PERAN KOPING RELIGIUS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI MAHASISWA

Authors

  • Syafira Rohma Universitas Surabaya
  • Marselius Sampe Tondok Universitas Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46367

Keywords:

Koping religius, Dukungan sosial, Resiliensi

Abstract

Mahasiswa yang memasuki fase peralihan dari masa sekolah ke perguruan tinggi, mengalami banyak tugas perkembangan yang lebih kompleks, dimana mahasiswa dituntut untuk bisa menjadi individu yang resilien agar mampu melewati tuntutan kehidupanakademik dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengkaji peran koping religius dan dukungan sosial dalam menjadikan mahasiswasebagai pribadi yang resilien. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif, dengan subjek penelitiannya adalah mahasiswa di salah satu Universitas X dengan total 265 partisipan. Penelitian ini menggunakan tiga jenis alat ukur, yaitu The Brief RCOPE, The Social Provisions Scale (SPS), dan Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Analisis data dilakukan dengan uji korelasi menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, koping religius dan dukungan sosial berperan sebagai faktor protektif yang dapat meningkatkan resiliensi mahasiswa. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa dukungan memberikan kontribusi sebesar 8,88% terhadap resiliensi sedangkan koping religius memberikan kontribusi sebesar, 4,05%. Namun, dukungan sosial memiliki kontribusi negatif terhadap resiliensi mahasiswa, sehingga perlu didalami lebih lanjut karena bertentangan dengan temuan empiris sebelumnya.

References

Amelia, S., Asni, E., & Chairilsyah, D. (2014). Gambaran ketangguhan diri (resiliensi) pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau. Riau University.

Brackenreed, D. (2013). Needs of persons with FASD: A descriptive case study. American International Journal of Contemporary Research, 3(9), 51–63.

Connor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a new resilience scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety, 18(2), 76–82. https://doi.org/10.1002/da.10113

Cutrona, C. E., & Russell, D. W. (1987). The provisions of social relationships and adaptation to stress. Advances in Personal Relationships, 1(1), 37–67.

Dong, S., Ge, H., Su, W., Guan, W., Li, X., Liu, Y., Yu, Q., Qi, Y., Zhang, H., & Ma, G. (2024). Enhancing psychological well-being in college students: the mediating role of perceived social support and resilience in coping styles. BMC Psychology, 12(1), 393. https://doi.org/10.1186/s40359-024-01902-7

Emeralda, G. N., & Kristiana, I. F. (2017). Hubungan antara dukungan sosial orang tua Sekolah Menengah Pertama. Empati, 7 (3), 154–159.

Erdogan, E., Ozdogan, O., & Erdogan, M. (2015). University Students’ Resilience Level: The Effect of Gender and Faculty. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 1262–1267. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.047

Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer.

Mai, Y., Wu, Y. J., & Huang, Y. (2021). What Type of Social Support Is Important for Student Resilience During COVID-19? A Latent Profile Analysis. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.646145

Maryam, S. (2017). Strategi coping: Teori dan sumberdayanya. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 101–107.

Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor–faktor yang mempengaruhi resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 8, 433–441.

Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i1.284

Pargament, K., Feuille, M., & Burdzy, D. (2011). The Brief RCOPE: Current Psychometric Status of a Short Measure of Religious Coping. Religions, 2(1), 51–76. https://doi.org/10.3390/rel2010051

Pargament, K. I., Kennell, J., Hathaway, W., Grevengoed, N., Newman, J., & Jones, W. (1988). Religion and the Problem-Solving Process: Three Styles of Coping. Journal for the Scientific Study of Religion, 27(1), 90. https://doi.org/10.2307/1387404

Pargament, K. I., & Mahoney, A. (2005). Discovering and conserving the sacred. Handbook of Positive Psychology, 646–659.

Pargament, K. I., Tarakeshwar, N., Ellison, C. G., & Wulff, K. M. (2001). Religious Coping Among the Religious: The Relationships Between Religious Coping and Well‐Being in a National Sample of Presbyterian Clergy, Elders, and Members. Journal for the Scientific Study of Religion, 40(3), 497–513. https://doi.org/10.1111/0021-8294.00073

Puteri, A. P., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan antara kontrol diri dan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 82–94. https://doi.org/10.26740/cjpp.v8i6.41517

Putra, M. D. K. (2015). Uji validitas konstruk the social provisions scale. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 4(4), 1–18.

Rammohan, A., Rao, K., & Subbakrishna, D. K. (2002). Religious coping and psychological wellbeing in carers of relatives with schizophrenia. Acta Psychiatrica Scandinavica, 105(5), 356–362. https://doi.org/10.1034/j.1600-0447.2002.1o149.x

Reivich, K., & Shatté, A. (2002). The resilience factor: 7 essential skills for overcoming life’s inevitable obstacles. Broadway books.

Ruswahyuningsi, M. C., & Afiatin, T. (2015). Resiliensi pada remaja jawa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 1(2), 96–105. https://doi.org/10.22146/gamajop.7347

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2015). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. 2015. John Wiley & Sons.

Supradewi, R. (2019). Stres mahasiswa ditinjau dari koping religius. Psycho Idea, 17(1), 9–22.

Taylor, S. E. (2018). Health Psychology (10th ed.). McGraw-Hill Education.

Troy, A. S., & Mauss, I. B. (2011). Resilience in the face of stress: Emotion regulation as a protective factor. Resilience and Mental Health: Challenges across the Lifespan, 1(2), 30–44.

Wagnild, G. M., & Young, H. M. (1993). Development and psychometric. Journal of Nursing Measurement, 1(2), 165–17847.

Wright, M. O., & Masten, A. S. (2005). Resilience Processes in Development BT - Handbook of Resilience in Children (S. Goldstein & R. B. Brooks (eds.); pp. 17–37). Springer US. https://doi.org/10.1007/0-306-48572-9_2

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Rohma, S., & Tondok, M. S. (2025). PERAN KOPING RELIGIUS DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP RESILIENSI MAHASISWA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 5468–5474. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46367