellitus, Game Stacko Uno, RemajaAbstract
Kasus diabetes mellitus meningkat selama 2 tahun terakhir di wilayah Kedungwuni. Berdasarkan data skrining kesehatan Puskesmas Kedungwuni tercatat sebanyak 3 remaja SMA yang dikategorikan kedalam prediabetes. Diabetes mellitus berlangsung disebabkan gaya hidup tidak sehat, kurang aktivitas fisik, merokok, serta asupan makanan tinggi kalori. Selain itu, pengetahuan remaja terkait penyakit diabetes mellitus masih kurang. Penelitian ini bermaksud guna mengetahui pengaruh pemberian edukasi kesehatan diabetes mellitus remaja melalui game stacko uno terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa SMAN 1 Kedungwuni. Penelitian ini memakai desain quasi eskperiment one group pre-test – post-test. Penelitian ini dilangsungkan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden 60 siswa. Kuesioner mencakup pertanyaan pengetahuan diabetes, faktor resiko, gejala, dan pencegahan diabetes. Data dianalisis univariat dan bivariate (uji Wilcoxon) bersamaan memanfaatkan SPSS 26.0 untuk Windows. Hasil penelitian menandakan jika terdapat peningkatan skor pengetahuan dari rata-rata 10.08 (pretest) menjadi 17.15 (posttest), dengan nilai signifikansi p = 0.000. Peningkatan skor juga terjadi pada variabel sikap dari rata-rata 32.07 (pretest) menjadi 33.58 (posttest), dengan nilai signifikansi p = 0.017. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pemberian edukasi kesehatan diabetes mellitus melalui game stacko uno terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa SMAN 1 Kedungwuni.References
Cantika, K. A., Rasmani, E. E. U., & Dewi, K. N. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Uno Stacko Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 11.
Dewi, M., & Yellyanda. (2023). Peningkatan Kapasitas Remaja Perilaku Pencegahan Childhood Diabetes Melalui Pemanfaatan Modul Edukasi Diabetes. Binakes: Jurnal Pengabdian Kesehatan, 4(1), 47–53.
Dinkes Jateng. (2023). Profil Kesehatan Jawa Tengah 2023.
Fitriyani, W., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Pencegahan Diabetes Mellitus Pada Remaja. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 6(2).
Gregg, E., Buckley, J., Ali, M. K., Davies, J., Flood, D., Mehta, R., Griffiths, B., Lim, L.-L., Manne-Goehler, J., Pearson-Stuttard, J., Tandon, N., & Shaw, J. E. (2023). Improving Health Outcomes Of People With Diabetes Mellitus: Global Target Setting To Reduce The Burden Of Diabetes Mellitus By 2030. Lancet, 401(10384), 1302–1312. Https://Doi.Org/10.1016/S0140-6736(23)00001-6.Improving
International Diabetes Federation. (2021). Data Penyakit Diabetes. Https://Idf.Org/About-Diabetes/Diabetes-Facts-Figures/
Kumala, S. A., Sumarni, R. A., & Widiyatun, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Uno Stacko Pada Materi Fisika Kelas X. 2(1), 14–20.
Pakpahan, M., Siregar, D., Susilawaty, A., Tasnim, Mustar, Ramdany, R., Manurung, E. I., Sianturi, E., Tompunu, M. R. G., Sitanggang, Y. F., & Maisyarah, M. (2021). Promosi Kesehatan & Perilaku Kesehatan. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 7, Issue 2).
Permenkes Ri Nomor 25 Tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak (2014).
Prihatina, R. (2023). The Cone Of Learning. Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id. Https://Www.Djkn.Kemenkeu.Go.Id/Kpknl-Pekalongan/Baca-Artikel/16219/THE-CONE-OFLEARNING-Sebuah-Kerucut-Pengalaman-Oleh-Edgar-Dale.Html
Purwaningsih, D., & Fitriana, R. N. (2022). Pengaruh Media Game (UNO) Terhadap Kemampuan Anak Dalam Mengenal Risiko Dan Pencegahan Cedera Di SD Negeri 1 Pandean. 000, 1–10. Http://Eprints.Ukh.Ac.Id/Id/Eprint/3510/1/Naspub Defita Purwaningsih.Pdf
Rosnawati. (2024). Efektivitas Media Uno Stacko Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV MI Nurul Yaqin Lompo, Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. Madrasah Ibtidaiyah Research Journal, 2(1), 106–110.
Sofyan, D., Fauzi, R. S., Sahudi, U., Rustandi, E., Priyono, A., & Indrayogi. (2022). Alternatif Meningkatkan Kemampuan Motorik Siswa Sekolah Dasar: Pendekatan Bermain. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 438–448. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i2.2260
Suryati Siti, E., Wahyudin, Nurdahlia, Agustina, & Rosidawati. (2025). Pengaruh Edukasi Multimedia Terhadap Peningkatan Pengetahuan,Sikap, Dan Perilaku Remaja Dalam Pencegahan Penyakit Diabetes Melitus Di Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Viii(Ii), 215–223.
Ulya, N., Sibuea, A. Z. E., Purba, S. S., Maharani, A. I., & Herbawani, C. K. (2023). Analisis Faktor Risiko Diabetes Pada Remaja Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 2332–2341. Https://Doi.Org/10.31004/Jkt.V4i3.16210
.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edi Priyanto, Rr. Vita Nurlatif, Wahyuningsih Wahyuningsih, Ardiana Priharwanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







