PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN TERHADAP PERILAKU PROFESIONALISME (HONOR AND INTEGRITY)

Authors

  • Nur Afdhaliyah Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  • Shulhana Mokhtar Departemen Biokimia, Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia
  • Irna Diyana Kartika Departemen Patologi Klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46126

Keywords:

profesionalisme, honor, integritas, mahasiswa kedokteran, persepsi, refleksi diri

Abstract

Profesionalisme merupakan kompetensi inti dalam pendidikan kedokteran. Nilai honor dan integritas menjadi aspek penting dalam membentuk karakter dokter yang profesional. Namun, kurangnya keberanian melaporkan pelanggaran serta ketidakpercayaan terhadap sistem penanganan etika menunjukkan perlunya evaluasi terhadap pemahaman dan penerapan nilai-nilai ini di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan refleksi diri mahasiswa profesi dokter terhadap perilaku profesionalisme, khususnya aspek honor dan integritas, di lingkungan pembelajaran klinis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa profesi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan skala Likert dengan interpretasi skor berdasarkan kategori persepsi dan refleksi diri terhadap profesionalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap nilai honor dan integritas berada dalam kategori sangat positif dengan skor rata-rata 4,38. Refleksi diri mahasiswa juga tergolong sangat positif dengan rata-rata skor 4,53, yang mengindikasikan bahwa nilai-nilai profesionalisme telah dipahami dan diinternalisasi dengan baik. Meskipun demikian, ditemukan skor yang relatif rendah pada aspek keberanian melaporkan pelanggaran profesionalisme. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi dan refleksi diri yang sangat positif terhadap profesionalisme, khususnya terkait honor dan integritas. Meski demikian, institusi pendidikan perlu memperkuat budaya pelaporan dan sistem pendukung etika agar nilai-nilai ini dapat diterapkan secara lebih konsisten dalam praktik klinis.

References

Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., et al. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. (Watrianthos R, Simarmata J, Eds.). Yayasan Kita Menulis.

Ahmad, S., Wasim, S., Irfan, S., Gogoi, S., Srivastava, A., & Farheen, Z. (2019). Qualitative v/s. Quantitative Research – A Summarized Review. Journal of Evidence Based Medicine and Healthcare, 6(43), 2828–2832. https://doi.org/10.18410/jebmh/2019/587

Al Gahtani, H. M. S., Jahrami, H. A., & Silverman, H. J. (2021). Perceptions of medical students towards the practice of professionalism at the Arabian Gulf University. BMC Medical Education, 21(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02464-z

Alsubaie, M., et al. (2022). Academic Dishonesty and Its Predictors in Clinical Practice among Medical Students in Saudi Arabia. BMC Medical Education.

Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (Ahmaddien I, Ed.).

Buhumaid, R., Otaki, F., Czabanowska, K., et al. (2024). Professionalism-training in undergraduate medical education in a multi-cultural, multi-ethnic setting in the Gulf Region: An exploration of reflective essays. BMC Medical Education, 24(1). https://doi.org/10.1186/s12909-024-05103-z

Cruess, R. L., & Cruess, S. R. (2008). Expecting Professionalism in Medical Education. Journal of the American Medical Association.

Harding, T. S., et al. (2004). Academic Integrity and Student Cheating: A Review of Research. Journal of Engineering Education.

Hafferty, F. W., & Franks, R. (1994). The Hidden Curriculum, Ethics Teaching, and the Structure of Medical Education. Academic Medicine.

Hertanto, E. (2017). Perbedaan Skala Likert Lima Skala Dengan Modifikasi Likert Empat Skala. Metodologi Penelitian.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku.

Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Habib A. Q., Ed.). Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://www.nber.org/papers/w16019

Mukasa, J., Stokes, L., & Mukona, D. M. (2023). Academic dishonesty by students of bioethics at a tertiary institution in Australia: An exploratory study. International Journal for Educational Integrity, 19(1). https://doi.org/10.1007/s40979-023-00124-5

Nadeak, B. (2015). Etika Pendidikan Kedokteran. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(2), 123–129.

Nugraha, D. A., Fitrie, N., et al. (2020). Etika dan Ketidakjujuran Akademik di Perguruan Tinggi. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.30653/003.202061.89

Nurlina, A., Dewi, M. K., Rachmi, A., Indrasari, E. R., & Kusmiati, M. (2019). Persepsi Dokter Pendidik Klinis terhadap Perilaku Profesional Dokter Muda di Rumah Sakit Pendidikan Fakultas Kedokteran Unisba. Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains, 1(2), 144–150. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/jiks/article/view/4334

Oktaria, D., Sari, D. P., Soemantri, D., & Greviana, N. (2022). Memfasilitasi Kemampuan Refleksi Diri Mahasiswa Kedokteran: Apa Dan Bagaimana? Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 11(3), 340. https://doi.org/10.22146/jpki.65660

Papadakis, M. A., et al. (2008). Disciplinary Action by Medical Boards and Prior Behavior in Medical School. New England Journal of Medicine.

Purnamasari, C. B., Claramita, M., & Prabandari, Y. S. (2017). Pembelajaran Profesionalisme Kedokteran dalam Persepsi Instruktur dan Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 4(1), 21. https://doi.org/10.22146/jpki.25263

Purwanti, M., Armyanti, I., & Asroruddin, M. (2020). Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Mengenai Konsep Profesionalisme Dokter. Cermin Dunia Kedokteran, 47(12), 751. https://doi.org/10.55175/cdk.v47i12.1242

Shafira, N. N. A. (2015). Penerapan Refleksi Diri dan Self Evaluation Sebagai Keterampilan Dasar Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pada Mahasiswa Kedokteran. Jambi Medical Journal, 3(1). https://doi.org/10.22437/jmj.v3i1.2720

Siregar, M. H., Susanti, R., Indriawati, R., et al. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan. https://zlibrary-asia.se/book/25110091/f6cc11

Swick, H. M. (2000). Toward a Normative Definition of Medical Professionalism. Academic Medicine.

Widyandana, D. (2016). Professionalism in Medical Education in Indonesia.

Downloads

Published

2025-06-26

How to Cite

Afdhaliyah, N., Mokhtar, S., & Kartika, I. D. (2025). PERSEPSI MAHASISWA KEDOKTERAN TERHADAP PERILAKU PROFESIONALISME (HONOR AND INTEGRITY). PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 3532–3538. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.46126