ANALISIS FAKTOR PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG PERIODE BULAN SEPTEMBER 2024

Authors

  • Michael Wibowo Santoso Manajemen Informasi Kesehatan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Nasional Karangturi Semarang
  • Dody Indra Sumantiawan Manajemen Informasi Kesehatan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Nasional Karangturi Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.43996

Keywords:

Faktor Pending Klaim BPJS, Rawat Inap, Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum

Abstract

Te$rdapat 3 (tiga) aspe$k dalam pe$nding klaim BPJS Ke$se$hatan pada pasie$n rawat inap di Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Se$marang yakni administrasi, koding, dan me$dis. Tujuan dari pe$ne$litian ini adalah me$nge$tahui faktor pe$nye$bab pe$nding klaim, pe$nye$le$saian dan me$ningkatkan konsiste$nsi dalam pe$ngolahan biaya Ke$se$hatan Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Se$marang de$ngan me$nggunakan me$tode$ pe$ne$litian kualitatif de$ngan pe$nde$katan de$skriptif yang be$rtujuan untuk me$nde$skripsikan dan me$nggambarkan pe$ngalaman subje$k yang dite$liti dan hasil yang dipe$role$h te$rkait pe$nding klaim BPJS Ke$se$hatan pada pasie$n rawat inap de$ngan me$ngamati, me$ncatat, me$nghitung pe$rse$ntase$ se$rta me$lakukan wawancara te$rhadap 8 (de$lapan) informan bagian case$mix rawat inap. Hasil pe$ne$litian de$ngan 376 sampe$l laporan pe$nding klaim yang dipe$role$h faktor pe$nye$bab pe$nding klaim akibat administrasi 82 (21,8%), koding 88 (23,4%), dan me$dis 206 (54,8%). Untuk me$minimalisir angka pe$nding, se$baiknya rumah sakit me$ngadakan pe$rte$muan rutin antara pihak Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Se$marang de$ngan pihak BPJS Ke$se$hatan untuk me$mbahas ke$se$pakatan administrasi, ke$le$ngkapan pe$nunjang me$dis dan koding, me$lakukan pe$nge$ce$kan ulang untuk ke$le$ngkapan be$rkas laporan pe$nunjang, be$rkas administrasi dan koding diagnosis, me$lakukan sosialisasi ke$ Dokte$r Pe$nanggung Jawab Pasie$n (DPJP) te$rkait ke$te$ntuan BPJS Ke$se$hatan, se$rta me$ngoptimalkan pe$ngisian re$sume$ me$dis se$suai re$gulasi BPJS Ke$se$hatan se$hingga isi re$sume$ le$bih le$ngkap dan dapat me$nggambarkan kondisi pasie$n.  

References

Ariyanti, F., & Gifari, M. T. (2019). Analisis persetujuan klaim BPJS Kesehatan pada pasien rawat inap. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), 156–166.

BPJS Kesehatan. (2025). Panduan Manual Verifikasi Klaim INA-CBG Edisi 2. www.bpjskesehatan.go.id

Dewi, N. F., & Zahwa, A. (2023). Tinjauan Berkas Klaim Tertunda Pasien Rawat Jalan Bpjs Kesehatan Rs Hermina Galaxy. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 5(2). https://doi.org/10.7454/jabt.v5i2.1075

Hastuti, & Indriyani. (2024). Analisis Angka Kejadian Pending Klaim JKN Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Soeratno Gemolong. Jurnal Manajemen Informasi Dan Administrasi Kesehatan, 7(2), 214–221.

Kurniawati, M., Satrijawati, T., & Hariyanto, T. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Pengembalian Administrasi Klaim BPJS Kesehatan Ditinjau Dari Syarat-Syarat Kelengkapan Administrasi Klaim. CHMK Health Journal, 4(3), 190–196.

Mulya, S., Sonia, D., Putra, D. H., & Yulia, N. (2024). Analisis Pending Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Jakarta Pondok Kopi Tahun 2023. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(3), 140–152. https://doi.org/10.54259/sehatrakyat.v3i3.3021

Tambunan, S., Putra, D. H., Indawati, L., & Fannya, P. (2022). Tinjauan Faktor Penyebab Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap Tertunda di RSUD Tarakan. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 1(10), 816–823. https://doi.org/10.59141/comserva.v1i10.134

Ulum. (2024). Kelengkapan Berkas Persyaratan Klaim Bpjs Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Wava Husada Malang: Persyaratan Klaim BPJS. JRMIK, 5(1), 23–32.

Widaningtyas, E., Putri Novinawati, F., & Asmorowati, A. (2024). Analisis Pending Klaim Bpjs Rawat Inap Di Rumah Sakit Qim Batang Tahun 2022. Avicenna : Journal of Health Research, 7(1), 42–53. https://doi.org/10.36419/avicenna.v7i1.1028

Indonesia. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan

Nugroho, P.A., Widodo, P.P. and Sunindya, B.R., 2024. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Klaim Pending Rawat Inap BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Reksa Waluya. Indonesian Journal of Health Insurance and Medical Records (IJHIMR), 1(2), pp.54-60

Fahreza, S.A. and Sukawan, A., 2024. Tinjauan Trend Penyebab Pending Klaim Jaminan Kesehatan Nasional Rawat Inap di RSUD Ciamis. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 3(2).

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Santoso, M. W., & Sumantiawan, D. I. (2025). ANALISIS FAKTOR PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PADA PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG PERIODE BULAN SEPTEMBER 2024. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(2), 5694–5701. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i2.43996