STUDI KORELASI SERVICE QUALITY INSTALASI FARMASI DENGAN SATISFACTION RAWAT JALAN

Authors

  • Risna Zubaidah Program Studi S1-Administrasi Rumah Sakit, STIKES Arrahma Mandiri Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47220

Keywords:

Quality, Pharmacy Installation, Satisfaction

Abstract

Permasalahan kepuasan menjadi masalah di beberapa rumah sakit yang berada di Indonesia. Kurang puasnya pasien ini dipengaruhi service quality khususnya di instalasi farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara service quality instalasi farmasi dan kepuasan di RSUD dr. R. Soedarsono. Metode riset berjenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 1150 pasien dan dihitung dengan rumus slovin didapatkan sebanyak 100 pasien sebagai sampel serta teknik sampling dengan cara accidental sampling. Data riset ini dianalisis secara univariat dan bivariat. Pengelolahan data primer dari kuesioner dibantu  perangkat lunak SPSS versi 25 dengan uji Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality instalasi farmasi kategori baik mencapai 83,0 % lebih banyak, dibandingkan service quality dalam kategori kurang yang hanya 1 pasien (1,0 %) dan kategori cukup (16,0%). Selain itu juga diketahui bahwa pada variabel kepuasan kategori cukup lebih banyak dengan jumlah 96 dengan persentase 96,0% jika dibandingkan kategori kurang hanya 4 pasien (4,0%) dan baik sebesar 0,0%. Uji korelasi rank spearman diperoleh p-value 0,000<0,05 artinya ada korelasi antara service quality instalasi farmasi dengan kepuasan rawat jalan kekuatan korelasi r = 0,468 yang bermakna  korelasi sedang dan positif yang artinya semakin tinggi kualitas layanan semakin tinggi juga kepuasan. Simpulan riset ini yaitu terdapat korelasi service quality instalasi farmasi dengan kepuasan rawat jalan.

References

Agustin N, Diana RN, , Eka Yusmanisari SS, Hurin’in NM, Ibrahim MM, M, M. D. (2025). Metodologi Penelitian Kesehatan Kuantitatif & Kualitatif. Alifba Media.

Alawiyah, M. A., Wulandari, A. S., Fatimah, F. S., & Nurinda, E. (2023). Hubungan Service quality Kefarmasian Terhadap Satisfaction Rawat Jalan Di Puskesmas. INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal), 7(1), 64. https://doi.org/10.21927/inpharnmed.v7i1.3099

Asnaningsih, A. (2023). Korelasi Antara Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan pada Pasien BPJS Rawat Inap Kelas III. Jurnal Kesehatan Arrahma, 2(1), 162–168.

Candradewi, S.F., Widyaningsih, W., Faridah, I.N., Dania, H., Peritasari, E., et al. (2023). Pelayanan Farmasi Klinik di Rumah Sakit. Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan.

Fadilah, A. N., Oktarlina, R. Z., Kurniati, I., & Pradilawati, C. Y. (2022). Hubungan Service quality Farmasi Dengan Satisfaction Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas Tahun 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 9(3), 1108–1113. https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.7918

Harijanto, S. (2018). Pengaruh Service quality Terhadap Satisfaction Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 6(1), 117. https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.246

Ibrahim, M.M., Putri, A.D., Maharani, D.S., Magfiroh, L., Halima, N., Hidayati, N., Sholiha, R. (2023). Service quality Medis Berdasarkan Satisfaction BPJS di RUmah Sakit. Jurnal Kesehatan Arrahma, 2(1), 1–12.

Ibrahim, M. M., Huda, M. N., & Azmi, U. (2024). KORELASI ANTARA PELAYANAN ADMINISTRASI DAN LOYALITAS PASIEN BPJS DI POLI THT. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 6540–6545.

Ibrahim, M. M., & Puspitasari, S. C. (2024). Statistik Inferensial untuk Studi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dengan Aplikasi SPSS. Alifba Media.

Yulianti, Y., Pratiwi, M., Syamsuri, E., & Putri, D. K. (2024). Hubungan Pelayanan Kefarmasian Terhadap Satisfaction Rawat Jalan Di Puskesmas Air Naningan Kabupaten Tanggamus Tahun 2023. Lumbung Farmasi: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 5(2), 170. https://doi.org/10.31764/lf.v5i2.21340

Yusuf, H., Syukran, M., Afrianto, I., & Anggraini, D. (2024). Hubungan Pelayanan Kefarmasian dengan Satisfaction Rawat Jalan di RSUD Madani Palu. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(1), 26–31.

Zulkhulaifah, A., Pasinringi, S. A., & Sari, N. (2022). Persepsi Satisfaction Terhadap Service quality Keperawatan Di Rawat Inap Tahun 2022. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 246–256. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.23370

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Zubaidah, R. (2025). STUDI KORELASI SERVICE QUALITY INSTALASI FARMASI DENGAN SATISFACTION RAWAT JALAN . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 5256–5262. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47220