HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU MAHASISWI ASRAMA PUTRI TENTANG VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI

Authors

  • Sara Auditya Melody Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia
  • Nilawati Soputri Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.44082

Keywords:

kebersihan vulva, menstruasi, pengetahuan, perilaku

Abstract

Menstruasi merupakan fase alami dalam kehidupan wanita yang memerlukan perhatian khusus terhadap kebersihan organ reproduksi, terutama vulva. Penelitian ini dilakukan untuk menelusuri sejauh mana pemahaman individu terkait kebersihan area intim berkorelasi dengan perilaku mereka dalam menjaga kesehatan reproduksi dengan praktik perawatan vulva yang dilakukan selama periode menstruasi pada mahasiswi penghuni asrama putri Universitas Advent Indonesia. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional dan melibatkan 256 mahasiswi sebagai populasi penelitian. Sampel penelitian terdiri dari 192 mahasiswi yang dipilih menggunakan metode convenience sampling. Variabel penelitian meliputi tingkat pengetahuan dan perilaku vulva hygiene, yang diukur menggunakan kuesioner. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa sebesar 39,1% dari total responden memiliki tingkat pengetahuan yang tergolong baik terkait praktik vulva hygiene, 43,8% cukup, dan 17,2% buruk.  Perilaku vulva hygiene responden didapati sebanyak 55,7% responden menunjukkan perilaku cukup baik, sedangkan 44,3% berperilaku baik. Temuan penelitian ini mengungkap adanya keterkaitan yang bermakna antara pengetahuan mahasiswi dan praktik kebersihan vulva saat menstruasi, meskipun tingkat keterkaitan tersebut tergolong rendah. Hasil ini menunjukkan bahwa selain pengetahuan, kemungkinan terdapat faktor-faktor lain yang turut berperan dalam membentuk perilaku higienis selama masa haid.

References

Alini, T. (2021). Hubungan pengetahuan dengan sikap ibu hamil tentang pemanfaatan buku KIA. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6(3).

Arabiyatuna. (2022). Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif. Retrieved from (22 Juni 2022).

Ashikuzzaman. (2018, September 24). What is knowledge? : Types of knowledge. Retrieved December 25, 2023, from https://www.lisedunetwork.com/knowledge-and-its-types/

Cahyono, (2019). Pengetahuan: Artikel review. Jurnal Keperawatan, 12(1).

Dewi, G. S. R. K. (2022). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku remaja putri terhadap vulva hygiene di SMP Negeri 3 Kuta Utara. (Skripsi, Universitas).

Gede, I., Sudipa, I., & Rahman, A. (2024). Buku ajar metodologi penelitian. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/377223521

Hanifah, N. N. (2022). Gambaran tingkat pengetahuan remaja putri tentang vulva hygiene di Pondok Pesantren Budi Utomo Surakarta. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 679–686. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.974

Health, N. (2020, January 20). What is behaviour.

Indah, L. (2020). Hubungan perilaku vulva hygiene saat menstruasi dengan kejadian pruritus vulvae pada remaja putri di wilayah kerja Puskesmas II Denpasar Timur. (Skripsi, Universitas).

Mulyani, R. (2021). Buku METLIT: Metodologi penelitian. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/337809-metodologi-penelitian-34df25d8

Muna, N. (2023). Hubungan pengetahuan tentang menstrual hygiene dengan perilaku personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri di SMA.

Nasution, A. S., Jayanti, R., Munir, R., & Ariandini, S. (2022). Determinan kejadian dismenore pada mahasiswi. Jurnal Kesehatan Vokasional, 7(2), 79. https://doi.org/10.22146/jkesvo.72218

Nugroho, A., & et al. (2019). The relationship between genital hygiene behaviors and genital infections. E-Journal Universitas Airlangga. Retrieved from https://e journal.unair.ac.id/JNERS/article/download/34402/17571/144946

Pertiwi, M. M., Nawangsari, N. A. F., & Irwanto, I. (2021). Knowledge, attitude and practicesto wards menstruation of midwifery students in Surabaya. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 4(2), 179–191. https://doi.org/10.20473/imhsj.v4i2.2020.179-191

Pratiwi Ratih, A. F. R. O. P. W. (2023). Hubungan pengetahuan dan sikap dengan perilaku vulva hygiene saat menstruasi pada siswi SMP Muhammadiyah 06 Palembang tahun. (Skripsi, Universitas).

Pujiati. (2024, Oktober 21). Penelitian cross sectional, metode membandingkan 2 variabel. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/penelitian-cross-sectional/

Putri, S. S.,. (2021). Gambaran pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja tentang vulva hygiene di SMA Negeri 13 Medan tahun 2022. Retrieved from https://repo.poltekkes- Pengertian perilaku, menurut para ahli, proses terjadinya, faktor- faktor yang mempengaruhi, jenis-jenis, bentuk-bentuk, dan proses pembentukan perilaku. Referensisiswa.

Rahmawati, A., & et al. (2022). Prevalence of factors related to active reproductive health behavior: A cross-sectional study. Epidemiology and Health. Retrieved from https://www.e-epih.org/journal/view.php?doi=10.4178%2Fepih.e2016041

Rusuli, I., Fuady, Z., & Daud, M. (2015). Ilmu pengetahuan dari John Locke ke Al-Attas. Jurnal Pencerahan, 9(1).

Salmaa. (2022, April 10). Definisi operasional: Ciri, contoh, cara menyusunnya. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/definisi-operasional/

Salmaa. (2023, Juni 9). Menulis karya ilmiah: Tinjauan pustaka, manfaat, cara membuat. Retrieved from https://penerbitdeepublish.com/tinjauan-pustaka/

Sari, T. M., Kelana Setiadi, D., Prameswari, A., & Indonesia, P. (2023). Gambaran pengetahuan dan prevalensi remaja putri mengenai keputihan normal dan abnormal. Jurnal Kesehatan, 4.

Sari, R. (2020). The effect of sex education on premarital sex among adolescents. Journal for Quality in Public Health. Retrieved from https://www.jqph.org/index.php/JQPH/article/download/280/274/1406

Surajiyo, & Sriyono. (2017). Prosiding Diskusi Panel Pendidikan.

Syafnidawaty. (2020). Metodologi penelitian. Retrieved from https://raharja.ac.id/2020/10/25/metodologi-penelitian/

Villasari, A. (2021). Fisiologi menstruasi.

Vira, P., Laga, N., Takaeb, A. E. L., & Ndun, H. J. N. (2024). Faktor yang berhubungan dengan perilaku vulva hygiene pada mahasiswi FKM Universitas Nusa Cendana Kupang. Jurnal Kesehatan, 13(1). https://doi.org/10.37048/kesehatan.v13i1.323

Widiawati, S., & Merdekawati, D. (2023). The influence of health education on female knowledge about vulva hygiene. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2). https://doi.org/10.30604/jika.v8i2.1804

Yuniza, & Dewinda. (2024). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang vulva hygiene terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri pada pencegahan keputihan. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 11.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Melody, S. A., & Soputri, N. (2025). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU MAHASISWI ASRAMA PUTRI TENTANG VULVA HYGIENE SAAT MENSTRUASI. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 2504–2510. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.44082

Issue

Section

Articles