HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.45261Keywords:
Dukungan Sosial Orang Tua, Stres Akademik, Tugas Akhir, MahasiswaAbstract
Mahasiswa tingkat akhir sering mengalami stres saat mengerjakan tugas akhir. Berbagai faktor internal maupun eksternal mampu mempengaruhi tingkat stres, salah satunya ialah dukungan sosial orang tua. Dalam hal menekan tingkat stres akademik mahasiswa, salah satu yang berperan penting yaitu dukungan sosial orang tua. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Medika Suherman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif korelasi serta desain cross-sectional. Tingkat stres diukur menggunakan instrumen DASS-21. Pemilihan sampel dilakukan dengan probability sampling sehingga terpilih sebanyak 70 mahasiswa tahun terakhir di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Medika Suherman sebagai sampel. Hasil penelitian menandakan adanya hubungan yang signifikan terkait dukungan sosial orang tua dan tingkat stres mahasiswa dengan nilai p-value 0,001, di mana mahasiswa dengan dukungan sosial tinggi memiliki risiko lebih kecil mengalami stres berat (PR 0,480, CI 0,306–0,753) dan hubungan berada pada kategori sedang (CC 0,382). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tingkat stres pada mahasiswa yang tengah menyelesaikan tugas akhir, berada pada kategori sedang dengan arah hubungan berbanding terbalik. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa lebih terbuka kepada orang tua agar mendapatkan dukungan sosial yang cukup.References
Ain, K., Zannah, G. S. A., & Wulan, N. (2023). Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Satu Prodi S1 Keperawatan Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Tahun 2023. National Nursing Conference, 1(2), 264–276. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.891
Ansari, I. N., Annisa Devi, S. T., & Rianti Indrasari, E. (2023). Hubungan Derajat Stres dengan Kejadian Sindrom Dispepsia Fungsional pada Mahasiswa FK UNISBA Articelinfo. Jurnal Riset Kedokteran, 3(1), 57–62. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRK/article/view/2301/1320
Damayamti, D. T., & Masitoh, A. (2020). Strategi Koping Siswa dalam Menghadapi Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2). https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/download/3167/1054
Dwiputri, R., Prihatin Idris, F., Gobel, F. A., Asrina, A., & Rahman, H. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Window of Public Health Journal, 4(4), 567–577. https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/download/1115/500/9225
Ellis, R., Diantra Sampe, P., Mahaly, S., & Makulua, I. J. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 102–110. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1year2023
Hidayati, L. N., & Harsono, D. M. (2021). Tinjauan Literatur Mengenasi Stres Dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/39339
Hidayatussani, N., Fitriana, S., Maulia, D., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 107–111. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS
Imelda, U. C., Tri Wulandari, R., & Nofelita, R. (2021). Educational Guidance and Counseling Development Jounal Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 10–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605
Krisnayanti Elik, H., Gustaf Tupen Ama, R., & Nenitriana Bete, R. S. (2024). Dukungan Sosial Orang Tua, Hardines dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Dharmas Education Journal, 5(1), 304–313. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal
Kurniawan, D. E., & Setiowati, A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 8(1), 22–28. https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.8019
Malika, C. S., Nia Handayani, & Astika Nur Rohmah. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Semester Akhir Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPMUniversitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/280/384
Merry, & Mamahit, H. C. (2020). Stres Akademik Mahasiswa Aktif Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta. Jurnal Konseling Indonesia, 6(1), 6–13. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Mukti, S. A. S., & Ansyah, E. H. (2023). The Relationship Between Parental Social Support and Academic Stress in University Students. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.813
Priscitadewi, P. A. A., Dian Rahadianti, Sulatun Hidayati, & Yolly Dahlia. (2022). Karya Tulis Ilmiah Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1310
Ramadhanti, N., & Ifdil, I. (2023). Hubungan dukungan sosial orangtua dengan stres akademik siswa. Journal IICET, 4(1), 49–54. https://jurnal.iicet.org/index.php/essr
Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., & Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183–188. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.577
Slimmen, S., Timmermans, O., Mikolajczak-Degrauwe, K., & Oenema, A. (2022). How stress-related factors affect mental wellbeing of university students A cross-sectional study to explore the associations between stressors, perceived stress, and mental wellbeing. PLoS ONE, 17(11 November). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0275925
Syavana, M. C., Handayani, N., & Rohmah, A. N. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Semester Akhir Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.
Vinahapsari, A. C., & Rosita. (2020). Pelatihan Manajemen Waktu Pada Stres Akademik Pekerja Penuh Waktu. Jurnal Bisnis Darmajaya, 06(01). https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/view/1668
Yunalia, E. M., Jayani, I., Perdana Sulistyoning Suharto, I., Susilowati Program Studi Keperawatan, S., Ilmu Kesehatan, F., Kadiri, U., Selomangleng No, J., & Timur, J. (2021). Kecerdasan Emosional Dan Mekanisme Koping Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9, 869–878. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkj/article/download/8559/pdf
Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02). https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/download/84/82
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Juarsih Juarsih, Ike Ade Nur Liscyaningsih, Anisa Nur Istiqomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







