HUBUNGAN MEDIA PROMOSI ROKOK DAN TOBACCO ADVERTISING, PROMOTION AND SPONSORSHIP (TAPS) DI INDONESIA

Authors

  • Dimas Bahtiar Manggala Putra Program Sarjana Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga, Surabaya, 60115, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43853

Keywords:

kesehatan masyarakat, kesehatan orang dewasa muda, penggunaan rokok tembakau, promosi rokok, TAPS

Abstract

Rokok tembakau telah mendapatkan popularitas global di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah sehingga pasar rokok global semakin terkonsentrasi di beberapa perusahaan besar, namun promosi mereka menimbulkan masalah kesehatan yang signifikan karena peningkatan kecanduan nikotin dan potensi risiko pernapasan dan kardiovaskular. Di Indonesia, pemasaran rokok tembakau masih sangat marak di tempat-tempat umum, termasuk pasar, transportasi umum, dan juga fasilitas kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan antara promosi rokok dan penggunaan rokok tembakau di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Indonesia Global Adult Tobacco Survey (IGATS) 2021. Statistik deskriptif dan uji chi-square digunakan untuk merangkum karakteristik peserta dan menilai perbedaan signifikan dari variabel yang diminati. Regresi logistik berganda digunakan untuk memperkirakan hubungan antara paparan promosi media, promosi iklan tembakau dan sponsor (TAPS), dan penggunaan rokok tembakau. Rasio odds yang tidak disesuaikan dan yang disesuaikan (aOR) bersama dengan interval kepercayaan 95% digunakan untuk mengevaluasi besarnya hubungan faktor risiko. Penggunaan rokok tembakau secara signifikan terkait dengan populasi usia dewasa muda 22-44 tahun (aOR: 1.31) yang bertempat tinggal di pedesaan (aOR: 1.25), dan pendidikan tinggi (aOR: 0.6). Paparan terhadap TAPS (aOR: 1.68), media promosi cetak (aOR: 1.38), dan media promosi elektronik (aOR: 1.11) secara khusus meningkatkan penggunaan rokok tembakau. Paparan iklan online maupun cetak sangat terkait dengan peningkatan penggunaan rokok tembakau di kalangan usia dewasa muda Indonesia. Temuan ini menyoroti perlunya regulasi yang lebih ketat terhadap iklan media digital dan kampanye kesehatan masyarakat yang menargetkan populasi yang menargetkan populasi usia dewasa muda.

References

Ahsan, A., Rahmayanti, K. P., Amalia, N., Veruswati, M., Prabandari, Y. S., Martini, S., Yuniar, A. M., Utami, M. G., & Diniary, A. (2024). Evaluation of Tobacco Tax Funding to Eradicate Illicit Cigarettes in Indonesia: A Qualitative Approach. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, 25(8), 2885–2893. https://doi.org/10.31557/APJCP.2024.25.8.2885

Aulana, M. S., Salsabila, A., Hardini, F. D., Aji, A. W., & Putra, A. A. (2025). Tantangan Penegakan Hukum Peradilan Pajak Terhadap Industri Rokok Ilegal di Indonesia. Ilmiah Bisnis Dan Perpajakan, 7(1). https://doi.org/10.26905

Fadhila, F., Widati, S., & Fatah, M. Z. (2021). Pengaruh Iklan Rokok terhadap Perilaku Merokok Remaja di Daerah Kota dan Desa Kabupaten Pamekasan. Medical Technology and Public Health, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33086/mtphj.v5i2.3010

GTCB, & GATS. (2023). Global Adult Tobacco Survey (GATS) Indonesia Report 2021. https://www.who.int/indonesia/news/detail/22-08-2024-ministry-of-health-and-who-release-global-adult-tobacco-survey-indonesia-report-2021

Handayani, L. (2023). Description of Smoking Habit among Adults in Indonesia: Finding of Global Adult Tobacco Survey (GATS) 2021. Jurnal Wawasan Promosi Kesehatan (Jurnal WINS), 3(4), 193–198. http://ojs.uho.ac.id/index.php/winsjo

