PROFIL CHARACTER STRENGTH DAN VIRTUE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Authors

  • Radya Rahadatul ‘Aisy Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Duddy Fachrudin Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Ouve Rahadiani Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.45356

Keywords:

Karakter Kekuatan, Karakter Kebajikan, Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil character strength dan virtue pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati, mengingat character strength sebagai kualitas psikologis yang termanifestasi dalam perilaku, sangat penting dimiliki seorang dokter. Menggunakan metode observasional deskriptif, studi ini melibatkan 114 responden (36 laki-laki dan 78 perempuan) dari mahasiswa Fakultas Kedokteran tahap profesi tahun kedua, yang dipilih dengan teknik quota sampling dan bersedia berpartisipasi. Kuesioner Values In Action Character Strength menjadi instrumen utama pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lima character strength paling dominan (signature strength) adalah kindness (9,3%), honesty (8,8%), love (7,9%), serta spirituality dan fairness (masing-masing 6,5%). Sementara itu, character virtue yang paling dominan muncul adalah transcendence (32,5%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kindness, honesty, love, spirituality, dan fairness merupakan signature strength yang menonjol, dan transcendence adalah character virtue yang paling dominan pada mahasiswa kedokteran tahap profesi tahun kedua di Universitas Swadaya Gunung Jati

References

Adib-Hajbaghery, M., & BolandianBafghi, S. (2020). Love in Nursing: A Concept Analysis. Journal of Caring Sciences, 9(2), 113–119.

Aditya, A. M., & Nosipakabelo, N. P. N. (2021). Nosipakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling Assessment Potential Review pada Pegawai Pelabuhan PT.X (Umpan balik: Pengembangan Kompetensi Melalui Konseling). Jurnal Bimbingan Konseling, 2. https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/nosipakabelo/

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan Teknik Mengajarkan Kejujuran Pada Anak Sejak Usia Dini.

Darmanto, T., Tendean, S., & Masita, T. (2023). Perancangan Aplikasi Uji Kepribadian DISC. Jurnal InTekSis, 10.

Ding, X., Kan, H., Chu, X., Sun, C., & Ruan, F. (2022). A Study of Character Strengths, Work Engagement And Subjective Well – Being In Chinese Registered Nurses. Med Pr, 73(4), 295–304.

El Fahmi, E. F. F., Khoirot, U., & Astutik, F. (2021). Analisis Psikometri Item Need of Aggression Tes EPPS pada Remaja Akhir. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 18(2).

Fahmi, I., & Ramdani, Z. (2023). Profil Kekuatan Karakter dan Kebajikan pada Mahasiswa Berprestasi. Jakarta, 1(1), 98–108.

Faridah, I. (2017). Studi Deskriptif Mengenai Kindness Pada Guru Sekolah Inklusi di SDN Putraco Indah Bandung. Prosiding Psikologi.

Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). Anis Fitriana, Nani Kurniasih. Jurnal Tawadhuí, 5.

Garvin. (2020). Penyusunan Alat Ukur Character Strength Bahasa Indonesia (Vol. 2).

Gautam, A. (2023). Medicine and kindness: A glorious concurrence? Patient Experience Journal, 10(3), 21–23.

Giuliani, F., Ruch, W., & Gander, F. (2020). Does the Excellent Enactment of Highest Strengths Reveal Virtues? Frontiers in Psychology, 11.

Hardy, C. (2020). Humor and sympathy in medical practice. Medicine, Health Care and Philosophy, 23, 179–190.

Homaedi, R., & Yuliana, A. T. (2022). Profil Mahasiswa Dengan Tugas Ganda Kuliah dan Bekerja. SHINE, 2. https://e-journal.stkippgrisumenep.ac.id/index.php/SHINE/index

Huber, A., Strecker, C., Hausler, M., Kachel, T., Höge, T., & Höfer, S. (2020). Character Strengths Profiles in Medical Professionals and Their Impact on Well-Being. Frontiers in Psychology, 11.

Huber, A., Strecker, C., Hausler, M., Kachel, T., Höge, T., & Höfer, S. (2020). Possession and Applicability of Signature Character Strengths: What Is Essential for Well-Being, Work Engagement, and Burnout? Applied Research in Quality ofLife, 15(2), 415–436.

Hulukati, W., & R., M. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu.

Insight Series. (2013). What are the Character Strengths of a Good Doctor. Jubilee Centre for Character and Virtues.

Karyati, E. (2022). Pengembangan Tes Kepribadian Metode MBTI Untuk Mahasiswa Psikologi Universitas Gunadarma. Technologia, 13.

Karunia Santi. (2020). Pengaruh Big Five Personality. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Konsil Kedokteran Indonesia. (2012). Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Konsil Kedokteran Indonesia.

