FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN KESEHATAN PADA ANGGOTA TNI AU DI RSAU DR. SUKIRMAN TAHUN 2024

Authors

  • Putri Pertiwi Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Jasrida Yunita Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Lita Lita Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Hetty Ismaniar Universitas Hang Tuah, Pekanbaru
  • Budi Hartono Universitas Hang Tuah, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46997

Keywords:

Interest, Reuse, Health Services

Abstract

Faktor-faktor yang berhubungan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan terdiri dari faktor predisposisi, faktor pemungkin dan faktor pendorong. Laporan bulanan kunjungan pasien menunjukkan adanya penurunan kunjungan pada anggota TNI AU di RSAU dr. Sukirman dalam dua tahun terakhir, dengan jumlah kunjungan ulang lebih sedikit dari kunjungan baru. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak pasien anggota TNI AU yang tidak memanfaatkan ulang pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan terhadap anggota TNI AU di RSAU dr. Sukirman tahun 2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2024 dengan jumlah sampel 231 orang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Dari hasil penelitian dan pembahasan didapatkan variabel yang berhubungan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan adalah ketersediaan pelayanan dokter, sarana fasilitas umum, ketersediaan obat, akses dan lokasi rumah sakit, waktu tunggu pelayanan, akses informasi pelayanan, biaya dan dukungan keluarga. Sedangkan variabel usia dan tingkat pendidikan tidak berhubungan dengan minat pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan. Pada hasil uji multivariat, variabel yang dominan adalah akses informasi pelayanan (POR=4.244) dilanjutkan dengan ketersediaan pelayanan dokter (POR=3.770) dan sarana fasilitas umum (POR=3.605) serta akses dan lokasi rumah sakit (POR=3.558). Kesimpulan pada penelitian ini adalah variabel akses informasi pelayanan menjadi variabel yang paling berpengaruh terhadap minat pemanfaatan ulang pelayanan kesehatan. Saran yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan program Health-Promoting Hospital (HPH) yang memiliki empat strategi yaitu memenuhi kebutuhan pasien, memfasilitasi hak tenaga kesehatan, mendorong tim manajemen rumah sakit untuk mengembangkan promosi kesehatan, dan merencanakan pemenuhan kebutuhan masyarakat sekitar.

References

Amalia, H. A., Arni Rizqiani Rusydi, & Ella Andayanie. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Minat Berkunjung Kembali Pada Pasien Di RSIA Permata Hati Makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 968–977. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.1324

Arif, N. I., Suhadi, S., & Fithria, F. (2023). Analisis faktor penyebab penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan di rumah sakit dr. R. Ismoyo kendari tahun 2022. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Universitas Halu Oleo, 4(2). https://doi.org/10.37887/jakk.v4i2.43171

Basith, Z., & Prameswari, G. (2020). Pemanfaatan pelayanan kesehatan di puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4.

Bregida, N., Anwary, A. Z., & Anggraeni, S. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 4(4), 456–463. https://doi.org/10.56338/mppki.v4i4.1864

Darlina, Jon Piter Sinaga, & Fithri Handayani Lubis. (2022). analisis faktor yang menyebabkan rendahnya kunjungan pasien rawat jalan di rsud dr. fauziah bireuentahun 2021. Jurnal Kajian Kesehatan Masyarakat, 2(2).

Ekawati, S., Darmawansyah, D., & Marzuki, D. S. (2022). Faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan rsud h. Padjonga dg. Ngalle takalar. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 115–124. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21128

Kadek Primadewi Primadewi, & Zainal Firdaus Wardana. (2021). Factors That Influence The Interest Of Patient Revisits In Dharma Yadnya General Hospital Denpasar. MIDWINERSLION Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, 6(2).

Karin Rizkiawan I, Imronudin, & Drs. Wiyadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan kepercayaan terhadap Minat Kunjungan ulang dengan Mediasi Kepuasan konsumen pada rumah sakit Amal sehat wonogiri . Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Pada Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri.

Kasuba, R. S., Musiana, & Kurniawan, D. (2018). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Perawatan Sulamadaha Kota Ternate Barat. Jurnal Ilmiah Serambi Sehat, 11(2).

Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 11 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Pelayanan Rawat Jalan Eksekutif di Rumah Sakit. . , Sekretariat Kabinet Republik Indonesia § (2016). Jakarta.

Mahmud, S., Musiana, & Kurniawan, D. (2020). Hubungan Kepuasan Dengan Minat Kunjungan Pasien Di Puskesmas Gambesi Kecamatan Kota Ternate Selatan. Jurnal Ilmiah Serambi Sehat, 13(3).

Menteri Kesehatan RI. Permenkes No 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. , Peraturan Menteri Kesehat Republik Indonesia § (2020).

Nofriadi, N., Delima, M., & Sara, Y. (2019). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan PasienPoli Penyakit Dalam RSUD Painan. Jurnal STIKes Perintis (LPPM STIKes Perintis Padang), 2.

Nurmawaddah, Ekawaty D., & Insani, Y. (2020). Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi Makassar. Jurnal Penelitian Kesehatan Pelamonia Indonesia, 3(2), 53–60.

Sholihah, N., & Parinduri, S. K. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Poliklinik Jantung Rumah Sakit Islam Bogor Tahun 2019. Promotor, 3(6), 585–597.

Suprapti, S., Handajani, D. O., Rokani, R., & Sari, N. (2022). Faktor – faktor yang berhubungan dengan rutinitas kunjungan ulang ibu hamil dalam pemeriksaan antenatal care (anc) pada masa pandemi covid-19. Jurnal keperawatan suaka insan (JKSI), 7(2), 157–162. https://doi.org/10.51143/jksi.v7i2.365

Woo, S., & Choi, M. (2021). Medical service quality, patient satisfaction and intent to revisit: Case study of public hub hospitals in the Republic of Korea. . PLoS One, 16(6).

Yasni, Y., Narmi, N., & Putri, L. A. (2021). Hubungan Marketing Mix Terhadap Kunjungan Ulang Pasien Di Poli Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Bahteramas Provinsi Sulawesi Tengggara. Jurnal Keperawatan, 4(02), 22–35.

Zain U, & Saiful. (2020). Gambaran Kunjungan Dan Hambatan Aksesibilitas Pasien Pada Unit Jawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai.

Zilfi Amly, H., Harahap, J., & Lubis, M. (2020). Analisis Faktor Penentu Minat Kunjung Ulang Pasien Diabetes Melitus Di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Endokrin RS. Pirngadi. Jurnal Health Sains, 1(4), 184–194. https://doi.org/10.46799/jhs.v1i4.40

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Pertiwi, P., Yunita, J., Lita, L., Ismaniar, H., & Hartono, B. (2025). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN ULANG PELAYANAN KESEHATAN PADA ANGGOTA TNI AU DI RSAU DR. SUKIRMAN TAHUN 2024. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 5227–5238. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46997