HUBUNGAN ANTARA KELELAHAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA DI KOTA SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v9i1.43798Keywords:
guru Sekolah Luar Biasa (SLB), kelelahan kerja, motivasi kerja, stres kerjaAbstract
Stres kerja merupakan respon psikologis terhadap kewajiban kerja yang melampaui kemampuan seseorang. Sekolah Luar Biasa (SLB) formal mendidik anak berkebutuhan khusus. Guru SLB harus memahami karakteristik fisik, intelektual, perilaku, emosi, dan sosial setiap anak untuk memberikan penanganan khusus, yang membuat mereka bekerja lebih keras daripada guru sekolah umum. Penelitian ini mengkaji pengaruh kelelahan kerja, motivasi, dan stres kerja terhadap guru SLB di Kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif cross-sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 203 orang guru di 14 SLB dan menggunakan metode total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Penelitian ini menemukan bahwa sebagian besar responden adalah perempuan berusia 36–45 tahun dan telah bekerja lebih dari 10 tahun. Sebagian besar responden memiliki kategori kelelahan kerja rendah (68,0%), motivasi cukup (76,8%), dan stres sedang (61,1%). Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa kelelahan kerja dan stres berhubungan (p=0,027). Motivasi kerja dan stres juga berhubungan (p=0,003). Penelitian ini menemukan bahwa guru SLB dengan kelelahan kerja tinggi dan motivasi kerja rendah cenderung memiliki stres kerja tinggi, begitu pula sebaliknya.References
Ali, H., Sastrodiharjo, I., Saputra, F., Besar, G., Ekonomi, F., Bhayangkara, U., & Raya, J. (2022). Pengukuran Organizational Citizenship Behavior: Beban Kerja, Budaya Kerja dan Motivasi (Studi literature review). Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 83-93.
Aminah, R. A. S., & Porusia, M. (2024). Hubungan Masa Kerja, Jenis Kelamin dan Iklim Kerja Dengan Kelelahan Kerja di PT Batik X. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(5), 652-659.
Ansori, R. R., & Martiana, T. (2017). Hubungan Faktor Karakteristik Individu Dan Kondisi Pekerjaan Terhadap Stres Kerja Pada Perawat Gigi. The Indonesian Journal of Public Health, 12(1), 75.
Anam, M. W. S., Albyn, D. F., Mutiara, R., & Hutapea, F. (2024). The Effect of Nurses Work Motivation, Career Development, and Occupational Stress on Organizational Commitment at Hospital. Blambangan Journal of Nursing and Health Sciences (BJNHS), 2(1), 1-17.
Arwin, A., Ciamas, E. S., Siahaan, R. F. B., Vincent, W., & Rudy, R. (2019). Analisis Stress Kerja Pada PT. Gunung Permata Valasindo Medan. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1, pp. 75-78).
Bagas, M. A. (2020). Relevansi Teori Hierarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Motivasi Kerja Anggota Organisasi Penyuluhan Agama Islam. Syifaul Qulub: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2), 100-108.
Fitria, A. S., & Limgiani, L. (2024). Pengaruh Beban Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru (Literature review). Journal of Student Research, 2(4), 141-155.
International Labour Organization. (2013). Encyclopedia of Occupational Health and Safety. Geneva.
Khamisa N, Oldenburg B, Peltzer K, Ilic D. Work Related Stress, Burnout, Job Satisfaction And General Health Of Nurses. Int J Environ Res Public Health. 2015;12(1):652-66.
Li W, Qin Y, Bai Y, Zheng M. The Impact of Belongingness on Turnover Intention Among Rural Teachers: A Mediation Analysis of Emotional Exhaustion. Teacher Educ Res. (2018) 30:52–7
Lusiana, D., Zahroh, S., & Baju, S. (2014). Penyebab Kelelahan Kerja pada Pekerja Mebel Factors Caused Fatigue among Furniture Workers. J Kesehat Masy Nas, 8(8), 386-92.
Mardhiyah, N. U. (2024). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Murty, W. A. (2012). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Akuntansi (studi kasus pada perusahaan manufaktur di Surabaya) (Doctoral dissertation, STIE Perbanas Surabaya).
Nurcahyani, N. M., & Adnyani, I. G. A. D. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(1), 500-532.
Putra, S. A., Rusba, K., Ramdan, M., Fuadi, Y., & Ananta, E. (2024). Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dalam Penanggulangan Bencana Tanah Longsor Di Kota Balikpapan. Identifikasi, 10(1), 49-56.
Putri, M. K., & Sudarto, Z. A. I. N. I. (2019). Studi Desktiptif Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus, 12(3), 1-15.
Putri, M. Y., Wahyuni, I., & Lestantyo, D. (2018). Hubungan Antara Motivasi Dan Manajemen Stres Dengan Stres Kerja Pada Guru Sma Santo Yakobus Jakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(5), 587-593.
Ramdhani, M. L. (2019). Pengaruh Budaya Kerja Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.
Viviane Kovess-Masféty, Carmen Rios-Seidel, Christine Sevilla-Dedieu. Teaching and Teacher Education (2007) 23(7) 1177-1192
Xie, J. L., & Johns G. (1995). Job Scope and Stress: Can Job Scope Be Too High? . Academy of Management Journal, 38(5), 1288–1309.
Zuriatina, Z., Ruslan, R., & Safri, T. M. (2024). Implementasi Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Luar Biasa Yayasan Bunda Saifullah Meutuah (SLB-YBSM) Banda Aceh. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 3(1), 25-29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Naufal Mizan Auladi, Mitoriana Porusia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).







