HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN

Authors

  • Juarsih Juarsih Program Studi Sarjana Keperawatan, Universitas Medika Suherman
  • Jihan Salsabila Program Studi Sarjana Keperawatan, Universitas Medika Suherman
  • Ananda Patuh Padaallah Program Studi Sarjana Keperawatan, Universitas Medika Suherman
  • Yulta Kadang Program Studi Sarjana Keperawatan, Universitas Medika Suherman

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.45261

Keywords:

Dukungan Sosial Orang Tua, Stres Akademik, Tugas Akhir, Mahasiswa

Abstract

Mahasiswa tingkat akhir sering mengalami stres saat mengerjakan tugas akhir. Berbagai faktor internal maupun eksternal mampu mempengaruhi tingkat stres, salah satunya ialah dukungan sosial orang tua. Dalam hal menekan tingkat stres akademik mahasiswa, salah satu yang berperan penting yaitu dukungan sosial orang tua. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Medika Suherman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui pendekatan deskriptif korelasi serta desain cross-sectional. Tingkat stres diukur menggunakan instrumen DASS-21. Pemilihan sampel dilakukan dengan probability sampling sehingga terpilih sebanyak 70 mahasiswa tahun terakhir di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Medika Suherman sebagai sampel. Hasil penelitian menandakan adanya hubungan yang signifikan terkait dukungan sosial orang tua dan tingkat stres mahasiswa dengan nilai p-value 0,001, di mana mahasiswa dengan dukungan sosial tinggi memiliki risiko lebih kecil mengalami stres berat (PR 0,480, CI 0,306–0,753) dan hubungan berada pada kategori sedang (CC 0,382). Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan tingkat stres pada mahasiswa yang tengah menyelesaikan tugas akhir, berada pada kategori sedang dengan arah hubungan berbanding terbalik. Dengan demikian, diharapkan mahasiswa lebih terbuka kepada orang tua agar mendapatkan dukungan sosial yang cukup.

References

Ain, K., Zannah, G. S. A., & Wulan, N. (2023). Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat Satu Prodi S1 Keperawatan Perguruan Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan Tahun 2023. National Nursing Conference, 1(2), 264–276. https://doi.org/10.34305/nnc.v1i2.891

Ansari, I. N., Annisa Devi, S. T., & Rianti Indrasari, E. (2023). Hubungan Derajat Stres dengan Kejadian Sindrom Dispepsia Fungsional pada Mahasiswa FK UNISBA Articelinfo. Jurnal Riset Kedokteran, 3(1), 57–62. https://journals.unisba.ac.id/index.php/JRK/article/view/2301/1320

Damayamti, D. T., & Masitoh, A. (2020). Strategi Koping Siswa dalam Menghadapi Stres Akademik di Era Pandemi Covid-19. Journal of Multidisciplinary Studies, 4(2). https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/academica/article/download/3167/1054

Dwiputri, R., Prihatin Idris, F., Gobel, F. A., Asrina, A., & Rahman, H. (2023). Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Menyusun Skripsi. Window of Public Health Journal, 4(4), 567–577. https://jurnal.fkm.umi.ac.id/index.php/woph/article/download/1115/500/9225

Ellis, R., Diantra Sampe, P., Mahaly, S., & Makulua, I. J. (2023). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 11(1), 102–110. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol11issue1year2023

Hidayati, L. N., & Harsono, D. M. (2021). Tinjauan Literatur Mengenasi Stres Dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 18(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jim/article/view/39339

Hidayatussani, N., Fitriana, S., Maulia, D., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Perencanaan Karir Remaja Karang Taruna. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 107–111. ttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS

Imelda, U. C., Tri Wulandari, R., & Nofelita, R. (2021). Educational Guidance and Counseling Development Jounal Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua dan Kepercayaan Diri terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Educational Guidance and Counseling Development Jounal, 4(1), 10–16. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/EGCDJ/article/view/12605

Krisnayanti Elik, H., Gustaf Tupen Ama, R., & Nenitriana Bete, R. S. (2024). Dukungan Sosial Orang Tua, Hardines dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Dharmas Education Journal, 5(1), 304–313. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal

Kurniawan, D. E., & Setiowati, A. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Online Terhadap Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Konseling Gusjigang, 8(1), 22–28. https://doi.org/10.24176/jkg.v8i1.8019

Malika, C. S., Nia Handayani, & Astika Nur Rohmah. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Semester Akhir Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat LPPMUniversitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. https://proceeding.unisayogya.ac.id/index.php/prosemnaslppm/article/view/280/384

Merry, & Mamahit, H. C. (2020). Stres Akademik Mahasiswa Aktif Angkatan 2018 dan 2019 Universitas Swasta di DKI Jakarta. Jurnal Konseling Indonesia, 6(1), 6–13. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI

Mukti, S. A. S., & Ansyah, E. H. (2023). The Relationship Between Parental Social Support and Academic Stress in University Students. Indonesian Journal of Innovation Studies, 21. https://doi.org/10.21070/ijins.v21i.813

Priscitadewi, P. A. A., Dian Rahadianti, Sulatun Hidayati, & Yolly Dahlia. (2022). Karya Tulis Ilmiah Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Manajemen Waktu Terhadap Tingkat Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 5. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1310

Ramadhanti, N., & Ifdil, I. (2023). Hubungan dukungan sosial orangtua dengan stres akademik siswa. Journal IICET, 4(1), 49–54. https://jurnal.iicet.org/index.php/essr

Savira, L. A., Setiawati, O. R., Husna, I., & Pramesti, W. (2021). Hubungan Stres dengan Motivasi Belajar Mahasiswa disaat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(1), 183–188. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i1.577

Slimmen, S., Timmermans, O., Mikolajczak-Degrauwe, K., & Oenema, A. (2022). How stress-related factors affect mental wellbeing of university students A cross-sectional study to explore the associations between stressors, perceived stress, and mental wellbeing. PLoS ONE, 17(11 November). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0275925

Syavana, M. C., Handayani, N., & Rohmah, A. N. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Anestesiologi Semester Akhir Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.

Vinahapsari, A. C., & Rosita. (2020). Pelatihan Manajemen Waktu Pada Stres Akademik Pekerja Penuh Waktu. Jurnal Bisnis Darmajaya, 06(01). https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/JurnalBisnis/article/view/1668

Yunalia, E. M., Jayani, I., Perdana Sulistyoning Suharto, I., Susilowati Program Studi Keperawatan, S., Ilmu Kesehatan, F., Kadiri, U., Selomangleng No, J., & Timur, J. (2021). Kecerdasan Emosional Dan Mekanisme Koping Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9, 869–878. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jkj/article/download/8559/pdf

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, 13(02). https://jpsy165.org/ojs/index.php/jpsy165/article/download/84/82

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Juarsih, J., Salsabila, J., Padaallah, A. P., & Kadang, Y. (2025). HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA YANG SEDANG MENGERJAKAN TUGAS AKHIR DI FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MEDIKA SUHERMAN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 5039–5046. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.45261