HUBUNGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DENGAN PELAYANAN PRIMA DI UNIT RAWAT INAP RSU MUHAMMADIYAH PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46965Keywords:
Kepuasan kerja, perawat, pelayanan primaAbstract
Kepuasan kerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil kerja yang optimal. Pelayanan prima perawat dapat mengalami perubahan secara langsung apabila kepuasan kerja perawat mengalami perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kepuasan kerja terhadap pelayanan prima. Desain penelitian yang digunakan adalah analisis korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh perawat di unit rawat inap RSU Muhammadiyah Ponorogo sejumlah 66 perawat jumlah sampel sebanyak 40 responden, teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah kepuasan kerja dan variabel dependen adalah pelayanan prima. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket kuisioner kepuasan kerja dan lembar observasi pelayanan prima. Pengolahan data menggunakan cara editing, coding, scoring dan tabulating, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Chi-Square dengan α 0,05. Hasil dalam penelitian ini adalah didapatkan bahwa sebagian besar responden yaitu 21 orang (52,5%) menyatakan tidak puas terhadap pekerjaannya dan sebagian besar responden yaitu 22 orang (55%) tidak melakukan pelayanan prima. Dari hasil uji statistik didapatkan p value (0,000) < α (0,05) yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya ada hubungan antara kepuasan kerja terhadap layanan prima perawat di RSU Muhammadiyah Ponorogo. Dari hasil penelitian diatas maka diharapkan instansi kesehatan perlu memperhatikan aspek kepuasan kerja perawat. Karena semakin puas perawat akan kerjanya maka pelayanan yang diberikan kepada pasien akan semakin prima. Sedangkan semakin prima layanan yang diberikan oleh perawat maka dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada pasienReferences
Azis, Maulana. (2021). Kepuasan Kerja Perawat dengan Pemberian Pelayanan Prima: Study Literatur Review. Magelan: FIK Universitas Muhammadiyah Magelang.
Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta (BPFK). (2022). Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) 2021. https://bpfkjakarta.or.id/read/86/IKM-2021. Jakarta. Diakses pada 28 Juni 2023 jam 21.45.
Dariyo, A. (2018). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Grasindo.
Daryanto, Setyobudi, Ismayanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima, edisi 1. Yogyakarta. : Gava Medika.
Fitriani, Nur. (2017). Hubungan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Labuang Baji. Makassar: UNHAS.
Fritz, (2016). Hubungan Usia, Masa Kerjadengan Kepuasan Kerja Perawat Ruang Rawat inap Rumah Sakit dr. Koesnandi Bondowoso: The Indonesian Joournal of Health Vol 2
Hidayati, N. (2022). Hubungan Jenjang Pendidikan Perawat dengan Kepuasan Kerja di RSUP Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Keperawatan Komunitas, 10(1), 1-10
Iskandar, & Yuhansyah. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Ketidakamanan Kerja Terhadap Penilaian Kerja Yang Berdampak Kapada Kepuasan Kerja. Surabaya: Media Sahabat Cendekia
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan_ Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 4. Jakarta: Salimba Medika
Prayogi, Geni. (2018). Analisis Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Penumpang Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam.
Putri, Rizki Asriani. (2015). Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Pelaynan Prima Pegawai Rawat Jalan Puskesmas Kebon Jeruk Jakarta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah
RSUP Dr. Soetomo. (2022). Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) 2021. https://rsudrsoetomo.jatimprov.go.id/2023/laporan/ikm.php. Diakses pada 28 Juni 2023 jam 21.30
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2023). Perilaku Organisasi. Edisi ke-17. Jakarta: Salemba Empat.
Saad, Lydia. (2023). Americans Sour on U.S. Healthcare Quality: https://news.gallup.com/poll/468176/americans-sour-healthcare-quality.aspx. Diakses pada 28 Juni 2023 jam 21:10
Sanita, Ina Cucu. (2018). “Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Dengan Pelayanan Prima.” Samarinda: FISIP Universitas Mulawarman
Yoga, dkk. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima. Gorontalo: Journal of Health and Science Community, 4(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aisya Azzahra, Fajria Noor Sapta R

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







