PERBEDAAN PENGARUH MEDIA CAROUSEL DAN LEAFLET TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG ANEMIA PADA SISWA SMAN 5 POCO RANAKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46151Keywords:
Anemia , Carousel, Leaflet, Promosi KesehatanAbstract
Promosi kesehatan merupakan revitalisasi pendidikan kesehatan yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku masyarakat. Promosi kesehatan sangat dibutuhkan, baik menggunakan media tradisisonal maupun modern untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Media yang dicoba dalam penelitian ini adalah media carousel instagram dan leaflet . Carousel adalah salah satu fitur instagram yang efektif , yang memungkinkan penyampaian informasi secara ringkas dan menarik. Selain itu, leaflet juga sebagai media cetak yang mudah dibawa dan dipahami, juga efektif dalam menyampaikan informasi kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pengaruh penggunaan media carousel dan leaflet terhadap pengetahuan dan sikap tentang anemia pada siswa kelas XI di SMAN 5 Poco Ranaka, Kabupaten Manggarai Timur, NTT. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimental , rancangan pre-test post-test with control group . Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Lameshow, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 98 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok kontrol yang menggunakan media leaflet dan kelompok perlakuan yang menggunakan media carousel . Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap siswa tentang anemia sebelum dan sesudah intervensi, serta intervensi melalui media carousel dapat meningkatkan pengetahuan sebesar 1,72 kali dan dapat mengubah sikap sebesar 2,39 kali dibandingkan dengan media leaflet. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam strategi promosi kesehatan yang lebih efisien di sekolah-sekolah.References
Andriani, P., Yustisiani, R., & Umaroh, A. K. (2022). Instagram Analysis as Health Information media in Health office of Ngawi Regency. Urecol, 703–713. https://www.researchgate.net/profile/Ayu-Umaroh/publication/372192635_Instagram_Analysis_as_Health_Information_media_in_Health_office_of_Ngawi_Regency/links/64a8c292c41fb852dd5ba90e/Instagram-Analysis-as-Health-Information-media-in-Health-office-of-Ngawi-Regency.pdf
Darmayanti, N. D., Alam, N., Studi, P., Kebidanan, S., Bidan, P., & Kesehatan, F. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia Di Sma Trisoko. 14(1), 174–181.
Fakhriyah, F., Athiyya, N., Jubaidah, & Fitriani, L. (2021). Penyuluhan Hipertensi Melalui Whatsapp Group Sebagai Upaya Pengendalian Hipertensi. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4, 435. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.4479
Garuda. (2024). Data Pengguna Instagram 2024 Indonesia No. 4 Terbanyak Dunia. https://www.garuda.website/blog/data-pengguna-instagram-2024-indonesia/
Hasibuan, D. F., Harahap, R. A., & Dinata, A. S. (2024). Efektivitas Intervensi Media Sosial Dalam Promosi Kesehatan Remaja : Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(Desember), 11372–11378.
Kadiasti, R., & Mukaromah, M. (2022). Pendekatan AISAS Dalam Post Instagram Carousel Sebagai Strategi Promosi Pada Museum Ranggawarsita. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 79–89. https://doi.org/10.31937/ultimart.v15i1.2586
Kusdalinah, Suryani, D., Nugroho, A., & Yunita. (2023). Pengaruh Kombinasi Asupan Protein, Vitamin C Dan Tablet Tambah Darah Tehadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 18(1), 21–26. https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/41978
Mustaqimah. (2023). Review : Media Leaflet Untuk Promosi Kesehatan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Karya Cendekia, 48–51. https://wpcpublisher.com/jurnal/index.php/prosidingkaryacendekia/article/download/368/279/1808
Nurlaelah. (2024). Efektivitas Edukasi Kesehatan Dengan Media Leaflet Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Menstrual Hygiene Siswi MTS Attarbiyah Lauwa Skripsi. Universitas Islam Indonesia Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/28336/1/70200120107_Nurlaelah.pdf
Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press. https://repository.unair.ac.id/87974/2/Buku Promosi Kesehatan.pdf
Pratiwi, G. D., Vita Lucya, & Paramitha. (2022). Efektifitas Penggunaan Media Leaflet Dalam Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pencegahan Tuberkulosis. Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing), 8(3), 8–13. https://doi.org/10.33023/jikep.v8i3.1153
Putri, K. D., Semiarty, R., & Linosefa, L. (2021). Perbedaan Efektivitas Media Promosi Kesehatan Leaflet dengan Video TOSS TB Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(3), 343–351. https://doi.org/10.25077/jikesi.v1i3.85
Qwords. (2021). Ide Instagram Carousel Untuk Meningkatkan Engagement. https://www.qwords.com/blog/instagram-carousel/
RI, K. K. (2023). Dalam Angka Dalam Angka. Survei Kesehatan Indonesia Dalam Angka, 1–68.
Seta, H. B., Prabu, H. K., Nugrahaeni, C., & Dewi, P. (2024). Pemanfaatan Instagram Carousel Sebagai Media Promosi Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Martabe, 7, 2763–2770. https://doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2763-2770
WHO. (2021). Anaemia In Women and Children. https://www.who.int/data/gho/data/themes/topics/anaemia_in_women_and_children
D
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Felixa Yuki Levinda, Petrus Romeo, Ribka Limbu, Afrona E. L. Takaeb

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







