PENGARUH FASILITAS, KOMUNIKASI TERAPEUTIK, DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG PASIEN UMUM DI KLINIK MATA TRITYA SURABAYA

Authors

  • Wahyu Nur Faizah Program Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung
  • Purwadhi Purwadhi Program Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung
  • Kahar Mulyani Program Pascasarjana Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46517

Keywords:

Fasilitas, Komunikasi Terapeutik, Komunikasi Pemasaran, Minat Kunjung Ulang

Abstract

Terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien umum di Klinik Mata Tritya Surabaya pada 2 tahun terakhir (2023 dan 2024), setelah sebelumnya naik secara signifikan pasca pandemi Covid-19 yakni hampir 50 %. Kondisi ini menunjukkan bahwa semakin lama semakin sedikit pasien umum yang berminat untuk kembali berobat di Klinik Mata Tritya Surabaya. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis adakah pengaruh fasilitas, komunikasi terapeutik, dan komunikasi pemasaran terhadap minat kunjung ulang pasien umum di Klinik Mata Tritya Surabaya. Desain penelitian yakni penelitian kuantitatif, dengan metode survei cross-sectional terhadap 84 responden yang dipilih menggunakan teknik insidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas, komunikasi terapeutik, dan komunikasi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat kunjung ulang pasien, baik secara individual (thitung > ttable; sig <0,05) maupun secara simultan (fhitung > ftabel; sig <0,05). Ketiga variabel bebas mempunyai pengaruh yang sama terhadap minat kunjung ulang pasien sebesar 48,7 %, dan sisanya 51,3 % kemungkinan dijelaskan faktor lain yang tidak ada dalam analisis penelitian. Implikasi dari penelitian ini yakni dalam upaya meningkatkan minat kunjung ulang pasien umum, diperlukan perencanaan antara lain peningkatan fasilitas klinik, penerapan komunikasi terapeutik oleh tenaga medis dan paramedis yang efisien untuk meningkatkan kepercayaan pasien, serta optimalisasi strategi pemasaran. Temuan ini memberikan kontribusi bagi pengelola fasilitas kesehatan dalam merumuskan strategi peningkatan kualitas layanan berbasis kebutuhan pasien.

References

Abbasi, G. A., Kumaravelu, J., Goh, Y. N., & Dara Singh, K. S. (2021). Understanding the intention to revisit a destination by expanding the theory of planned behaviour (TPB). Spanish Journal of Marketing - ESIC, 25(2), 282–311. https://doi.org/10.1108/SJME-12-2019-0109

Afnuhazi, R. (2015). Komunikasi terapeutik dalam keperawatan jiwa. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Ahmad, G. G., Budiman, B., Setiawati, S., Suryati, Y., Inayah, I., & Pragholapati, A. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Pasien Dalam Memanfaatkan Kembali Jasa Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Di Masa Pandemi Covid 19: Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26751/jikk.v13i1.866

Alves, H., Campón-Cerro, A. M., & Hernández-Mogollón, J. M. (2019). Enhancing rural destinations’ loyalty through relationship quality. Spanish Journal of Marketing - ESIC, 23(2), 185–204. https://doi.org/10.1108/SJME-09-2018-0041

Anwar, A., & Putra, S. H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap di Hotel Travellers Suites Medan. Juripol (Jurnal Institusi Politeknik Ganesha Medan), 3(1), 35–42. https://doi.org/10.33395/juripol.v3i1.10478

Bahadori, M.K., Teymourzadeh, E., Ravangard, R., Nasiri, A., Raadabadi, M., Alimohammadzadeh, K. (2016). Factors contributing towards patient’s choice of a hospital clinic. Electronic Physician, 8(10), 3057–3061.

Bregida, N. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Minat Kunjungan Ulang Masyarakat di Puskesmas Sapala Kabupaten Hulu Sungai Utara Factors. Journal of Multidiciplinary Applied Natural Science, 1(1), 1–12.

Chen, T.-T., & Wu, F. (2010). Explore Critical Factors for Partnering in the Taiwanese Construction Industry. 1, 233–242. https://doi.org/10.32738/ceppm.201010.0024

Dewi, N. N., Purwadhi, & Widjaja, Y. R. (2024). Pengaruh Lokasi Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pasien Memilih Jasa Rawat Inap Di Rumah Sakit Khusus Bedah Budi Kasih Majalengka. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 3108–3116.

