EVALUASI KETERKAITAN KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI MEMORI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.45263Keywords:
daya ingat, kemampuan belajar, kualitas tidur, memoriAbstract
Dalam perkembangan ingatan setiap individu manusia, memori atau ingatan merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dengan memori jangka pendek pada mahasiswa Universitas Tarumanagara Angkatan 2022 Fakultas Kedokteran. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain cross-sectional. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner PSQI untuk menilai kualitas tidur subyek penelitian dan daya ingat. Dari 122 responden yang diteliti, hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden (64,8%) memiliki kualitas tidur yang buruk. Mayoritas responden (77,9%) memiliki memori jangka pendek yang baik, (p-value 0,000). Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kualitas tidur dan memori jangka pendek mahasiswa Universitas Tarumanegara Angktan 2022 Fakultas Kedokteran.References
Arifin AR, Ratnawati, Burhan E. (2016). Fisiologi Tidur dan Pernapasan. Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI –SMF Paru RSUP Persahabatan. 2016 : 1-12.
Azad MC, Fraser K, Rumana N, Abdullah AF, Shahana N, Hanly PJ, et al. (2015). Sleep disturbances among medical students: A global perspective. J Clin Sleep Med. 2015;11(1):69–74.
Benu, Widyarti Handieny et al. (2019). “Hubungan Kualitas Tidur Dengan Memori Jangka Pendek Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana.” : 566–71. 2019;
Budyawati PW, Utami KI, Widyadharma PE. (2019). Proporsi dan Karakteristik Kualitas Tidur Buruk Pada Guru-Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Denpasar. E-Jurnal Medika. 2019 ; 8(3) : 1-7.
Handojo M, Pertiwi JM, Ngantung D. Hubungan Gangguan Kualitas Tidur Menggunakan PSQI dengan Fungsi Kognitif pada PPDS Pasca Jaga Malam. J Sinaps. 2018;1(1):91–101.
Lienardy, Gabriela Queensanya et al. “Hubungan Antara Kualitas Tidur Dan Jenis Kelamin Dengan Memori Jangka Pendek Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.” 10(12): 33–39. 2021;
Musdalifah R. Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory. Al-Ishlah J Pendidik Islam. 2019;17(2):7823–30.
Pangestu K, Dwiana A. Hubungan kualitas tidur dengan memori jangka pendek pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Angkatan 2017. Tarumanagara Medical Journal, 2(1), 98–103. 2020;
Pratiwi, Hesti Ratna, Ery Hermawati, and Umi Kalsum. Pengaruh Kualitas Tidur Terhadap Memori Jangka Pendek Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Tanjungpura.” 49(6): 305–9. 2022;
Reza RR, Berawi K, Kariama N, Budiarto A. (2019). Fungsi Tidur dalam Manajemen Kesehatan. Majority. 2019 ; 8(2) : 247-253.
Sujarwo S, Oktaviana R. (2017). Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas Viii Smp N 37 Palembang. Jurnal Psikologi Islami. 2017 ; 3(1) : 33-42.
WHO. Data prevalence sleep problem. (updated 2013). Available from https://www.who.int/gho/sleep_problem/en.
Widhiyanti KA, Ariwati NW, Rusitayanti NW. (2016). Pemberian Back Massage Durasi 60 Menit Dan 30 Menit Meningkatkan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa VI A Penjaskesrek Fpok Ikip Pgri Bali Semester Genap Tahun 2016/2017. 2017 ; 3(1) : 9 –18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erika Aurellya Eryansyah, Susilodinata Halim

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