Mulyadi, F. A., Laitupa, A. A., Putra, M. A., & Kartikasari, I. (2023). Perbedaan Efek Nikotin pada Rokok dan Vape Terhadap Peningkatan Tekanan Darah : Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 754–769. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.14713

Munir, M. (2019). Gambaran Perilaku Merokok pada Remaja Laki-Laki. Jurnal Kesehatan, 12(2), 112. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v12i2.10553

Münzel, T., Hahad, O., Kuntic, M., Keaney, J. F., Deanfield, J. E., & Daiber, A. (2020). Effects of tobacco cigarettes, e-cigarettes, and waterpipe smoking on endothelial function and clinical outcomes. European Heart Journal, 41(41), 4057–4070. https://doi.org/10.1093/eurheartj/ehaa460

Nabila, T., & Sakti, M. (2023). Perlindungan Konsumen atas Iklan Produk Rokok sebagai upaya menurunkan Prevalensi Perokok Anak. Jurnal Interpretasi Hukum, 4(2), 367–376. https://doi.org/10.55637/juinhum.4.2.7269.367-376

Putra, H. S., Rosemary, R., Yanuar, D., & Ahsan, A. (2020). The effect of cigarette advertising on smoking behaviour of students in Banda Aceh City, Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 36(2), 348–363. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2020-3602-21

Rizki Fauzan, M., Rumaf, F., & Jaata, J. (2023). Promosi Kesehatan tentang Bahaya Perilaku Merokok bagi Kesehatan Masyarakat di Desa Lobong. Communnity Development, 4(2).

Saad, C., Cheng, B. (Hsu-C., Takamizawa, R., Thakur, A., Lee, C.-W., Leung, L., Veerman, J. L., & Aminde, L. N. (2025). Effectiveness of tobacco advertising, promotion and sponsorship bans on smoking prevalence, initiation and cessation: a systematic review and meta-analysis. Tobacco Control, tc-2024-058903. https://doi.org/10.1136/tc-2024-058903

Shabah, M. A. A., Ajizah, V. N., & Khasanah, U. (2023). Perilaku Perokok terhadap Kesadaran Kesehatan Lingkungan dalam Perspektif Fatwa Mui. Student Research Journal, 1(4). https://doi.org/https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i3.460

Shao, L., Zhang, T., Chen, Y., Ghose, B., & Ji, L. (2022). Exposure to Electronic Media, Smoking and Alcohol Drinking Among Guyanese Adults. Frontiers in Public Health, 10. https://doi.org/10.3389/fpubh.2022.862975

Siagian, H., Imran, L., Nirawaty, N., M, I. D., & Perwitasari, P. (2024). Analisis Perilaku Merokok, Dampak Kesehatan dan Strategi Pengendalian Tembakau. Kesehatan Terapan, 11(1), 29–40. https://doi.org/10.54816/jk.v11i1.730

Stanton, C. A., Sharma, E., Seaman, E. L., Kasza, K. A., Edwards, K. C., Halenar, M. J., Taylor, K. A., Day, H., Anic, G., Hull, L. C., Bansal-Travers, M., Limpert, J., Gardner, L. D., Hammad, H. T., Borek, N., Kimmel, H. L., Compton, W. M., & Hyland, A. (2020). Initiation of any tobacco and five tobacco products across 3 years among youth, young adults and adults in the USA: findings from the PATH Study Waves 1–3 (2013–2016). Tobacco Control, 29(Suppl 3), s178. https://doi.org/10.1136/tobaccocontrol-2019-055573

Waleleng, M. M., Rotty, L. W. A., & Polii, E. (2022). Perbandingan Kadar Hemoglobin Pengguna Rokok Elektrik dan Rokok Konvensional pada Pria Dewasa di Manado. E-CliniC, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35790/ecl.v6i2.22118

WHO. (2019). The Global Cigarette Industry. https://extranet.who.int/fctcapps/sites/default/files/2023-11/The%20Global%20Cigarette%20Industry.pdf

Downloads

Published

2025-04-25

How to Cite

Putra, D. B. M. (2025). HUBUNGAN MEDIA PROMOSI ROKOK DAN TOBACCO ADVERTISING, PROMOTION AND SPONSORSHIP (TAPS) DI INDONESIA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 9(1), 1858–1867. https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43853

Issue

Section

Articles