Endang Komara, D. K. K. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. PT Refika Aditama. https://books.google.co.id/books?id=AWPZzwEACAAJ

Fajar, I. M., Himawan, S., & Suwardhani, A. D. (2024). Strategi Pemasaran Klinik Pratama Mutiara Bunda Tabanan berbasis SWOT untuk Meningkatkan Kunjungan Pasien. 4, 94–110.

Heriyati. (2022). Hubungaan Komunikasi Dengan Minat Kembali Pemanfaatan Pelayanan Di Rumah Sakit. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), 7(2), 91. https://doi.org/10.31290/jiki.v7i2.2232

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15thn Edition New Jersey: Pearson Prentice Hall. Inc.

M, R. F., Sety, L. O. M., & Hartoyo, A. M. (2024). Jurnal administrasi dan kebijakan kesehatan. Jurnal Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan (Jakk-Uho), 5(2), 238–247. http://jakp.fisip.unand.ac.id/index.php/jakp/article/view/139

Park, H.-S., & Seo, Y.-J. (2014). Determinants of Inpatients Satisfaction and Intent to Revisit Oriental Medical Hospitals. Journal of Korean Medicine, 35(4), 65–73. https://doi.org/10.13048/jkm.14044

Popa-Velea, O., & Purcărea, V. L. (2014). Issues of therapeutic communication relevant for improving quality of care. Journal of Medicine and Life, 7 . 4(4), 39–45.

Prasetyo Kusumo, M. (2017). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr.2016, 6(1), 72–81. https://doi.org/10.18196/jmmr.6130

Prihantono, D. N. (2019). Komunikasi Bisnis Berorientasi Pelanggan Di Perusahaan Distribusi. Jurnal Audience, 1(2), 123–143. https://doi.org/10.33633/ja.v1i2.2687

Priyanka, I. W. A. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Jumlah Kunjungan Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar. The New Zealand Nursing Journal. Kai Tiaki, 72(2), 6–8.

Regina, W. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Komunikasi Terapeutik Terhadap Kepercayaan dan Dampaknya pada Kunjungan Kembali Pasien pada Klinik Anugrah dan Laboratorium Kota Bekasi. 4, 8276–8295.

Reni Widiastuti. (2024). Dampak Loyalitas Pelanggan Dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Layanan, Dan Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Bisnis, Ekonomi Syariah, Dan Pajak, 1(1), 31–52. https://doi.org/10.61132/jbep.v1i1.38

Sari, A. O. P., Sari, T. P., Pela, T. H., & Masturoh, I. (2017). Gambaran Ketidaktersediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Rsud Dr. Soekardjo Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 5(1), 64. https://doi.org/10.33560/.v5i1.150

Satiti, R., Purwadhi, & Wahyudi, B. (2023). Apakah Kepuasan Pasien di Klinik Pratama Dipengaruhi Marketing MIX. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 1977–1981.

Seger, R. W., Syaodih, E., & Andriani, R. (2024). Pengaruh Faktor Sosio-Demografi Pasien Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien. Service Management Triangle: Jurnal Manajemen Jasa, 6(1), 31–41. https://doi.org/10.51977/jsj.v6i1.1839

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian. Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D.

Utami, N. D., & Ferdinand, A. T. (2019). Analisis Peningkatan Minat Berkunjung Kembali Pada Wisatawan Melalui Citra Wisata Dan Nilai Budaya (Studi Pada Kota Kuningan, Jawa Barat). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 17(3), 207. https://doi.org/10.14710/jspi.v17i3.207-221

Watson, K., Lewis, J., Mould, J., Levett-jones, T., Dean, S., Saunders, C., Levett-jones, T., Ebert, L., Buchanan, H., Moroney, T., & Middleton, R. (2014). CRITICAL CONVERSATIONS FOR PATIENT SAFETY and families and patient safety.

Wijaya, H., Rohendi, A., & Mulyani, K. (2024). Pengaruh Kepercayaan , Kualitas Pelayanan , dan Kewajaran Harga Terhadap Kepuasan Pasien di Klinik S, Tangerang Selatan. Journal Of Social Science Research, 4, 2446–2457.

Wisesa, T. B. (2024). LITERATUR REVIEW : STRATEGI PENINGKATAN KUNJUNGAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT. 4(5), 243–255.

Yassir, A., Purwadhi, & Andriani, R. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien di Klinik Citra Medika Kota Semarang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 8(1), 1–12.

Downloads

Published

2025-08-31

How to Cite

Faizah, W. N., Purwadhi, P., & Mulyani, K. (2025). PENGARUH FASILITAS, KOMUNIKASI TERAPEUTIK, DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNG ULANG PASIEN UMUM DI KLINIK MATA TRITYA SURABAYA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 4500–4507. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46517