López-Tarrida, Á. D. C., de Diego-Cordero, R., & Lima-Rodríguez, J. S. (2021). Spirituality in a doctor’s practice: what are the issues? Journal of Clinical Medicine, 10(23).

Littman-Ovadia, H., & David, A. (2020). Character Strengths as Manifestations of Spiritual Life: Realizing the Non-Dual From the Dual. Frontiers in Psychology, 11.

Madini Manik, H. (2022). Teori Psikologi Positif Dalam Peta Aliran – Aliran Psikologi Pendidikan Serta Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Azkia, 17. http://journal.stitalhilalsigli.ac.id/index.php/azkia

Malahayani, S., Riezky, K., & Maulanza, H. (2019). Tantangan Yang Dihadapi Mahasiswa Tahap Profesi Dalam Menjalankan Kepaniteraan Klinik Senior Di Rumah Sakit Umum Daerah Datu Beru Takengon Tahun 2019.

Mariana, R., Situmorang, N., & Hidayah, N. (2023). Pengaruh Character Strength, Resilience Terhadap Flourishing pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Psyche 165 Journal, 244–249.

Mariyati, L. I. (2020). E – Modul Inventory. Fakultas Psikologi Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Mayeni Manurung, M. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Pembentukan Karakter Mahasiswa. Forum Dosen Indonesia, 1.

Mayerson, N. H. (2020). The Character Strengths Response: An Urgent Call to Action. Frontiers in Psychology, 11.

Mylod, D., & Lee, T. H. (2023). Giving Hope as a High Reliability Function of Health Care. Journal of Patient Experience, 10.

Niemiec, R. M. (2020). Six Functions of Character Strengths for Thriving at Times of Adversity and Opportunity: A Theoretical Perspective. Applied Research in Quality of Life, 15(2), 551–572.

Pande, O., Naya, A., & Permatananda, K. (2022). Membangun Karakter Mahasiswa Kedokteran Universitas Warmadewa Melalui “Sapta Bayu” Spirit Sri Kesari Warmadewa.

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. American Psychological Association.

Polii, E. V., & Vivekananda, L. A. (2023). Prediktor Kekuatan Karakter Antara Dewasa Muda Dan Orang Dewasa di Bandung. Jurnal Psikologi, 18(1). http://doi.org/10.21009/JIV.181.7

Pramana, C. (2023). Pendidikan Karakter Mahasiswa Kedokteran Indonesia. Jurnal Psikologi Universitas Semarang, 1(1), 12–22.

Puspitasari, L. A., & Budiman, A. (2018). Studi Deskriptif Mengenai Character Strength Pada Perawat di RS. Muhammadiyah Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 31(4), 86–99.

Rachmaniar, A., Aini, N. Q., & Fahriza, I. (2023). Strength-based Counseling untuk Mengembangkan Academic Hardiness Mahasiswa Bimbingan dan Konseling saat Pandemi Covid-19. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(3), 379–384.

Resdasari, A., & Ratnaningsih, Z. (2019). Pelatihan Career Happiness Plan Untuk Meningkatkan Kekuatan Karakter (Virtue) Sebagai Modal Kerja Pada Mahasiswa. Semarang, 18(1), 1–5.

Ruch, W., Niemiec, R. M., McGrath, R. E., Gander, F., & Proyer, R. T. (2020). Character strengths-based interventions: Open questions and ideas for future research. Journal of Positive Psychology, 680–684.

Saiful. (2022). Pendidikan Karakter Perspektif Al – Ghazali & Thomas Lickona. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Sari, C., & Priatin, T. (2023). Hubungan antara Character Strength dengan Komitmen Organisasi pada Universitas Swasta. Semarang, 136–141.

Sari, M., & Wunlayani, N. (2023). Peran kekuatan karakter harapan, spiritualitas dan kebaikan terhadap resiliensi penduduk di pemukiman kumuh di Denpasar Barat, Bali. Jurnal Psikologi Undayani, 2(1), 120–131.

Simanullang, T. (2021). Pengaruh Tipe Kepribadian The Big Five Model Personality Terhadap Kinerja Aparatur Sipil Negara (kajian Studi Literatur Manajemen Keuangan). Jurnal Pendidikan dan Ilmu Nasional, 15(1), 121–129.

Um, S. (2024). Honesty: Respect For The Right Not To Be Deceived.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2012). Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia. (2013). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Pendidikan Dokter.

Zolkefli, Y. (2018). The ethics of truth-telling in health-care settings. Malaysian Journal of Medical Sciences, 25(3), 135–139.

Downloads

Published

2025-06-14

How to Cite

‘Aisy, R. R., Fachrudin, D., & Rahadiani, O. (2025). PROFIL CHARACTER STRENGTH DAN VIRTUE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 3227–3236. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.45356