STUDI KORELASI SERVICE QUALITY INSTALASI FARMASI DENGAN SATISFACTION RAWAT JALAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.47220Keywords:
Quality, Pharmacy Installation, SatisfactionAbstract
Permasalahan kepuasan menjadi masalah di beberapa rumah sakit yang berada di Indonesia. Kurang puasnya pasien ini dipengaruhi service quality khususnya di instalasi farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara service quality instalasi farmasi dan kepuasan di RSUD dr. R. Soedarsono. Metode riset berjenis kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi berjumlah 1150 pasien dan dihitung dengan rumus slovin didapatkan sebanyak 100 pasien sebagai sampel serta teknik sampling dengan cara accidental sampling. Data riset ini dianalisis secara univariat dan bivariat. Pengelolahan data primer dari kuesioner dibantu perangkat lunak SPSS versi 25 dengan uji Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality instalasi farmasi kategori baik mencapai 83,0 % lebih banyak, dibandingkan service quality dalam kategori kurang yang hanya 1 pasien (1,0 %) dan kategori cukup (16,0%). Selain itu juga diketahui bahwa pada variabel kepuasan kategori cukup lebih banyak dengan jumlah 96 dengan persentase 96,0% jika dibandingkan kategori kurang hanya 4 pasien (4,0%) dan baik sebesar 0,0%. Uji korelasi rank spearman diperoleh p-value 0,000<0,05 artinya ada korelasi antara service quality instalasi farmasi dengan kepuasan rawat jalan kekuatan korelasi r = 0,468 yang bermakna korelasi sedang dan positif yang artinya semakin tinggi kualitas layanan semakin tinggi juga kepuasan. Simpulan riset ini yaitu terdapat korelasi service quality instalasi farmasi dengan kepuasan rawat jalan.References
Agustin N, Diana RN, , Eka Yusmanisari SS, Hurin’in NM, Ibrahim MM, M, M. D. (2025). Metodologi Penelitian Kesehatan Kuantitatif & Kualitatif. Alifba Media.
Alawiyah, M. A., Wulandari, A. S., Fatimah, F. S., & Nurinda, E. (2023). Hubungan Service quality Kefarmasian Terhadap Satisfaction Rawat Jalan Di Puskesmas. INPHARNMED Journal (Indonesian Pharmacy and Natural Medicine Journal), 7(1), 64. https://doi.org/10.21927/inpharnmed.v7i1.3099
Asnaningsih, A. (2023). Korelasi Antara Pelayanan Keperawatan dan Kepuasan pada Pasien BPJS Rawat Inap Kelas III. Jurnal Kesehatan Arrahma, 2(1), 162–168.
Candradewi, S.F., Widyaningsih, W., Faridah, I.N., Dania, H., Peritasari, E., et al. (2023). Pelayanan Farmasi Klinik di Rumah Sakit. Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan.
Fadilah, A. N., Oktarlina, R. Z., Kurniati, I., & Pradilawati, C. Y. (2022). Hubungan Service quality Farmasi Dengan Satisfaction Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas Tahun 2022. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 9(3), 1108–1113. https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.7918
Harijanto, S. (2018). Pengaruh Service quality Terhadap Satisfaction Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. JKM (Jurnal Kesehatan Masyarakat) Cendekia Utama, 6(1), 117. https://doi.org/10.31596/jkm.v6i1.246
Ibrahim, M.M., Putri, A.D., Maharani, D.S., Magfiroh, L., Halima, N., Hidayati, N., Sholiha, R. (2023). Service quality Medis Berdasarkan Satisfaction BPJS di RUmah Sakit. Jurnal Kesehatan Arrahma, 2(1), 1–12.
Ibrahim, M. M., Huda, M. N., & Azmi, U. (2024). KORELASI ANTARA PELAYANAN ADMINISTRASI DAN LOYALITAS PASIEN BPJS DI POLI THT. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(3), 6540–6545.
Ibrahim, M. M., & Puspitasari, S. C. (2024). Statistik Inferensial untuk Studi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan dengan Aplikasi SPSS. Alifba Media.
Yulianti, Y., Pratiwi, M., Syamsuri, E., & Putri, D. K. (2024). Hubungan Pelayanan Kefarmasian Terhadap Satisfaction Rawat Jalan Di Puskesmas Air Naningan Kabupaten Tanggamus Tahun 2023. Lumbung Farmasi: Jurnal Ilmu Kefarmasian, 5(2), 170. https://doi.org/10.31764/lf.v5i2.21340
Yusuf, H., Syukran, M., Afrianto, I., & Anggraini, D. (2024). Hubungan Pelayanan Kefarmasian dengan Satisfaction Rawat Jalan di RSUD Madani Palu. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 14(1), 26–31.
Zulkhulaifah, A., Pasinringi, S. A., & Sari, N. (2022). Persepsi Satisfaction Terhadap Service quality Keperawatan Di Rawat Inap Tahun 2022. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 246–256. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.23370
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risna Zubaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







